Jun 042014
 
mt-jelita-bangsa

Kapal Tanker Jelita Bangsa yang mengubah rute pengiriman minyak (photo: fleetmon.com)

Jakarta – Bea dan Cukai Kepulauan Riau, bersama dengan Kepolisian dan Satgas BBM, menangkap dan menggagalkan penyelundupan BBM dan minyak mentah terbesar sepanjang sejarah Indonesia.

“Tadi subuh kita bersama Satgas BBM, KP4, dan Bea Cukai Kepulauan Riau berhasil menangkap penyelundupan BBM terbesar dalam sejarah republik ini,” ungkap Kapusdik Reskrim Polri Kombes Pol Alex Sampe, Rabu (4/6/2014).

Kombes Pol Alex mengungkapkan, sebanyak 59.888 metrik ton BBM masih berada di dalam kapal tanker penyelundup, dan 650.000 ton yang sudah dijual ke kapal-kapal juga berhasil diamankan. Kapal ditangkap di perairan Karimun.

“Semua kapal kita tahan, termasuk yang 650.000 ton yang berhasil dijual ke kapal-kapal kita sudah tangkap semua, kita tangkap di sekitar perairan Karimun,” ujarnya.

Kombes Alex menambahkan, minyak yang diselundupkan tersebut ada yang berupa BBM ada pula yang masih dalam bentuk minyak mentah. Nilai dari minyak yang akan diselundupkan tersebut diperkirakan mencapai triliunan rupiah.

“Jumlahnya besar, triliunan, minyak-minyak kita ini mau diselundupkan ke luar negeri dan ke kapal-kapal yang tidak boleh menggunakan BBM subsidi. Yang mau diselundupkan ini mulai dari solar subsidi sampai minyak mentah,” tegasnya.

Penangkapan dilakukan saat kapal tanker tersebut sedang bernegosiasi harga dan sudah menyalurkan minyak mentah kurang lebih sebanyak 1.000 ton ke kapal lainnya.

“Kita tangkap saat mereka lakukan transaksi kencing 1.000 ton minyak mentah ke kapal MT Ocean Maju,” ungkapnya.

Minyak mentah tersebut berasal dari sumur Chevron Dumai,yang akan dikirim ke kilang Balongan milik Pertamina. “Muatan minyak mentah dari Chevron Dumai untuk PT Pertamina Balongan, tercantum dalam manifest,” ujarnya.

Kapal MT Jelita tersebut harusnya mengirim minyak ke Balongan. Namun dalam perjalanan dibelokkan ke perairan Malaysia untuk diselundupkan ke Malaysia.

“Kapal itu ada GPS-nya, ternyata dia belok ke perairan Malaysia untuk diselundupkan ke Malaysia. Di perjalanan bertemu serta bernegosiasi dengan MT Ocean Maju dan dilakukan transer secara ship to ship atau dikencingkan dari MT Jelita Bangsa ke MT Ocean Maju dengan jumlah kurang lebih 1.000 ton minyak mentah dan diakui asal cargo muatan dari MT Jelita Bangsa,” ujar Kombes Alex. (finance.detik.com)

  104 Responses to “Penyelundupan BBM Terbesar Indonesia”

  1.  

    Ini adalah sebagian yg saya kutip dari pernyataan Bpk Abraham Samad dalam rakernas salah satu partai tahun 2013. Intinya adalah beliau mengatakan….

    “Korupsi merajalela diantaranya setiap tahun duit negara hilang Rp 7.200 triliun digondol maling sindikat mafia migas” (nah silahkan anda bayangkan, jangan bengong ya).

    “lemahnya regulasi untuk melindungi sumber daya energi Indonesia. Menurut beliau dari 45 blok migas (minyak dan gas bumi) yang saat ini beroperasi di Indonesia, sekitar 70 persen di antaranya dikuasai oleh kepemilikan asing. Kondisi semakin parah karena banyak pengusaha tambang di Indonesia yang tidak membayar pajak dan royalti kepada negara. Dalam perhitungan KPK, potensi pendapatan negara sebesar Rp 7.200 triliun hilang setiap tahun karena penyelewengan dalam pengelolaan migas tersebut”.

    “apabila dibagi ke seluruh rakyat, maka pendapatan rakyat Indonesia per bulan bisa mencapai Rp 20 juta”. (cetarrr sekali bukan..!?)

    Setelah ini coba anda baca pasal 33 UUD 1945 cukup ayat 1-3 saja. Lalu apa yg akan anda katakan….?

    Selamat merenung……..

    Note: terima kasih kepada bung @Diego yg telah memasukan artikel beliau dalam folder “kriminalitas”.

  2.  

    @ PapaAugusta

    om agusta KPK berani apa ngak periksa ini…

    http://www.youtube.com/watch?v=eQccDBIBsYg

    ini yang di laporkan…dan sudah di ketahui publik

    rasa2 nya sih yang belum di ketahui masih banyakkkkk..

    •  

      Ibu okelah…. saya tidak bisa jawab karena hanya KPK yg bisa menjawabnya.. Beliau hanya memaparkan kondisi dan fakta mengenai masalah tsb.

      *Sebentar ya bu nanti saya liat video nya, saya lg pakai ponsel. (Bad conn while streaming)

    •  

      Hmmm video yg cukup kreatif tp kurang kerjaan menurut saya 😛 “50 orang terkaya di negara kita versi forbes”
      Bagi saya itu hanyalah data berdasarkan hitam diatas putih. “hanya bisa melihat apa yg mereka makan, tetapi tidak tahu apa yg ada didalam perut mereka”.
      kalau menurut saya bila memang mereka2 terlibat korup, pencucian uang, penggelapan pajak, bisnis ilegal, ataupun monopoli dsb dsb…saya rasa penegak hukum harus berani mengusutnya disertai dengan bukti yg jelas. Walaupun yg notabene “mereka2 adalah para pemain penggerak, perputaran bisnis dan penguasa pasar modal/saham lhoohh”.

      Soo…menurut bu okelah gimana..? 😉

      •  

        saya rasa..KPK…ngak berani,..

        #mereka2 adalah para pemain penggerak, perputaran bisnis dan penguasa pasar modal/saham lhoohh#

        ia betul .!!..lihat cara GAME permainan mereka..
        di HK,NY,LONDON…etc
        kata banyak orang SINDICAT nih yeeeeee

  3.  

    kebanyakan dan hampir semua kapal tanker adalah maling miyak,

 Leave a Reply