Apr 082017
 

Puing-puing bekas serangan rudal Tomawahk di Pangkalan Udara Al-Shayrat, Suriah pada Jumat dini hari. © Sputnik News

WASHINGTON – Pejabat senior di Departemen Pertahanan AS membantah penilaian dari Kementerian Pertahanan Rusia yang menyatakan bahwa hanya 23 dari 59 rudal Tomahawk AS yang ditembakkan ke lapangan udara Al-Shayrat, Suriah mengenai sasaran pada hari Jumat, seperti dilansir dari Sputnik News.

Namun pejabat dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat tersebut tidak menjelaskan secara rinci berapa banyak rudal Tomahawk yang mencapai sasaran di Pangkalan Udara Al-Shayrat.

“Itu tidak benar”, jawab pejabat itu dengan singkat ketika diminta komentar mengenai klaim Kementrian Pertahanan Rusia.

Pada hari Kamis, Presiden AS Donald Trump mengumumkan bahwa ia secara resmi memerintahkan Departemen Pertahanan untuk menembakkan rudal jelajah di pangkalan udara dekat Homs sebagai balasan atas serangan senjata kimia di provinsi Idlib, Suriah awal pekan ini.

Juru bicara Departemen Pertahanan AS, Kapten Jeff Davis mengatakan bahwa angkatan bersenjata AS meluncurkan 59 rudal Tomahawk dari kapal perusak Porter dan Ross, yang terletak di Laut Mediterania.

Kementerian Pertahanan Rusia sebelumnya mengatakan pada hari Jumat bahwa hanya 23 dari 59 rudal yang ditembakkan telah mencapai target mereka. Sejumlah foto yang diposting di media sosial muncul untuk menunjukkan bukti bahwa sejumlah artileri yang tidak terkena tembakan rudal Tomahawk di sekitar pangkalan udara Al-Shayrat.

  69 Responses to “Pentagon Bantah Hanya 23 Rudal Yang Berhasil Mengenai Sasaran di Suriah”

  1. Nah, benar ternyata bukan 23 yang kena, sebab AS gak tau berapa jumlah pastinya 😆 hahahaha…

    • Kalo memang benar diberita yg laen ada rudal yg tidak sampai atau miss…berarti alutsistanya sudah usang atau cuman sekelas china yg delay bung…untung 59 unit,jadi masuknya cuman 23 unit…kalo ditembakan hanya 25 unit…bisa cuman masuk 1 yg laen delay..xixixi..(tapi gak tahu juga jika yg laennya ditangkal dg rudal juga,hanya mereka yg tahu dan bisa untuk bahan negosiasi)…

      • wah… jangan disamakan dengan buatan China bung @Indo Elite, terus terang banyak pemuja alutsista buatan AS yg mengutuk komentar anda 😛 wkwkwk… rudal Tomahawk ini “konon” memiliki “akurasi paling tinggi” lho… banyak sales yang bilang begitu, dan menurut iklannya ya emang seperti itu…

        bayangkan aja, harganya itu per biji USD 1,5 juta lho…

    • amerika menggunakan corong propaganda untuk menggiring opini publik agar sesuai kepentingannya, dan mentalitas mereka tertutup dengan “pride” alias kebanggaan diri sebagai ras kulit putih yang superior (negara adidaya).
      Jadi jelas pernyataan lawan (Rusia) bahwa “23 yang mengenai target” merupakan pencapaian yang jauh dari ekspektasi mereka karena bagaimanapun juga 23 dari 59 itu lebih dari separuh yang tidak “mengenai target” bertentangan dengan pandangan amerika sendiri yang mengklaim bahwa produk mereka berkualitas (presisi) tapi dengan jumlah lebih sedikit dari Rusia yang dianggap unggul secara kuantitas tapi kalah dari segi kualitas.
      Masih ingat saat Rusia meluncurkan Kalibr untuk menyerang ISIS? Amerika dibuat heran dengan kemampuan Kalibr dengan CEP yang minim. Kalau amerika dan sekutunya merasa produknya lebih superior seharusnya reaksi pertama mereka memandang remeh atau acuh tak acuh, bukan malah heran atau “terkejut”

