Dec 012015
 
militer

ilustrasi

Jakarta – Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen TNI Tatang Sulaiman telah mendapat informasi soal dugaan penghadangan dan penyanderaan dua anggota TNI AD di wilayah Membramo oleh sekelompok orang bersenjata yang diduga anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM).

“Ya memang Mabes TNI telah mendapat informasi soal dugaan adanya penyanderaan terhadap dua orang anggota TNI saat melakukan patroli di wilayah Membramo Papua”, kata Tatang Sulaiman saat dihubungi Sindonews, Senin malam (30/11/2015).

Namun Jenderal berbintang dua ini mengaku masih mengklarifikasi informasi tersebut ke pihak Kodam VII/Cendrawasih.

“Info awalnya baru dari laporan siaga ada tiga anggota Kodim di Papua yang dihadang sekelompok bersenjata lalu terjadi kontak. Tapi saya belum mendapat laporan resmi dari Pangdam VII/Cendrawasih terkait informasi ini, ” timpal Tatang.

Menurut dia, pihak Mabes TNI terus melakukan koordinasi terhadap Kodam VII/Cendrawasih terkait hal tersebut.

“Mungkin karena tempatnya jauh di pedalaman sementara jaringan telepon selular sulit makanya, pihak Pangdam belum melapor ke Mabes TNI, ” kata Tatang.

Perwira tinggi TNI ini mengaku akan memberikan informasi jika telah mendapat kabar dari Pangdam VII/Cendrawasih Mayjen TNI Hinsa Siburian terkait hal tersebut.

Sindonews.com

  31 Responses to “Penyanderaan Perwira TNI di Papua”

  1. cuma butuh 5 menit buat ngebebasin.. katanya.

    • Sikaaat habis sampai akar2nya agar tdk ada duri dalam daging..
      Klo perlu sikat negara yg memberi senjata pd pemberontak…
      PERSETAN masalah HAM toh selama ini yg membiayai organisasi2 HAM adalah pelanggar HAM YG SELALU MENEGAKKAN HAM (“KATANYA”)….
      KEDAULATAN DAN KEUTUHAN NKRI HARGA MATI.(TITIK)

    • judul ama cerita nya?????

  2. Wah,bahaya nih,kok bisa perwira jadi sandera….mudah”an cepet di bebaskan…

    • Ngak ada yang berani bilang teroris opm yaa. Beda sama turki yang menganggap PKK kurdi organisasi teroris.

      • Saya punya tman akrab satu kampus org papua. Dia berasal dari jayapura. Saya pernah bertanya padanya apakah dia mendukung papua merdeka. Dan dia dgn sedikit ragu mengatakan iya. lalu saya bertanya kenapa? dia menjawab karna papua dijadikan anak tiri di Indonesia. Selama berpuluh tahun bergabung dgn Indonesia pembangunan tak pernah meningkat di papua, sedangkan sumber daya alam dikeruk abis dibawa ke jawa semua. lalu saya menjawab: daerah saya juga gak maju2 amat .kalo dilihat perbandingannya jalannya saja, kalo jalan desa2 di jawa lebih bagus daripada jalan kabupaten dan provinsi di sumut sana. Tapi aku tetap cinta NKRI, makanya abis tamat kuliah kita balik ke kampung dan membangun daerah kita. lalu saya berkata jika suatu saat ada perang aku di pihak NKRI dan papua, apakah kau akan membunuhku.? Dan dia diam lama dan menganti topik lain.

        intinya teman2 byk hal2 yg dirasakan teman yg tinggal di jawa tetapi tidak dapat dirasakan oleh org luar. Saya harap teman2 jgn hanya menjudge dari luar tapi lihat apa sebenarnya yg terjadi dalam hidup mereka. Saya rasa juga utk media nasional utk saatnya berubah jgn hanya berita yg terjadi di jawa aja trus yg putar. Ayo putar jga berita yang terjadi diluar jawa.
        Mudaha2an selama pemerintah pak Jokowi bisa membangun Indonesia lbh baik.
        NKRI harga mati

  3. kenapaya opm tdk dihajarTNI kayak jaringan santosos ???

    • ada freeport bung….

      • freeport lg, freeport lg ternyata bener kata guru saya bahwa “kekayaan alam hanya akan jd kutukan bila tdk dibarengi dengan SDM yg memadai” salam kenal @ bung bhineka_pancasila

        • (Kisah nyata) Saya punya tman akrab satu kampus org papua. Dia berasal dari jayapura. Saya pernah bertanya padanya apakah dia mendukung papua merdeka. Dan dia dgn sedikit ragu mengatakan iya. lalu saya bertanya kenapa? dia menjawab karna papua dijadikan anak tiri di Indonesia. Selama berpuluh tahun bergabung dgn Indonesia pembangunan tak pernah meningkat di papua, sedangkan sumber daya alam dikeruk abis dibawa ke jawa semua. lalu saya menjawab: daerah saya juga gak maju2 amat .kalo dilihat perbandingannya jalannya saja, kalo jalan desa2 di jawa lebih bagus daripada jalan kabupaten dan provinsi di sumut sana. Tapi aku tetap cinta NKRI, makanya abis tamat kuliah kita balik ke kampung dan membangun daerah kita. lalu saya berkata jika suatu saat ada perang aku di pihak NKRI dan papua, apakah kau akan membunuhku.? Dan dia diam lama dan menganti topik lain.

