Apr 082018
 

Pentagon, gedung Departemen Pertahanan AS © USAF via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Departemen Pertahanan AS tidaklah melihat adanya suatu “krisis” terhadap penerbangan militer meskipun telah terjadi empat insiden mematikan dalam tiga minggu terakhir yang menewaskan total 14 personel, seperti dilansir DefenseTech.

“Tentu saja, itu tidak normal dan tanggapan kami terhadap insiden tersebut tidak normal, tetapi saya tidak siap untuk mengatakan sekarang bahwa ini adalah semacam krisis”, kata Letnan Jenderal Kenneth McKenzie, Direktur Staf Gabungan dalam briefing hari Kamis di Pentagon.

McKenzie pun mengatakan tidak adanya pola atau kaitan yang telah ditemukan dalam analisis awal pada kecelakaan pesawat bersayap-tetap dan berputar. Dia mengatakan pertanyaan yang harus dijawab dalam setiap kecelakaan termasuk apakah penyebab kecelakaan itu sistematis, terkait dengan sesuatu yang kita lakukan di seluruh armada, atau terkait dengan pemeliharaan.

Dalam insiden terbaru, pilot Thunderbirds Angkatan Udara AS yakni Mayor Stephen Del Bagno tewas dalam kecelakaan F-16 Fighting Falcon pada hari Rabu, saat melakukan latihan penerbangan rutin di Nevada Test and Training Range dekat Pangkalan Udara (AFB) Nellis.

Sebelumnya, dalam latihan terbang rutin di hari Selasa, empat personel marinir tewas dalam sebuah kecelakaan helikopter super berat Ch-53E Super Stallion dekat El Centro, California. Helikopter tersebut bagian dari Skadron Udara 3 Korps Marinir AS.

Kecelakaan di California tersebut adalah kecelakaan penerbangan Angkatan Laut kedua yang terjadi pada hari Selasa dimana yang pertama terjadi di Djibouti di Tanduk Afrika, saat sebuah jet tempur AV-8B Harrier jatuh tak lama setelah lepas landas.

Korps Marinir AS melaporkan bahwa pilot itu berhasil keluar dengan kursi terlontar dan dalam kondisi stabil. Sang pilot dan pesawat ditugaskan pada Marine Medium Tiltrotor Skuadron 162 di atas kapal serang amfibi Iwo Jima.

Sementara itu pada tanggal 15 Maret 2018, tujuh personel milter tewas dalam sebuah kecelakaan helikopter HH-60 Pave Hawk di Irak barat.

Pada tanggal 14 Maret 2018, dua penerbang Angkatan Laut AS tewas dalam tabrakan F/A-18F Super Hornet di dekat Key West, Florida, Amerika Serikat.

Jumlah personel militer yang tewas dalam kecelakaan penerbangan non-tempur telah meningkat tajam dalam beberapa tahun terakhir. Pada 2017, ada sebanyak 37 orang, dibandingkan 19 orang tewas pada tahun 2016, menurut Departemen Pertahanan AS.

Serangkaian kecelakaan terbaru bahkan terjadi setelah banyak peringatan dari Menteri Pertahanan AS Jim Mattis dan para kepala dinas bahwa pengerahan pasukan ke depan dalam operasi dengan tempo tinggi telah menyebabkan pengurangan pada pendanaan untuk jam terbang, pemeliharaan pesawat dan pelatihan menyeluruh bagi pasukan di negara bagian.

Mattis menaruh tanggung jawab pada Kongres. “Kita sebagai bangsa harusnya mampu mengatasi masalah ini”, katanya dalam pembukaan Strategi Pertahanan Nasional pada bulan Januari.

Senator John McCain, ketua Komite Angkatan Bersenjata di Senat, sering menyatakan bahwa lebih banyak personel militer AS sekarang terbunuh dalam pelatihan daripada gugur di medan perang.

Bagikan :

  50 Responses to “Pentagon: Insiden Fatal Penerbangan Akhir-Akhir ini Bukanlah Krisis”

  1.  

    Yg aku kabarkan 2 hari lalu bner khan bukan hoax hihihi bagi yg ga percaya no link itu … Plus f15 korsel nyungseb ,ada 1 lagi heli jatuh hari ini

  2.  

    tidak normal namun tidak krisis

    sepertinya ada sesuatu yg tdak mau dipublikasikan
    btw apache jatuh belum ada laporan juga

    •  

      percuma dilaporin, ntar juga fansboynya pada ngeyel, inilah, itulah, anulah, no link=hoaxlah… ngumpat yang komenlah… ternyata EQnya bermasalah…

      😀 hehehe

  3.  