      • Iya bung joss…ini yg menarik…sebagai pecinta alusista..itu selain yg 23 rudalnya kemana..kalo miss karena usang..berarti banyak persenjataan amerika yg usang sekarang,kalo cepet usang berarti sama saja produk KW kelasnya..tidak tahan lama maksut saya,kalo tidak usang berarti ada yg nahan…lha yg nahan itu sekelas apa ini?…atau cuman pantsyr yg berjumlah 4 unit,atau BUK,S300,S400,atau gabungan mereka…kalo cuman itu yg lolos 36..kalo yg nahan cuman 4 pansyr..berarti hebat..pantsyrnya..soalnya salvo,kalo ketambahan 1 buk,nilainya baik,kalo 2 buk nilainya gagal..buk seharusnya miss semua..kalo 4 pantsyr+1 S300…berarti gagal S300 nya…menurut saya lho..semoga ada manfaatnya bagi TNI yg dlam rangka “akan” membeli SAM jarak menengah dari salvo 59 rudal..untuk 1 kawasan strategis..

        • mungkin Suriah rental bomoh dari Malon bung, buat memindahkan sebagian rudal yang ditembakkan ke dimensi lain 😆 hihihih

        • ras kulit putih lagi

          bukannya namanya rasis jika membawa2 warna kulit
          jangan pake standar ganda bung

          yg anda sebut ras kulit putih 2000 tahun lalu dianggap oleh kekaisaran Romawi sebagi kaum barbar tak beradab setengah manusia setengah hewan
          pelajari sejarah2 barat kenapa mereka bisa naik ke puncak tangga sebagai peradaban paling maju meninggalkan peradaban2 manusia yg lain.

          sya paling sinis kalau soal SARA dibawa2 ketika melakukan analisa

      • Betul bung, mestinya klo AS mau pamer pada waktu itu mereka bisa aja meluncurkan 1/2 (setengah) rudal Tomahawk buat hancurkan markas ISIS, gak perlu 1 rudal kan 😛 hahahah 😆

        Nah, dengan demikian Rusia pasti geleng-geleng deh… mereka luncurkan 1 Kalibr, AS malah bisa luncurkan setengah aja…

        Gak kebayang gimana hancurnya hati Carin klo liat berita bahwa cuma 23 rudal Talking Tom (rudal banyak omong) yang mengenai sasaran, sementara 36 lagi masih unknown statusnya

        Hehehe, maaf buat rekan-rekan warjag yg kemaren membela mati-matian negara yg telah meluncurkan rudal PATRIOT buat nembak DRONE.. 😆 wkwkwkwk 😆 memang paten kali tuh rudal AS, apalagi klo buat nembak DRONE 😆 wkwkwkwk

        • Ini bukan pamer menurut saya…itu benar penembakannya…itu diprediksi ada kombinasi S300+pantsyr/BUK+pantsyr..yg laen pengecoh supaya tidak sempat reload..tapi jumlah kombinasinya per@ yg ideal saya tidak tahu…hehehehh

          • Sorryy…kalo gak delay lho…wkwkwkwkwk….lebih pastinya nunggu berita selanjutnya…hahahaha…

          • hehehehe… mestinya begitu bung…

            tapi biar aja deh, biar rame yg bales 😆

          • Tapi mungkin, klo sesuai dengan spesifikasi S-300MPU2 yang memiliki kemampuan menyergap 36 target (max) secara simultan, tampaknya sistem tersebut cukup sukses menahan rudal tomahawk yg diluncurkan 2 destroyer AS 😀 berarti hit rate-nya 100% dong 😆 hihihih

          • @Lingkar. Sistem pemuluncur S300 itu ada berapa? Dan berapa misil yg bisa diluncurkan? Lalu harus reload lagi?

            Apakah S300 mampu meluncurkan langsung 36 rudal tanpa reload?

      • Bung Jos,

        US itu multi ras dan multi etnik lho bung.

        Segala macam orang dari berbagai penjuru dunia ada di sana. Segala macam agama dan aliran ada di sana.

