Pentagon Setuju Menjual 17 Helikopter CH-47F ke Spanyol

32
Para prajurit bersiap menaiki helikopter angkut medium model CH-47F Chinook Fox di NTC, California © US Army via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Angkatan Bersenjata Spanyol telah memesan sebanyak 17 unit helikopter angkut militer berjenis CH-17F “Chinook” dari perusahaan Boeing, Amerika Serikat dengan perkiraa biaya sekitar $ 1,3 miliar.

CH-47F adalah versi terbaru dari CH-47 Chinook yang ada di mana-mana. CH-47A mencapai operasional bersama Angkatan Darat AS di tahun 1962 dan menjadi “kuda pekerja” untuk transportasi udara sejak saat itu.

CH-47F terbaru dikembangkan oleh Boeing berbasis versi CH-47D. CH-47F memiliki mesin baru, peningkatan airframe dan avionik terbaru. Helikopter ini terbanng perdana pada tahun 2001. Produksi massalnya sendiri dimulai tahun 2006. Helikopter CH-47D yang ada dapat ditingkatkan menjadi standar CH-47F.

Pada hari Rabu, 4 April 2018, Departemen Luar Negeri AS melalui Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan (DSCA) telah mengambil keputusan untuk menyetujui penjualan helikopter angkut militer CH-47F tersebut ke Spanyol.

Dalam rilis tersebut, DSCA menyebutkan telah mengizinkan untuk menjual:

  • 17 helikopter kargo CH-47F dengan modifikasi unik pelanggan
  • 21 Common Missile Warning System (CMWS) AN/AAR-57A (V) 8
  • 42 Embedded Global Positioning System (GPS) Inertial Navigation System (INS)
  • Aircraft Survivability Equipment (ASE)

Juga termasuk sejumlah peralatan misi, perangkat keras dan layanan yang diperlukan untuk menerapkan modifikasi unik pelanggan, komunikasi, alat navigasi termasuk radio multi-mode AN/ARC-231, radio SINCGARS AN/ARC-201D, radio HF AN/ARC-220, dan Identifikasi Teman atau Musuh (IFF), AN/AAR-57A (V) 8, serta set pendeteksi sinyal dari radar (RSDS)S.

Selain itu juga peralatan khusus dan alat uji, peralatan pendukung darat, suku cadang mesin dan airframe, data teknis, publikasi, MWO/ECP, bantuan teknis, dan termasuk elemen terkait lainnya (dukungan logistik dan program). Nilai total kesepakatan yang diperkirakan adalah sebesar $ 1,3 miliar.

9 KOMENTAR