Penyelesaian BRP Davao Del Sur Angkatan Laut Filipina Capai 91 Persen

Kapal jenis strategic sealift vessel (SSV) BRP Davao Del Sur (LD-602).

Juru bicara Angkatan Laut Filipina, Kapten Lued Lincuna, mengatakan bahwa kapal jenis strategic sealift vessel (SSV) kedua BRP Davao Del Sur (LD-602) telah mencapai 91 persen dan segera dikirimkan sesuai jadwal pada bulan Mei 2017.

Saat ini, PT PAL Indonesia sedang memasang sistem navigasi, dek dan peralatan teknik di SSV kedua Angkatan Laut Filipina tersebut.

“Instalasi navigasi, dek, dan peralatan teknik sedang berlangsung. Saya tidak tahu persentase yang tepat terkait penyelesaian, namun kapal itu pasti akan (berada di Filipina) pada bulan Mei 2017,” ujar Kapten Lued kepada Philippine News Agency.

BRP Davao Del Sur (LD-602) telah diluncurkan pada bulan September lalu. Kapal itu merupakan saudara dari kapal BRP Tarlac (LD-601) yang saat ini telah ditugaskan menjadi kapal perang Filipina.

Sama seperti BRP Tarlac, SSV terbaru Angkatan Laut Filipina ini juga akan berfungsi sebagai kapal komando-dan-kontrol, terutama dalam memberikan bantuan kemanusiaan dan bencana, serta akan berfungsi sebagai sealift militer dan kapal pengangkut.

Sumber: Update Philippines