Aug 172018
 

ilustrasi: Kapal selam Kilo buatan Rusia. ( U.S. military via commons.wikipedia.org)

Moscow, Jakartagreater.com – Randall Schriver, Asisten Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) untuk urusan keamanan Asia dan Pasifik, memperingatkan pada hari Kamis, 16-8-2018, bahwa pembelian peralatan militer Rusia oleh Filipina mungkin akan berdampak buruk terhadap kerja sama negara itu dengan Amerika Serikat, dan mengklaim bahwa Washington adalah mitra yang lebih baik untuk Manila daripada Moskow, dirilis Sputniknews.com.

Pejabat AS itu menyampaikan laporan tentang rencana Manila untuk membeli alat berat Rusia, khususnya, kapal selam. “Jika mereka melanjutkan dengan pembelian peralatan utama Rusia, saya tidak berpikir itu adalah hal yang membantu untuk dilakukan dalam persekutuan kami dan saya pikir pada akhirnya kami bisa menjadi mitra yang lebih baik daripada Rusia,” kata Schriver, seperti dikutip oleh portal berita Rappler.

Sebelumnya pada bulan Agustus 2018, media melaporkan bahwa Rusia telah menawarkan bantuan kepada pemerintah Filipina dalam pembelian kapal selam. Kesepakatan itu, khususnya, menyediakan alokasi pinjaman bersubsidi ke Manila, yang akan dibayar kembali selama beberapa tahun. Pihak berwenang Filipina sedang mempertimbangkan proposal tersebut.

Pada pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov pada 2 Agustus 2018, Menteri Luar Negeri Filipina Alan Peter Cayetano mengatakan bahwa Manila tidak akan menolak pembelian peralatan Rusia, meskipun harus menghadapi sanksi dari AS.

Berbagi

  7 Responses to “Pentagon Klaim ‘Mitra Lebih Baik’ untuk Filipina Dibanding Rusia”

  1.  

    Diancam lagi, akibat banyak utang sampai 25.000 triliun sih, ngepot sana sini deh

    😎 huehuehue

  2.  

    .. usa ngajak perang bintang padahal mesin2 roket masih import..
    .. usa terus2an ngajak ribut cina pdhl cina adalah bankir mereka..
    .. malu? gak! bagi trump ekonomi lebih penting drpd malu.. dan ada pembalap f2 fans trump bikin stiker “trump makes usa great again” padahal memalukan menurutku

  3.  

    ini bentuk suatu negara yg plinplan.dulu katanya mau embargo.dan oleh philipina .giliran pasukannya mau di usir keluar dari philipina.bicaranya langsung berbeda.
    apalagi skrng ini pakai intimidasi walau bntuk ancamannya sedikit halus.
    nanti kayak apache indonesia.blh beli tp cm blh buat terbang doank.
    kalau menurut sy sdh pasti memilih kerjasama dengan rusia oke.titik ga pk koma.

  4.  

    USA tidak membuat kapal selam jenis diesel, makanya mereka hanya bisa meradang ketika ada negara yang akan membeli kapal selam, karena plihanya jika mau yang memiliki karakter kuat maka akan membeli kasel buatan Rusia…

 Leave a Reply