Okt 292016
 

Laporan hasil investigasi insiden tabrakan dua helikopter CH-53E Super Stallion yang menewaskan 12 anggota Marinir Hawaii menyatakan kesalahan diakibatkan kesalahan pilot helikopter.

Pada 14 Januari, dua helikopter CH-53E Super Stallion dengan 12 anggota Marinir didalamnya bertabrakan diatas Oahu saat melakukan penerbangan malam. Helikopter Pegasus 31 dan Pegasus 32 yang terbang beriringan, ketika helikopter paling belakang Pegasus 32 tebang lebih cepat pada ketinggian yang sama dari helikopter Pegasus 31 didepannya. Disaat bersamaan Pegasus 31 ternyata berbelok tajam kekiri yang mengakibatkan kedua helikopter akhirnya bertabrakan pada ketinggian 457 meter, ungkap Program Pelaporan Investigasi University of California, Berkeley yang bekerja dengan keluarga korban.

Hasil laporan juga mengungkapkan, pilot helikopter minim kemampuan penerbangan malam hari, juga keduanya disinyalir belum mahir menggunakan kacamata night-vision.

Sementara itu Letnan Kolonel Curtis L. Hill, juru bicara Korps Marinir Pasifik, mengakui penyebab utama kecelakaan adalah human error. Menurut penyelidikan pihaknya, ditemukan helikopter gagal mempertahankan jarak yang aman selama penerbangan, juga kondisi minim cahaya membuat pilot sulit menyadari penurunan cepat salah satu helikopter sehingga menyebabkan tabrakan.

Penyebab lainnya adalah rendahnya kesiapan helikopter sehingga menyebabkan rendahnya kemampuan pilot, faktor manusia, dan kurangnya skuadron helikopter melakukan latihan praktik penerbangan dasar. Hasil penyelidikan juga menemukan kondisi material helikopter CH-53 helikopter yang terdegradasi karena faktor usia dan pemakaian yang keras selama perang di Irak dan Afghanistan.

Setelah kecelakaan itu, Korps Marinir meng-grounded helikopter CH-53E Super Stallion dari pelatihan di Hawaii selama 19 hari dan menarik helikopter yang sedang ditugaskan di Australia.

Bagikan:

  6 Responses to “Penyebab Tabrakan Helikopter Super Stallion Karena Human Error”

  1.  

    Waduh tabrakan …ko bisa ya…kan diudara…karena ga ada relnya kali….

  2.  

    Human error ya. Sekali jatuh 2 unit.

  3.  

    Human error ya.

  4.  

    o gitu..

  5.  

    Jadi keingetan kasus gagalnya pembebasan sandera di Iran…

 Leave a Reply