        Di sana jarang sekali ada orang yg menghina orang yg latar belakang suku dan agamanya lain.

        Kalau nggak percaya, coba aja ke sana dan buktikan sendiri.

        • Lalu apa pendapatmu soal Ku Klux Klan? Mengapa dibiarkan hidup sampai sekarang? Mengapa polisi kulit putih setiap menangkat orang kulit hitam sering dengan kekerasan sementara jika menangkap sesamanya dengan cara yang lebih etis? Mengapa mereka cenderung menggeneralisasi bahwa semua orang Islam memiliki kecenderungan menjadi teroris dan ada orang-orang kulit putuh macam Trump yang keberatan kalau Amerika dimasuki orang yang beragama islam?
          Disisi lain apa kamu tahu pandangan orang kulit putih Australia terhadap orang Indonesia, silahkan search di Facebook bagaimana mereka merendahkan orang Asia!

          • 1. Masalah nangkap menangkap pake kekerasan, itu tahun berapa cuy?
            Sekarang permusuhan sdh usai, Kulit putih maupun Hitam sdh bisa saling menghormati.

            2. Masalah islam dan trump, haduh. masih bnyk kale org AS yg mendukung Muslim.

            3. Masalah australi memandang Kita, masa bodo mikirin aus, kurang kerjaan bener 😆

          • -klu klux klan sudah dilarang sejak 80 tahun lalu yg ada adalah pancingan politik menggunakan isu sara

            -kejahatan tak mengenal etnis disamping itu penduduk kulit hitam amrik kebanyakan berpendidikan rendah rentan kriminalitas ditambah lagi kurangnya pendidikan keluarga lantaran anak2 mereka kebanyakan berorang tua tunggal sehingga kehilangan contoh figur seorang ayah
            kritikan ini disampaikan oleh kepala polisi negara bagian texas yg juga berkulit hitam

            -trump tidak melarang semua umat islam klau melarang
            semua hampir semua warga kita akan boyongan pulang

            -orang kulit putih asutralia terkenal paling kasar diantara orang kulit putih yg lain tanya orang2 eropa
            meski tak semuanya namun kebodohan akbat pendidikan rendah akan terus ada di segala jenis dan lapisan masyarakat.

            banyaklah baca2 buku dan berdebat sehingga tidak mudah terpengaruh oleh suatu golongan
            terutama kaum libertarian sayap kiri Amerika

          • Begitu tanggapan kalian? Silakan saja.
            Bagi gue itu cuman lagu nina bobo’ idealis tanpa fakta. Omongan orang penjual mimpi.
            Rasis itu tetap ada walaupun kalian mengklaim diri tidak rasis
            Yang pasti gue tidak akan menjilat kaki kanan orang asing yang kaki kirinya ada di kepala gue.
            Relationship itu harus berimbang!

          • anda sendiri berargumen tidak berimbang (ad hominem) langsung menyerang pribadi yg menjawab argumen anda dgn mengatakan rasis dan penjilat asing.

            yg saya tekankan disini adalah jangan mudah terpancing penggunaan isu SARA
            perbanyak membaca buku diikuti dgn berdebat utk mengeluarkan dan menyampaikan ide2 lantaran argumentasi bukan soal kalah atau menang.

          • Gue mengomentari ADANYA SARA bukannya MEMPROMOSIKAN SARA harap dicatat bahwa ini bukan masalah menang atau kalah dalam debat. Baca lagi komentar gue diatas.
            Kalau digambarkan, gue bilang: ADA PENYAKIT MALARIA DI SUNGAI CILIWUNG
            dan karena banyak orang miskin di sungai Ciliwung yang gak bisa mengobati sakitnya, lantas kamu bilang:
            SAYA TIDAK SUKA DENGAN ORANG YANG MENGHINA ORANG MISKIN SEPERTI ANDA.

            jadi siapa yang sebenarnya “MEMANCING”?

