May 252017
 

(NASA)

Washington – Seorang wanita California ditangkap pada hari Selasa, 23/5/2017 atas tuduhan federal berkomplot untuk membeli dan secara ilegal mengekspor teknologi komunikasi ruang angkasa yang sensitif ke China yang merupakan negara asal wanita tersebut, Departemen Kehakiman AS mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Si Chen, yang juga dikenal sebagai Cathy Chen berumur 32 tahun, dapat menghadapi hukuman penjara hingga 150 tahun jika terbukti bersalah atas semua dakwaan yang diajukan dalam dakwaan 14 kali yang diajukan kepadanya oleh seorang juri federal pada tanggal 27 April, kata departemen tersebut.

Chen, penduduk pinggiran kota Los Angeles di Pomona, dituduh melanggar Undang-Undang Kekuasaan Ekonomi Darurat Internasional, yang mengendalikan ekspor barang dan teknologi tertentu dari Amerika Serikat.

Secara khusus, dakwaan tersebut menuduh Chen membeli dan menyelundupkan materi sensitif ke China tanpa mendapatkan lisensi ekspor yang diperlukan, termasuk komponen yang biasa digunakan dalam pengacak komunikasi militer.

Dia juga dituduh menyelundupkan perangkat yang biasanya digunakan dalam aplikasi komunikasi antariksa, dan memalsukan dokumen yang digunakan dalam pengiriman barang-barang tersebut ke dalam daftar hanya seharga sekitar Rp 6.750.000, padahal nilai sebenarnya lebih dari Rp 1,3 miliar.

Ekspor yang dipermasalahkan berasal dari bulan Maret 2013 sampai Desember 2015.

Selain berbagai pelanggaran terkait ekspor, Chen didakwa melakukan persekongkolan, pencucian uang, membuat pernyataan palsu mengenai aplikasi imigrasi dan menggunakan paspor palsu, menurut Departemen Kehakiman.

“Undang-undang ekspor federal dirancang untuk melindungi kepentingan Amerika dengan mencegah penyebaran teknologi yang mungkin jatuh ke tangan yang salah,” kata juru bicara AS Sandra Brown dalam sebuah pernyataan.

Chen dijadwalkan mengajukan banding pada hari Selasa di Pengadilan Negeri AS.

Antara / Reuters

  17 Responses to “Penyelundupan Teknologi Ruang Angkasa ke China”

  1.  

    Kubu Bumi Bulat vs Kubu Bumi Datar.
    MULAI !

  2.  

    Namanya juga butuh duit apapun bisa dilakukan

  3.  

    Ini persis seperti kejadian pencurian data Pespur AS yg disebar untuk china,
    Uniknya keturunan China juga yg nyuri datanya..
    Mungkin AS harus ikut sistem China yg terapkan hukuman MATI ke pelaku spionase begini, saya yakin Pemerintah China gk marah kok..
    Setia banget keknya keturunan china sm negara asalnya kakek moyangnya, padahal hidupnya di negara orang..

  4.  

    lagi2 warga naturalisasi
    seperti dulu dgn teknologi icbm hulu ledak nuklir w-88 dan teknologi MIRV

    kalau di pantau intel nanti ada yg teriak2 rasis dan viktimisasi lagi
    proses pengadilannya pasti juga sama akan terkebiri seperti di pertengahan 2000an

    Amoy2 memang berbahaya
    bahkan yg tuwir2 seperti kepala Fbi dan mbah bowo ikut terperangkap sarang madu

  5.  

    baksoo..tuh udah siap sono makan dulu..cin

  6.  

    Hmm, mungkin ini yg maksud panglima TNI,
    “Tapi bukan punya kami.. “

  7.  

    Sorry kalo agak sedikit rasis. Kira2 suku apa yang korupsi BLBI ?

    •  

      Kalo “SDj” yang kala itu menjabat sbg gubernur BI itu berasal dari ras apa bung ersat?

    •  

      Kayaknya kalo keturunan Arab disembah bener oom… kalo keturunan china kok keliatannya hina banget, tuh banyak atlet keturunan china, membela merah putih gak pake nanya dulu… btw, di negara ini, mana boleh cewek Arab nikah sama lokal padahal seiman.. aaah sudahlah…

 Leave a Reply