Pentagon Pertanyakan Lonjakan Kegiatan Militer Rusia Dekat Ukraina

Pentagon Press Secretary John F. Kirby

JakartaGreater – Dengan meningkatnya aktivitas Rusia di Eropa Timur, termasuk penumpukan pasukan di dekat perbatasan Ukraina, Moskow harus lebih transparan tentang niatnya di sana, ujar Sekretaris Pers Pentagon, Amerika Serikat, John F. Kirby.

“Apa yang terus kami lihat adalah aktivitas militer yang tidak biasa di dalam Rusia, tetapi di dekat perbatasan Ukraina, dan kami tetap khawatir tentang itu. Tidak jelas apa niat Rusia itu,” kata Kirby saat briefing hari Rabu, 10 November 2021 di Pentagon.

“Kami jelas ingin lebih memahami itu. Dan kami tidak ingin melihat tindakan apa pun yang lebih lanjut mengacaukan apa yang sudah menjadi bagian dunia yang sangat tegang. Dan kami mendesak Rusia untuk memperjelas niat mereka dan mematuhi perjanjian Minsk mereka”, ungkap juru bicara Pentagon, John F. Kirby.

Menurut Kementerian Pertahanan Ukraina dalam sebuah laporan yang diterbitkan pekan lalu di situs web mereka, dinas intelijen mereka mengindikasikan kekuatan sekitar 90.000 tentara Rusia terkonsentrasi di dekat perbatasan Ukraina. Pasukan itu, kata laporan itu, termasuk unsur tentara ke-8 dan ke-20 Federasi Rusia dan bagian dari Armada Laut Hitam Rusia. Elemen angkatan udara juga hadir, kata laporan itu, dikutip laman Kementerian Pertahaan AS, 10/11/2021.

“Ini tidak biasa karena ukuran dan cakupannya, dan itu menarik perhatian kami, tidak ada pertanyaan tentang itu,” kata Kirby kepada wartawan.

Sementara itu, AS terus melakukan operasi di kawasan itu sebagai bagian dari negara mitra NATO, kata Kirby – dan akan terus melakukannya.

“Sebagai sekutu NATO, kami akan terus terbang, berlayar, dan beroperasi di wilayah udara internasional dan perairan internasional sebagaimana mestinya,” kata Kirby. “Kami akan terus melakukan itu. Ada beberapa kapal Angkatan Laut AS di Laut Hitam saat kami berbicara. Dan kami percaya itu adalah prinsip penting yang harus dipertahankan.”

Kirby mengatakan dia melihat tidak ada hubungan saat ini antara operasi yang dilakukan AS di Eropa sebagai mitra NATO dan apa yang dilakukan Rusia di dekat perbatasan Ukraina.

Namun, katanya, AS tetap mendukung kedaulatan Ukraina.

“Seperti yang Anda dengar berkali-kali Menteri Austin mengatakan ketika kami berada di Eropa beberapa minggu lalu, dukungan kami untuk integritas teritorial dan kedaulatan Ukraina tidak tergoyahkan,” kata John F. Kirby.

*Foto: doc. Pentagon Press Secretary John F. Kirby (@DoD – U.S. Air Force Staff Sgt. Jack Sanders)

Leave a Reply