          • lebih tepatnya nyamuk malaria yg menjadi penyebab penyakit malaria sama dengan isu SARA yg sudah pasti ada penyebabnys entah itu isu politik maupun yg lain

            saya tidak memancing karena apa yg saya sampaikan saya kira sesuai dg pandangan konstitusi negara kita terhadap isu Suku,Ras, dan Agama.
            mengenai adanya isu sara di negara lain saya juga tidak akan menampik keberadaanya yg memang masih ada namun harus di analisa terlebih dahulu kenapa isu tersebut bisa muncul bukannya langsung ikut terpancing karena kembali lagi ke konstitusi negara kita.

      • Saya kutip tulisan bung @joss

        “dan mentalitas mereka tertutup dengan “pride” alias kebanggaan diri sebagai ras kulit putih yang superior (negara adidaya).”

        Nah disini bung mengatakan bahwa seolah-olah negara adi daya adalah hanya kaum Ras putih

        Padahal AS (negara adidaya) adalah negara multi etnis, seperti yg sudah disebutkan @TN

        Dan yg seperti bung @Anu sebutkan, gk perlu bawa2 ras dalam pembahasan Ini (rudal tomahawk)

        Jd sdh jelas kan? Jd gk perlu bawa2 sungai ciliwung

        • Yang gue sebutkan tentang amerika itu adalah fakta dan apakah fakta sederhana Freeport yang berani menentang Indonesia sebagai pemilik sah tanah air Papua masih membutakan matamu? Emangnya kenapa mereka begitu lancang mengangkangi Indonesia selain mereka keblinger dengan kenyataan bahwa mereka bagian dari amerika, bangsa adidaya yang kuat sehingga negeri kecil Indonesia tidak perlu dianggap? Jika Freeport itu berasal dari Afrika masihkah “orang-orang Afrika” itu punya nyali dengan Indonesia?
          Mau ngeles lagi?
          Jangan sangkut-pautkan Freeport dengan Amerika? Jangan bawa-bawa isu Papua?
          Kalian kehilangan konteks dalam inti masalahnya.

        • Pemahaman saya:
          “dan mentalitas mereka tertutup dengan “pride” alias kebanggaan diri sebagai ras kulit putih yang superior (negara adidaya).”

          “mentalitas mereka”, jadi bung Joss sedang menyampaikan saja bahwa mereka ( ras dimaksud) yang membanggakan rasnya. Bukan berarti @Joss sepaham dengan mereka itu.

          • Waduh, Bung Patih
            Kenapa yang waras disini cuma Anda, Bung?!

            ::sedih::

          • terima kasih karena mau menenangkan suasana dan mengambil pandangan objektif bung

            diklaim tidak rasis yg sama dengan rasis dan menjilat kaki kanan orang asing pasti akan ada yg merasa direndahkan.

          • makna dan konteks pada awal argumen sudah salah bung..
            Amerika masih disebut ras kulit putih padahal sudah multi etnis.. itu saja. Membawa suku atau golongan dalam argumen diluar Indonesia saya masih oke oke saja.. he he he.

          • Apa kamu setuju bahwa Indonesia itu melanoid?

          • melanoid? bukankah itu jenis dari zat melanin untuk industri cat?

          • @bhisma.

            Memang bung, dari awal permasalannya adalah tentang org yg bawa2 ras dalam argumen.
            Dia ngomong bahwa amerika adalah ras kulit putih, padahal amerika adalah multi etnis, tapi malah melebar ke masalah freeport

          • Masalahnya adalah orang yang salah paham tapi ngaku bener

          • Indonesia adalah sebuah negara atau bangsa dari berbagai suku dan etnis alias civic nationalism, rasa nasionalisme yg tumbuh dgn mengesampingkan perbedaan demi mencapai tujuan2 tertentu dan karena alasan tertentu bukan ethnic nationalism alias nasionalisme suatu bangsa yg timbul didasarkan pada suatu suku, ras maupun warna kulit.

            jadi saya menolak kita disebut bangsa melanoid
            namun tetap harus waspada dgn yg berlindung di balik hukum Sara utk tujuan propaganda subversif mengepentingkan suatu golongan dgn revisionisme sejarah berdasarkan nasionalisme keetnikan dan keyakinan dari negara2 lain

