Aug 192018
 

Prajurit Marinir Angkatan Laut China (PLA Navy) © USMC via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Departemen Pertahanan AS (DoD) alias Pentagon memperkirakan jumlah personel Korps Marinir PLA untuk tumbuh menjadi lebih dari 30.000 pada 2020, tulis laporan DoD kepada Kongres AS, seperti dilansir dari IHS Jane.

Dirilis pada tanggal 16 Agustus 2018, laporan sepanjang 130 halaman menyatakan bahwa Korps Marinir PLA, yang saat ini diyakini sekitar 20.000 personel, akan terdiri dari tujuh brigade dalam dua tahun ke depan.

Pentagon dalam laporannya juga meyakini bahwa Korps Marinir PLA akan memperluas misinya untuk memasukkan operasi ekspedisi di negara asing, seperti Pasukan PLANMC saat ini sudah beroperasi di luar pangkalan militer PLA di Djibouti.

Laporan Pentagon juga menunjukkan bahwa PLANMC, yang memiliki markas yang baru dibentuk untuk perekrutan, pelatihan dan melengkapi Korps Marinir yang diperluas, juga dapat menggabungkan brigade penerbangan, yang bisa memberi dukungan transportasi helikopter organik dan kemampuan menyerang, sehingga akan meningkatkan amfibi dan kemampuan perang ekspedisi.

Sebelumnya, para pejabat dan ahli militer China berencana untuk meningkatkan jumlah Korps Marinir PLA dari 20.000 menjadi sekitar 100.000 personel demi melindungi jalur maritim dan kepentingan China yang terus berkembang di luar negeri.

“Korps Marinir PLA akan diingkatkan menjadi 100.000 personel, yang terdiri dari 6 (enam) brigade di masa depan untuk memenuhi misi baru dari negara kita”, menurut sumber, menambahkan bahwa jumlah personel Angkatan Laut PLA juga akan tumbuh 15 persen. Angkatan Laut PLA sekarang diperkirakan berjumlah sekitar 235.000 personel.

Menjelang tujuan tersebut, Presiden China, Xi Jinping akhirnya berencana mengurangi sebanyak 300.000 dari jumlah personel Angkatan Darat PLA.

  20 Responses to “Pentagon Sebut Marinir China Lebih 30.000 Tahun 2020”

  1.  

    lebih menakutkan mana,
    taktik infantri human wave
    atau
    gelombang pengangguran dari cinak.

  2.  

    Kok sedikit, Marinir kita sudah 74.000 loh

    •  

      Marinir kita emang nomor 3 terbesar klu ga salah. China mgkn dl doktrin nya emang mayoritas pasukan darat utk mendukung tekhnik human wave apalagi potensi konflik nya dl terbatas di perbatasan darat nya. Klu skrg kan mau menuju blue water navy jd spt nya doktrin nya udh di rubah plus utk ekspansi klr kawasan teritorial negaranya..

    •  

      Tahun 2017 masih 20.000, target PLA adalah 100.000 personel Korps Marinir, sementara PLA Navy saat ini ada 235.000 personel (tidak termasuk marinirnya), sementara PLA Army yg ada sekarang akan dukurangi 300.000 personel bung, dan sebagian sudah berada di NKRI sebagai TKA

    •  

      74.000 itu seluruh anggota TNI AL termasuk marinir.

      Punya 2 divisi aja gak akan lebih dari 15.000 orang. Nambah jadi 3 divisi aja mentoknya cuman 20.000.

  3.  

    Jumlah marinir China banyak bukan berarti mereka mematikan….cuman nakut-nakuti sajah hahahahahaha

  4.  

    Mas Lingkar ..Jangan Hoak lho mosok 300.000 PLA berevolusi menjadi TKA di negeri kita….

    •  

      Coba di cek bung, jangan2 yg di glodok itu marinir semua….xixixi

    •  

      tidak seluruhnya jd TKA, tp sebagian lho, dan saya emng ketemu langsung dengan mereka di tempat kerja saya 😀

      •  

        daerah ane juga banyak om, curiganya memang militer bukan sipil, siap2 kita dijadikan tibet jilid 2

      •  

        xaxaxa…buruh migran itu sebagai obat penganguran dek…ngapain pla jadi buruh…emang dia pengaguran apa…?
        la kita ngirim tki karna dalam negri tidak mampu memberi lapangan pekerjaan bagi warganya…jadi maka ada tki,begitu juga negara lain…kecuali usa menempatkan militernya dinegara lain baik sista maupun personilnya…!!!
        yang jadi soal dan permasalahan penempatan personil militer dinegara berdaulat harus seijin peguasa negara tersebut…kalo tidak bisa diangap mengancam kedaulatan dan keamanan negara…yang jadi pertanyaanya apa benar ada militer asing di indonesia dan apa sudah sepengetahuan para penguasa…?
        bila ada yang merasa curiga hendaknya segera melapor kepihak pihak yang berwenang,agar bisa ditindak lanjuti…!?!!?

      •  

        menurut pengamatan saya,…. itu mungkin semacam alat pelindung para TKA cina dimana dia berada. Aku pernah nonton film mereka “Wolf Warrior 2″…persis seperti itu. ada beberapa diantara para pekerja cina di industri cina di afrika yang memang menjadi pelindung disana.

  5.  

    Semakin Farah klo PLA masuk ke NKRI jadi TKA

  6.  

    Di cannel militer sempat sempatnya nyebar hoax… Ckckkc capek liat internet jaman now

  7.  

    Waspada boleh.. Nyebar hoax jangan..

  8.  

    Kalau ada PLA nyamar, ya gebukin sajah, beres…hahahahahahaha

 Leave a Reply