          intinya teman2 byk hal2 yg dirasakan teman yg tinggal di jawa tetapi tidak dapat dirasakan oleh org luar. Saya harap teman2 jgn hanya menjudge dari luar tapi lihat apa sebenarnya yg terjadi dalam hidup mereka. Saya rasa juga utk media nasional utk saatnya berubah jgn hanya berita yg terjadi di jawa aja trus yg putar. Ayo putar jga berita yang terjadi diluar jawa.
          Mudaha2an selama pemerintah pak Jokowi bisa membangun Indonesia lbh baik.
          NKRI harga mati

  4. Usulan , setiap anggota TNI yang bertugas di wilayah panas seperti ini untuk di berikan “microchip transsmitter” yang tertanam di tubuh mereka, dan bisa di akses “via satelit”,. sehingga hal-hal seperti ini bisa cepat di antisipasi.

    Di suatu negara Amerika Latin sudah di aplikasi dalam meng antisipasi penculikan anak….meski zonder “via satelite”…

  5. Pendekatan kesejahteraan masyarakat papua harus segera dipacu, sehingga kesadaran masyarakat papua sebagai bagian dari NKRI dapat tumbuh, sisanya OPM yang menolak NKRI bereskan.
    Pelepasan tapol papua merupakan langkah keliru, terlalu terburu-buru.
    Mengapa ekskalasi ini meningkat jelang pengajuan perpanjangan kontrak Freeport?
    Pemerintah wajib lebih waspada.

  6. Solusi lawan OPM :

    DRONE

  7. Sssst…. jangan pada bahas freeport ntar bom waktu meledak….dan papua mau merdeka kayak timor leste….

    Amerika sudah punya bom waktu yang siap di picu….Freeport itu penuh dengan kepentingan CIA sejak jaman bung karno….John F keneddy di bunuh dan bungkarno lengser di duga akibat ulah CIA demi Freeport ini…

  8. Knp disebut OPM sih, jok ngga disebut teroris aja, ??

    • yang ne saya setuju. wong kerjanya neror aparat dan masyarakat dengan gertakkan mau merdeka

    • mgkn kl disebut teroris, negara asing akan berlomba2 mengirimkan militernya ke papua dengan alasan ikut serta dalam usaha pemberantasan teroris secara global, pdahal ada niatan tersembunyi, investigasi dan penyusupan kekuatan2 asing ke bumi papua yg kita cintai demi..

  9. sudah saatnya TNI lebih tegas,,,naikkan status dari OPM ke teroris selagi dunia tengah disibukkan dgn aksi terorisme,,,OPM dari waktu ke waktu semakin kurang ajar,,basmi habis sampai ke akarnya biar pembangunan di papua berjalan lancar,sebaiknya jabatan strategis sprti gubernur,bupati,camat dihandle sama TNI aja,,,papua trll rawan konflik dan seharusnya diterapkan daerah operasi militer untuk melindungi warga sipil yg seringkali dibuat resah oleh aksi anarkis opm,,,pemerintah jgn trll lunak menghadapi papua jika mau membasmi pemberontakan dan teror yg sering terjadi di papua

  10. kok tambah kurang ajar nih pemberontak. semua pasukkan di sana harap waspada bung biar gak ada peristiwa kek begini lagi.

  11. Sudah waktunya TNI bertindak secara keras & tegas serta serius dalam membasmi terrorist OPM, basmi Terrorist OPM dan antek2nya ( pribumi, maupun asing ) sampai musnah, persetan dgn ASU & Aushit serta HAM jadi2an, ……………….. jgn jadi ber larut2 begini, sebab membahayakan NKRI !!!

  12. sebutan yang benar adalah GPK PAPUA bukan OPM

    tubi tukinyut

  13. gak ada sinyal katanya

  14. para TERRORIS PAPUA harus segera di lenyapkan dari bumi pertiwi, ayo dong kopassus mana kopassus??? katanya salah satu yg terbaik didunia masa ngadepin teroris papua gak mampu??? mana komando pasukan gabungan yg katanya super hebat mana????

  15. Apa ini gak ada hubungannya dengan Freport yak? Ngayal……

  16. papua klo banyak ulah mending diblokir saja dari program pembangunan,,tutup media lokal dan asing lalu berantas pemberontak,,,jgn lagi menaruh kasihan,serang habis”an pakai tukino yg sll tersenyum itu

  17. kalau pemerintah cerdas, seharusnya OPM sdh masuk daftar teroris yg wajib diburu oleh densus 88, jangan cuma muslim radikal tok disebut teroris, kelakuan OPM menculik, membunuh, menyandera, menembak itu termasuk TEROR !

    kalau OPM statusnya teroris HAM tidak berlaku.

  18. Biasakan mengatakan OPM dengan Terroris !!! TERORIS PAPUA

  19. BIANGNYA ADA DI JKTA

 Leave a Reply