          • Gue memiliki objektivitas seperti ini:
            Gue keturunan Orang Betawi dan Gue bangga dengan identitas gue sebagai orang Betawi
            Disisi lain Gue adalah orang Indonesia dan Gue bangga dengan ke-Indonesia-an Gue
            Menjadi Orang Indonesia bukan berarti melupakan identitas gue sebagai Orang Betawi
            menjadi orang Betawi bukan berarti melupakan jati diri Gue sebagai Orang Indonesia
            Gue Gak keberatan disebut Orang Indonesia, Suku Betawi, Ras Melayu, Gen Melanoid karena nyatanya memang begitu

            Bukan semata-mata degradasi makna ras yang saat ini identik dengan konotasi negatif dari sisi politis.
            RAS adalah BAHASA dan kata RAS bersifat netral kecuali kalau pikiran kalian sempit dan dikonotasikan negatif.

          • Dan masalahnya juga mungkin dari penyampean bung @jos yg kurang tepat dlm penyebutan saya bisa pahami maksud anda. Dan alangkah baiknya kalo cuma negara amerika saja yang di tulis.

          • Membawa2 Ras dalam argumen, itu sensitif, contohnya, negara RI disebut sebagai etnis ####, tentu akan mengundang bnyk respon negatif, sama seperti jika ada yg bilang bahwa AS adalah Ras kulit putih, maka akan ada bnyk respon negatif. Seperti kata bang @kujang, cukup sebut amerika, tak perlu membawa-bawa ras kulit

          • kalau mau jujur, bung Kujang, Gue mengkritisi mentalitas over-superior sebuah negara adidaya yang banyak aspeknya didominasi dan dikontrol orang-orang kulit putih yang suka menyetir bangsa dan negara lain agar terbentuk sesuai keinginan mereka (arogansi ini tidak bisa gue tolerir dan masalahnya – ternyata – rata-rata berasal dari ras kulit putih).

            Jadi apakah gue rasis karena membenci ras kulit putih? Tidak. Gue percaya ada ras kulit putih yang baik. Tapi sekali lagi, meskipun amerika diklaim multi etnis, sebenarnya dari kelompok mana yang benar-benar mendominasi dan menguasai?
            Gue akan berubah pikitan kalau John McCain bukan orang kulit putih

          • Kalau ada guru Geografi menunjukkan pembagian demograsi dunia menurut pemetaan etnis dan ras apakah kamu akan memandang guru tersebut rasis?
            RAS ADALAH KATA NETRAL
            Jangan mencampur-adukkan kata RAS dengan bumbu POLITIS.

          • mengesampingkan bukan berarti melupakan
            prioritas bangsa Indonesia adalah memajukan negara,memakmurkan,mempertahankan kesatuan dgn mencegah timbulnya bibit2 konflik antar etnis

            identitas kita sebagai etnik tertentu harus dipertahankan dgn menjaga budaya lokal
            namun tetap dalam satu kesatuan bangsa dan negara inilah pagar beton yg menjaga kita dari terjangan globalisme budaya dan pengikisan batas rasa kebangsaan yg mengincar sda oleh para globalis,
            bahasa2 daerah masih masuk kedalam kurikulum pelajaran sekolah tiap provinsi itu kalau anda belum tahun.

            degradasi makna ras menjadi konotasi negatif lantaran isu politis global memang terjadi dan anda saya rasa cukup jeli merasakan angin perubahan sejak 6 tahun lalu ditambah rongrongan2 media mengangkat isu2 sensitif.

            saya sebenarnya penasaran dgn gen melanoid tolong bisa dijelaskan maksudnya?

          • saya masih bingung tentang melanoid?
            campuran ras apa dengan ras apa?
            atau genetik murni?

            atau jangan2 zat kimia.. mohon penjelasannya bagi yg tau!

