Mar 232018
 

Defense Satellite Communications System © US Air Force via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Pentagon kini sedang mempertimbangkan untuk menciptakan Komando Tempur di Ruang Angkasa, sebagai sebuah langkah terakhir Departemen Pertahanan AS dalam menanggapi militerisasi jauh di atas Bumi oleh China dan Rusia, seperti dilansir dari laman Defense One.

Langkah tersebut disebutkan dalam sebuah laporan terbaru dari Pentagon yang dikirim kepada Kongres AS pekan lalu. Saat ini, pasukan luar angkasa telah tersebar di seluruh komunitas militer dan intelijen.

Pejabat Pentagon melihat apa yang terbaik untuk bisa memposisikan pasukan antariksa bersama demi mendukung kampanye bersama, termasuk yang bisa terintegrasi secara lintas-regional dari dua atau lebih Komando Tempur geografis, operasi multi-domain, dan perang di domain luar angkasa, sebut laporan tersebut.

Ada dua macam Komando Tempur. Komando Tempur Geografis bertugas mengawasi operasi militer di enam wilayah di dunia. Komando Tempur Fungsional akan bertugas mengawasi operasi yang mencakup banyak Komando Tempur Geografis.

Pentagon sedang mencari tahu apakah ruang angkasa harus memiliki komando atau komando sub-unifikasi sendiri (seperti Komando Cyber), sebut laporan itu. Pasukan ruang angasa dikelompokkan di bawah Komando Luar Angkasa AS, sebuah komando tempur terpadu hingga tahun 2002 silam.

Angkatan Udara AS mengelompokkan pasukan antariksa di bawah Komando Angkatan Udara. Angkatan Darat AS mengelompokkan pasukan antariksanya di bawah Komando Rudal dan Pertahanan Ruang Angkasa. Kedua grup ini melaporkan hingga STRATCOM. Sementara pasukan antariksa Angkatan Laut AS berada di bawah Komando Tempur Angkasa dan Angkatan Laut.

Pembentukan pasukan luar angkasa telah diperdebatkan pada beberapa bulan terakhir. Beberapa anggota parlemen telah mencoba untuk membuat Korps Antariksa, sebuah organisasi khusus seperti Korps Marinir dalam Angkatan Laut AS.

Namun, upaya itu akhirnya gagal, sehingga sponsornya telah bersumpah untuk terus mendorong dan banyak perubahan lainnya sedang terjadi. Wakil Menteri Pertahanan AS Patrick Shanahan mengawasi upaya ini.

Perubahan kunci lainnya sedang merombak cara militer membeli satelit dan peralatan ruang angkasa.

Bagikan Artikel :

  45 Responses to “Pentagon Akan Bentuk Komando Tempur Ruang Angkasa”

  1.  

    All hail The United States of America.

  2.  

    intisari.grid.id/Techno/Technology/Rudal-Nudol-Sang-Penghancur-Satelit-Yang-Bisa-Kacaukan-Sistem-Komunikasi-Dunia-Jika-Diluncurkan

  3.  

    Taneman kecubung di halaman gedung p3nt4g0n lg berbuah dan siap panen.. Bisa diliat efeknya pd ngigau kelas berat..

    •  

      Padahal negara2 besar telah membuat perjanjian tdk mempersenjatai luar angkasa seperti satelit dan stasiun luar angkasa! Berarti negara besar tdk bs menempati janji, jadi apa kegunaan perjanjian denuklirisasi, MTCR dll klu hanya mereka saja yg bebas berkehendak dan negara2 kecil hy menjadi sapi perahan saja.

  4.  

    Kuasai dulu sejarah dunia min50% baru bisa koar2.

  5.  

    Saya ingin brrtannya.jika sebuah rudal di tembakkan dari bumi k satelit dgn kcpatan 25 mach dan sbuah rudal d tmbak dr stlit dgn kcpatan 10 mach, siapakah pemenangnya? Hajo d jawab pake lgika dewa!

  6.  

    3 warjag atas saya ada bahan bakal disemprot habis sama Jeung Rini……. lebih baik saya jaga jarak aman…… xixi….

  7.  

    Dasar otak micin, gara2 otak nepotis jadi buta k sblah.nuclear dr tahun 1940 an sampe skrang! Brrarti diam d tmpat, smntara USA sudah lama mninggalkan konsep ini.bnyak baca lg ya? Jgn hannya mmbaca artikel ksukaan doang, biar trbuka itu isi kpala

  8.  

    nunggu energi apa yg akan dipakai utk melaksanakan konsep diatas, bisa sel surya mutakhir atau akan terjadi lomba antara Amrik vs Rusia utk develop reaktor nuklir mini, sistem senjata kemungkinan akan mengandalkan teknologi laser.

    •  

      Perang konsep antar negara adidaya…tapi sayang semua konsep butuh butuh waktu dan dana untuk mengimplementasikanya…kalau tidak hanya konsep(ide)semata….masalah utama luar angkasa adalah besarnya biyaya penunjang kehidupan,,,karna semua harus dipasok oleh bumi,,,dan belum ada alternatif lainya….!!!
      Masalah energi penunjang mungkin bisa teratasi dengan tehnologi terkini…!!!
      yang merepotkan adalah saat buang air baik besar maupun kecil…karna tidak ada gravitasi maka akan melayang ,,,ini yang jadi prospek bagi sales dan ilmuan untuk kenawarkan atau menciptakan WC gravitasi…dijamin akan laku terjual…!!!

      •  

        Entah saya rada lupa….tapi pernah dengar awal tahun 2000an jerman membuat projek tentang tenaga matahari yang lebih dasyat dari sel surya saat ini…kalo dak salah bisa menghasilkan daya ribuan kali lebih besar dari sel surya… entah sampai mana perkembanganya …???
        Masalah laser memang kendala utamanya adalah daya…kedua memang masalah komponen yang mampu menahan besaran pasokan daya dan juga bisa menembus berbagai penghalang,,,terutama awan…tapi saat ini perkembanganya cukup pesat,,,dengan dibuatnya berbagai tipe dan kegunaan dari berbagai jenis komponen…temasuk projek rahasia(militer)tapi memang sulit untuk diikuti sejauh mana pencapaianya…!!!

    •  

      Laser kayak nya gak mungkin loh laser jarak nya sedikit kiranya 2-10km aja bung

      •  

        nah, untuk saat ini saya setuju dengan pendapat anda bung WB, masih banyak yang harus dipersiapkan untuk menambah jangkauan efektif senjata laser, apalagi untuk pertahanan rudal

      •  

        betul bung WB …
        info saat ini, jangkauan laser msh terbatas, entah 3 thn lg, mungkin bisa diatas 50 km.
        hanya saja utk nembak satellite musuh di ruang angkasa, jarak 1 – 5 km sdh cukup aman bagi gunship nya …

  9.  

    Luar angkasa adalah front pertempuran terakhir umat manusia
    kelemahan As adalh kebergantungannya lewat sistem komunikasi satelit untuk itulah china habis2an dlam pengembangan teknologi anti satelit dan peretasan informasi (cyber attack)

    konflik perang dingin pertama telah memunculkan banyak inovasi dan teknologi terbaru yg sudah di unlock umat manusia dan kita rasakn sekarang.

    *Awas politik Populis,Identitas, Pengotakan Rakyat dan peradikalan kaum kiri kanan

 Leave a Reply