Pentagon Incar Yunani Gantikan Pangkalan Udara Incirlik

Jakartagreater.com  –  Ketika hubungan antara Turki dan Amerika Serikat terus memburuk, komandan dan anggota parlemen AS mulai mencari opsi untuk memposisikan kembali aset militer substansial di Pangkalan Udara Incirlik di Turki Selatan.

Salah satu pilihan, kata seorang senator AS baru-baru ini, adalah pangkalan Angkatan Laut di Teluk Souda, di pulau Kreta, Yunani, dirilis Sputniknews.com, 11-9-2020.

Meskipun AS dan Turki telah menjadi sekutu sejak bergabung dengan aliansi NATO pada tahun 1952, ketegangan antara kedua negara telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir karena kepentingan Washington dan Ankara menjadi semakin kontradiktif.

Baik di Suriah, di mana pasukan Turki bergerak melewati pos terdepan Amerika untuk menyerang milisi Kurdi sekutu AS Oktober 2019 lalu, atau ketika Ankara membeli sistem pertahanan udara S-400 Rusia yang membuat AS keberatan dan Turki dikeluarkan dari program F-35 sebagai tanggapannya.

Kekhawatiran meningkat bahwa hubungan yang buruk dapat membahayakan Pangkalan Udara Incirlik, yang telah berfungsi sebagai pusat logistik militer untuk NATO di wilayah tersebut selama beberapa dekade.

“Kami tidak tahu apa yang akan terjadi pada Incirlik,” Senator Ron Johnson (R-WI), yang mengetuai subkomite Komite Hubungan Luar Negeri Senat untuk Eropa, mengatakan kepada Washington Examiner untuk berita hari Jumat 11-9-2020. “Kami berharap yang terbaik, tapi kami harus merencanakan yang terburuk.”

“Kami ingin mempertahankan kehadiran dan kerja sama penuh kami di Turki,” lanjut Johnson. “Saya tidak berpikir kami ingin melakukan perubahan strategis itu, tetapi saya pikir, dari postur pertahanan, saya pikir kami harus melihat kenyataan dari situasi di mana jalan yang ditempuh Erdogan tidak baik.”

“Kami sudah melihat Yunani sebagai alternatif,” tambah Johnson.

Pangkalan angkatan laut AS di Teluk Souda adalah satu-satunya pelabuhan laut dalam di Mediterania Timur yang mampu menampung kapal induk AS, jadi pangkalan di pantai Utara Kreta sudah menjadi tempat yang sangat sibuk. Berdekatan dengan fasilitas Teluk Souda adalah Bandara Internasional Chania, yang juga digunakan sebagai pangkalan udara oleh Angkatan Udara Hellenic.

Namun, mengingat Chania sudah menjadi bandara tersibuk keenam di Yunani, menangani beban kerja yang meningkat dalam menangani pesawat AS yang pernah terbang ke Incirlik bisa menjadi tugas yang menakutkan.

“Sangat disayangkan jalan yang diambil Erdogan menempatkan Turki pada posisi yang sulit ,” kata Johnson. Ini sangat memprihatinkan, yang merupakan salah satu alasan kami pasti meningkatkan kerja sama militer kami dengan Yunani, memperkuat kehadiran kami di Teluk Souda, karena kehadiran kami, sejujurnya Turki pasti terancam. ”

Namun, Johnson tidak mengatakan apa-apa tentang sekitar 150 senjata nuklir yang disimpan AS di Incirlik.

Aykan Erdemir, analis senior Turki di wadah pemikir Yayasan untuk Pertahanan Demokrasi dan mantan anggota parlemen Turki, mengatakan kepada Examiner bahwa “Washington tidak selalu memikirkan satu alternatif untuk Incirlik, tetapi sejumlah opsi rebasing yang saling melengkapi sebagai kontingensi berencana untuk Incirlik. ”

“Ini telah berlangsung cukup lama, secara bertahap. Saya pasti akan berpendapat bahwa ini bukan hal baru, tetapi mungkin secara kualitatif berubah dalam hal sifat dan tingkat kehadiran dan investasi AS di dalamnya, “katanya.

Satu pemikiran pada “Pentagon Incar Yunani Gantikan Pangkalan Udara Incirlik”

Tinggalkan komentar