  2. Sebuah perusahaan teknologi asal Malaysia membuat ulah dengan memasang server dan kabel Fiber Optik (FO) bawah laut di wilayah laut Indonesia.Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo didampingi Kasad Jenderal TNI Mulyono, Asops Panglima TNI Mayjen TNI L. Pusung, dan Pangdam I/Bukit Barisan MayjenTNI Cucu Soemantri, mengecek secara langsung server dan kabel FO bawah laut milik perusahaan telekomunikasi PT. Sacofa asal Malaysia yang melanggar kedaulatan NKRI di Desa Tarempa Barat, Kec. Siantan, Kab. Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau, Kamis

  3. mungkin sisanya nyangkut sama s200,s300,s400,pantsir..heheh
    jos gandos uncle bear ternyata parnormal …heheh bisa tau yang nyampe cuma 23….
    gantin giliran russi hajar teroris sama iskander sama kalibre…cukup ..

  4. Nah lho…. kalo cuma 23 yg nyampe… yg laen padda kemana….????? kesasar kah… ato salah alamat…. ato alamat palsu….??

  5. Heran sama koment yang langsung percaya dengan klaim sepihak dari rusia dan langsung membuli, kayak dia tau aja kejadian yang sebenarnya, keliatan banget fanatik buta, orang kayak gitu kok dijadikan moderator.

  6. Free:
    BEIRUT, LEBANON (4:47 P.M.) – At least 58 people were killed in a horrific gas attack in the Idlib Governorate this morning. However, even before investigations could be conducted and for evidence to emerge, Federica Mogherini, the Italian politician High Representative of the European Union (EU) for Foreign Affairs and Security Policy, condemned the Syrian government stating that the “Assad regime bears responsibility for ‘awful’ Syria ‘chemical’ attack.”

    The immediate accusation from a high ranking EU official serves a dangerous precedent where public outcry can be made even before the truth surrounding the tragedy can emerge
    Israeli President, Benjamin Netanyahu, joined in on the condemnation, as did Amnesty International.
    Merely hours after the alleged chemical weapons attack in Khan Sheikhun, supposedly by the Syrian government, holes are beginning to emerge from opposition sources, discrediting the Al-Qaeda affiliated White Helmets claims.
    https://mobile.almasdarnews.com/article/jumping-conclusions-something-not-adding-idlib-chemical-weapons-attack/

    • WASHINGTON — The United States is sending an additional 400 troops to Syria to help prepare for the looming fight for Raqqa, the capital of the Islamic State’s self-proclaimed caliphate, American officials said on Thursday.
      The increase, which includes a team of Army Rangers and a Marine artillery unit that have already arrived in Syria, represents a near-doubling of the number of American troops there.
      The United States military has declined to say how many troops it has deployed in Syria. The formal troop cap is 503, but commanders have the authority to temporarily exceed that limit.
      The Rangers’ presence became apparent last weekend when they were seen driving around the northern Syrian town of Manbij in Stryker vehicles and armored Humvees. The Washington Post earlier reported the deployment of the Marine artillery battery.

      https://www.nytimes.com/2017/03/09/world/middleeast/us-troops-syria.html?_r=0

  7. Yg pakai serangan kimia memang pengecut siapapun itu.
    Tp klo bahas tomahawk, knp hrs salvo segitu bnyk ke 1 pangkalan. Kayaknya efektifitasnya dibawah kalibr memang.

  8. betu bung preeetl harus nya medoreatornya yang percaya sama omongannya ASU….

  9. Ah hanya kapak kecil saja kok diurusin…

  10. 23 dari 59..woww….tomahawk emang amazing…barang abal2

  11. ASU SDH PRUSTASI

  12. Banyak pihak yg berkepentingan di Syria jd paranoid segala cara dilakukan sehingga nyawa manusia hanya dianggap permainan belaka! AS dr dulu terkenal merasa polisi dunia dgn cara cowboy menghukum negara2 yg berseberangan dgn kebijakannya! Jd masih adakah diantara kita yg memuja2 AS sebagai penegak demokrasi dan Ham dunia?

  13. (Evaluasi senjata)apakah di modernisasi atau menciptakan yang baru?
    perang juga sambil menyelam minum air, sebagai ajang uji coba senjata tersebut. jd tau kekurangan, dan kelebihannya.

 Leave a Reply