Mar 062019
 

Sistem rudal pertahanan udara S-400 Triumf Rusia © Vitaly Nevar via TASS

Amerika Serikat (AS) mengancam Turki dengan “konsekuensi serius”, kecuali jika membatalkan pembelian sistem S-400 dari Rusia. Juru bicara Pentagon menasihati Ankara untuk mencari “solusi yang lebih baik” dan peringatan “implikasi yang lebih luas.”

“Akuisisi Turki atas sistem pertahanan udara S-400 Rusia akan memiliki konsekuensi besar bagi hubungan pertahanan AS dengan Turki,” kata juru bicara Pentagon Eric Pahon kepada Ahval, Senin.

Rencana sekutu AS untuk membeli S-400 tersebut telah menjadi perhatian utama bagi seluruh aliansi NATO, dengan Washington mengklaim bahwa penempatannya di samping persenjataan buatan AS, seperti jet siluman F-35, merusak ‘interoperabilitas’ aliansi dan dapat ungkapkan ‘rahasia’ ke Rusia. Di tengah tekanan yang terus-menerus dan ancaman sanksi, administrasi Trump bulan lalu menghentikan sementara transfer 100 jet F-35 ke Turki.

Turki menolak untuk tunduk pada tekanan AS, bersikeras bahwa diversifikasi pengeluaran militer adalah penting untuk keamanan nasional. Presiden Recep Tayyip Erdogan pekan lalu menyatakan harapannya bahwa Washington akan “berubah pikiran.” Namun, AS terus berkonsultasi dengan Ankara untuk membantunya “menemukan solusi yang lebih baik,” dan menginformasikannya tentang “implikasi yang lebih luas dari pembelian S-400 Rusia,” Pahon menekankan.

Sumber: RT

 Posted by on Maret 6, 2019

  3 Responses to “Pentagon Ancam Turki dengan ‘Konsekuensi Serius’ karena Beli S-400 Rusia”

  1.  

    Semakin jelas kelemahan dan ketakutan US and allies. Turki tetap maju menjadi bangsa yg merdeka dan bermartabat diatas tanah dan air, jangan mau menjadi bangsa yg di dikte oleh lawan maupun kawan, never given up

  2.  

    Tdk perlu memakai jasa CIA/KGB,dimana Amerika semakin menekan suatu negara,mereka ada ketakutan dr kelebihan negara yg diintervensi&1,lagi takut kehilangan nama sbg polisi dunia,walaupun belum pernah ada pemungutan suara, seperti raja hutan si macan,walaupun blm ada pemungutan suara, tetap saja si macan mendaulatkan diri sbg raja hutan.

  3.  

    Baru tahu kalau Turki keras kepala ya??? Seperti Russia noh, ga pakai banyak cingcong langsung sangsi ekonomi… kalau mainya tarik ulur ga bakalan mempan