Jul 282018
 

Kal Pulau Bungaran II-4-23 diperuntukkan mendukung Lanal Ranai dan Kal Pulau Labengki II-6-28 mendukung Lanal Kendari.

Batam, Jakartagreater.com – Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Yudho Margono, S.E., M.M, menghadiri Penyerahan dan Pengukuhan Komandan KAL 28 yakni Kal Pulau Bungaran II-4-23 dan Kal Pulau Labengki II-6-28, bertempat di Galangan kapal PT. Kumala Shipyard Batam.

Kal Pulau Bungaran II-4-23 diperuntukkan mendukung Lanal Ranai dan Kal Pulau Labengki II-6-28 mendukung Lanal Kendari. Kal Pulau Bungaran II-4-23 dikomandani oleh Kapten Laut (P) Muhammad Yusuf NRP 18416/P dan Kal Pulau Labengki II-6-28 dikomandani oleh Kapten Laut (P) Lukman Hakim.

Riwayat Singkat Kal Pulau Bungaran dan Kal Pulau Labengki.

Kal P. Bungaran dan Kal P. Labengki dibangun berdasarkan kontrak antara PT. Infinity Global Mandiri dengan Kabaranahan Kemhan nomor kontrak : Trak/1407/XI/2016/APBN-P tanggal 08 November 2016 . Kapal tersebut memiliki data teknis :

  1.  Panjang          : 28,34 M
  2.  Lebar               : 5,85 M
  3.  Tinggi              : 3,20 M
  4.  Sarat Air          : 1,25
  5.  Dispacement  : 70 Ton
  6.  Kec. Ekonomi : 18 Knot
  7.  Kec. Max          : 28 Knot
  8.  Endurance       : 3 – 4 Hari.
  9.  Personel           : 15 orang.

Berdasarkan keputusan Kepala Staf Angkatan Laut nomor Kep/1141/VI/2017, 2 Unit Kal 28 M hasil pengadaan Kementrian Pertahanan TA 2016 ini resmi diberi nama Kal P. Bungaran dan Kal P. Labengki serta ditetapkan sebagai Kapal Angkatan Laut.

Pemberian nama Kal 28 M tersebut terinspirasi dari Pulau wilayah operasi dan Pangkalan kedua Kapal tersebut. Kal Pulau Bungaran berpangkalan di Lanal Ranai sedangkan Kal Pulau Labengki berpangkalan di Lanal Kendari.

Pulau Bungaran merupakan Pulau besar diantara pulau-pulau kecil yang ada dikawasan Kabupaten Natuna Provinsi Kepulauan Riau dan di Pulau tersebut terdapat Ibukota Kabupaten Natuna. Pulau Bungaran memiliki obyek wisata alam yang sangat menarik, sedangkan di Perairan Bungaran terdapat spesies ikan langka yaitu ikan Ketipas (Napoleon Cheilinus Undulatus) yang merupakan slah satu komoditi ekspor andalan Kabupaten Natuna.

Pulau Labengki terletak di desa Labengki Kecamatan Lasoo Kabupaten Konawe Utara Suawesi Tenggara. Pulau Labengki terkenal dengan keindahannya yang menyamai Raja Ampat, terdiri dari karang-karang besar yang menjulang diatas Samudra diberbagai titiknya.

Acara penyerahan ini merupakan penyerahan materiel kontrak berupa dua unit KAL 28 M secara berjenjang dari PT. Invinity Global Mandiri kepada Kementerian Pertahanan dan diteruskan kepada TNI AL dalam hal ini diterima oleh Aslog Kasal, dari Aslog Kasal diserahterimakan kepada Aslog Panglima Armada I dan Armada II dan dari Aslog Panglima I dan Armada II kemudian diserahkan kepada Komandan Lantamal IV dan Komandan Lantamal VI.

Hadir pejabat TNI AL dalam acara Penyerahan dan Pengukuhan Komandan KAL 28 yakni Kal Pulau Bungaran II-4-23 dan Kal Pulau Labengki II-6-28, tersebut antara lain adalah :

  1. Kabaranahan Kemhan Laksda TNI Agus Setiadji, Aslog Kasal Laksda TNI Mulyadi S.Pi.,M.A.P.
  2. Pangkoarmada I Laksda TNI Yudo Margono, SE., MM., Kadisadal Laksma TNI Prasetya Nugraha.
  3. Kadismatal Laksma TNI Kasih Prihantoro S.E.,M.M,.M.Tr (Han), Kadislaikmatal Laksma TNI Sudarmono S.E., M.M.
  4. Kapusada Marsma TNI Budi Prasetyono, Kapuskod Laksma TNI Sri Yanto.
  5. Kapuslaik Laksma TNI Edy Sulistyadi, Danlantamal IV Laksma TNI R. Eko Suyatno.
  6. Laksma TNI Purn Ferry Sidjaja, KS Danguskamla Koarmada I, Aslog Pangkoarmada I
  7. Kasubdis Dalada Disadal, Danlanal Kendari Kolonel Laut (P) I Putu Dratim.
  8. Danlanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setiawan, S.E. dan Danlanal Batam Kolonel Laut (E) Iwan Setiawan.
  9. Direktur PT. Infinity.

Diharapkan kedua Kal 28 ini dapat mendukung pelaksanaan tugas2 keamanan laut di jajaran Lantamal IV Tanjungpinang dan Lantamal VI Makasar, khususnya bagi Lanal Ranai dan Lanal Kendari dalam melaksanakan patroli di wilayah kerjanya. (tnial.mil.id).

jakartagreater.com

  One Response to “Penyerahan dan Pengukuhan Komandan KAL 28”

  1.  

    Tambah terus armadanya