    “Senator John McCain, ketua Komite Angkatan Bersenjata di Senat, sering menyatakan bahwa lebih banyak personel militer AS sekarang terbunuh dalam pelatihan daripada gugur di medan perang”…

    itu karena motto mereka tuh 😛 hihihihi

    •  

      John McCain senator neolib yg paling ngotot dgn revolusi warna,penggulingan pemerintahan libya,suriah dan ukraina

      harusnya dilempar lagi ke penjara vietcong

  4.  

    wajar lah pak, namanya juga kecelakaan, di sipil pun juga pasti juga ada kecelakaan, seperti kecelakaan nabrak tiang listrik.

    jika dilihat jumlah sortie, pasti ada yg wear off nya, di dunia nyata kgk ada pahlawan kaya superman yg bisa nolong pesawat jatuh…..

  5.  

    ibarat musim hujan di indonesia disana lagi musim pesawat jatuuh
    Tn tukang hitung dah pensiun atau kmn yaa .ko sekarang jrg nongol ..

    •  

      Bung TN PhD sering nongol diwarung sebelah, mungkin libidonya sudah menurun untuk nongkrong dimari karena kelihatanya dia gak pro sama Ruskiyah yang ngotot2 disini…
      Saya bukanya gak suka dengan barat tapi kenyataanya Uni Soviet/Rusia yang mampu membuat militer kita memilili deterrent effect.
      Jaman jaya2 Pak Harto hampir semua alutsista kita buatan barat, tapi tetap saja kita dianak tirikan.
      Negera persemakmuran disekeliling kita selalu diutamakan…

      •  

        kita membeli deterrent effect tersebut juga dgn hutang kredit ke soviet bung sementara inflasi makin membengkak.
        sederhananya ya ada uang ada efek deterrent

        •  

          Hutang yg berbuah papua bung,inflasi karena embargo amrik dan barat serta dengan anteknya didlm negri

          •  

            inflasi bukan karena embargo

            klo bukan karena antek barat yg anda tuding tersebut
            negeri ini akan jadi selevel korut..politik kultisme dinasti
            hanya jadi polandianya asia..buffer state
            jktgr tak mungkin ada
            semoga anda tidak menuding yg meninggal pd tggl 1 oktober 1965.

          •  

            inflasi terjadi krn, supply barang yg rada aneh, kadang ada kadang ga ada…..pertumbuhan ekonomi,,,,,purchasing power rakyat (daya beli masyarakat) melemah…….lalu mata uang melemah…..seperti menaruh duit di panama,,,,tapi apesnya duitnya kena tilang polisi dunia,,,

        •  

          jaman perang kok ngitung infasi,bung anu iki piyo to.

      •  

        tapi saya bersyukur waktu itu front di asteng khususnya indonesia dimenangkan oleh pak harto, coba kalau waktu itu masih terjadi stalemate, mungkin yg ada adalah konflik yg berkepanjangan, belum lagi setelah front vietnam amrik menyatakan keluar dari konflik di vietnam, mungkin saat itu mereka melihat front di selatan, yaitu indonesia sebagai theater yg cocok buat pertahanan melawan kiminis,,,

        alhasil apes deh negara kita yg akan berlarut2 cuma krn berebut berapa persen orang indonesia yg punya ideologi anu dan anu….cape deh….

      •  

        oww pantesan …suka dgn hitung hitungannya terlepas akurat pa kaga …coba ada yg suka bikin hitung hitungan lagi ..tapi yg di hitung berapa banyak persenjataan yg diperlukan buat nenggelamin singapura hhhhhhhh…

        •  

          Ente yg buat aja gimana, daripada ente asal cuap. Kalo gak bisa lebih baik diem aja. Anak baru di JKGR sok-sokan gitu.

          •  

            yeee klo w bisa ngapaiin w minta …hhhhhh w kan cm senang dgn itungannya aja

          •  

            soryy bro ,,eh om …w penggemar di jkgr dah lama tapi cm baca baca doang alias hampir ga pernah komnt …w kangen ma komnt komnt yg panjang ampe 400 komnt …seneng liat org debat walaupun kadang debat kusir …klo di anggap sok sokan maafin om anak baru lahir sekali lagii kangen jkgr yg ramee ..itu aja ..peacee ya om ….

          •  

            Makanya diem kalo ente gak bisa. Jangan hanya menghina hasil apa yg dikerjakan orang lain. Ane yakin ente lum pernah acara JKGR sejak 2014.

          •  

            Agato Sugimura adalah Lol

          •  

            menghinaa ..?? menghina yg mana ..?? lha q ini paling seneng dgn TN tukang hitung …tulisannya yg ayo berhitung …selalu kutunggu …tapi klo tuan agato anggap menghina entah lah …oh ea jgnkan 2014 sampai sekarangpun w ga pernah ikut acara jkgr …

          •  

            Saya yg minta maaf karena salah liat.

          •  

            sama sama sy jg minta maaf om . …

          •  

            naa giyu dong …baru anunya idaman waria…..Xaxaxaxa….

  6.  

    Belum dianggap krisis, tapi bagaimana armada asing yg jg mengalami hal yg sama dgn produk2 AS? Klu dlm latihan saja sdh memakan korban walaupun dgn alasan dlm prosentase kecil bagaimana dgn perang sesungguhnya?

  7.  

    Agato Sugimura adalah Lol

 Leave a Reply