Jun 212016
 

Hubungan Indonesia dan China kembali memanas. Optimisme yang dibawa Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan sekembalinya dari melawat ke China April lalu, bahwa Indonesia-China sepakat menurunkan tensi di perairan Natuna, sirna seiring insiden terbaru antara kedua negara.

Ketegangan hubungan kedua negara itu meningkat pasca China melayangkan protes kepada pemerintah Indonesia atas aksi penembakan terhadap kapal nelayan mereka di perairan Natuna, Senin (20/6). Insiden bermula ketika Kapal Perang TNI Angkatan Laut (KRI) Imam Bonjol-383 yang sedang berpatroli pada Jumat pekan lalu, 17 Juni, menerima laporan intai udara maritim bahwa ada 12 kapal ikan asing sedang mencuri ikan di Natuna.

Hubungan Indonesia-China kembali memanas pasca insiden penambakan kapal nelayan China oleh Kapal Perang TNI AL pekan lalu.

Hubungan Indonesia-China kembali memanas pasca insiden penambakan kapal nelayan China oleh Kapal Perang TNI AL pekan lalu.

KRI Imam Bonjol di bawah Komando Armada RI Kawasan Barat lantas bergerak mendekati kedua belas kapal tersebut. Namun saat didekati, kapal-kapal itu kabur. KRI Imam Bonjol pun memburu kapal-kapal tersebut dan melepas tembakan peringatan. Dari sejumlah tembakan, satu mengenai kapal berbendera China dengan nomor lambung 19038.

Tembakan itu, menurut China, melukai satu nelayan mereka. Pemerintah China pun mendesak Indonesia untuk tak mengambil tindakan yang dapat memperumit Indonesia.

Perairan Natuna di barat daya Kalimantan selama ini memang kerap menjadi ‘medan perang’ Indonesia dan China. Wilayah yang berhadapan dengan Laut China Selatan itu menyimpan catatan deretan insiden antara kapal kedua negara.

Perang urat syaraf mengikuti tiap insiden yang terjadi. Saat pemerintah China melempar protes, Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Susi Pudjiastuti justru membalas dengan memuji sikap tegas TNI AL menembak kapal China, melalui akun twitternya.

“Jalesveva Jayamahe,” kata Susi menyerukan slogan TNI AL yang berarti, Di lautan kita jaya. “TNI AL sudah betul menjaga kedaulatan laut kita (Indonesia) beserta isinya. Penembakan itu pasti sudah sesuai prosedur,” ujar Susi.

SIkap Kapal Perang TNI AL mendapat pujian dari Menteri Susi melalui twitternya.

SIkap Kapal Perang TNI AL mendapat pujian dari Menteri Susi melalui twitternya.

Mei lalu, Menteri Susi menegaskan sumber daya yang terkandung di Laut Natuna ialah milik Indonesia. Oleh sebab itu pihak asing yang melanggar kedaulatan wilayah itu bakal ditindak tegas. “Laut Natuna bukan milik kapal-kapal Thailand, Tiongkok, Vietnam, tapi milik kapal-kapal Indonesia,” kata Susi.

Kemarahan Indonesia atas China soal perairan Natuna bukan hal baru. Ketegangan kedua negara di wilayah itu meningkat sejak 2014. Kala itu China memasukkan sebagian perairan Natuna di Laut China Selatan ke dalam peta teritorialnya yang dikenal dengan sebutan ‘sembilan garis putus-putus’ atau nine-dashed line.

China, tiap bersitegang dengan Indonesia di Natuna, selalu berkata insiden terjadi di zona perikanan tradisional mereka. Zona versi China itu tak diakui pemerintah Indonesia. “Traditional fishing zone itu tak diakui dalam hukum internasional. Itu klaim sepihak China,” kata Susi, Maret.

Menteri Susi tegas terhadap setiap kapal asing yang kedapatan mencuri ikan diperairan Indonesia.

Menteri Susi tegas terhadap setiap kapal asing yang kedapatan mencuri ikan diperairan Indonesia.

Indonesia hanya mengakui hak perikanan tradisional (traditional fishing rights) yang diatur dalam Konvensi PBB tentang Hukum Laut (United Nations Convention on the Law of the Sea). “Satu-satunya traditional fishing rights di Indonesia hanya dengan Malaysia, sedangkan zona ekonomi eksklusif di perairan Natuna mutlak wilayah Indonesia, ” ujar Susi.

Indonesia dan China sesungguhnya sudah sempat “berjabat tangan” pascainsiden pada 19 Maret di Natuna. Kala itu kapal penjaga perbatasan China menabrak KM Kway Fey yang hendak ditangkap Kapal Patroli Hiu 11 Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. Kway Fey diduga mencuri ikan di Natuna.

Insiden itu bahkan sempat menyulut emosi Menteri Susi, pemerintah China pun akhirnya menyambangi Indonesia, disusul oleh kunjungan balasan Menko PolHuKam Luhut Binsar Pandjaitan ke China.

Sepulangnya dari China, Luhut menyatakan kedua negara sepakat menuntaskan masalah perikanan di Laut China Selatan dengan menjalin kerja sama penangkapan dan pembuatan pabrik ikan.

Jabatan Tangan Penasihat Negara China, Yang Jiechi (kanan) berjabat tangan dengan Menko Polhukam Luhut Panjaitan, di Beijing, 26 April 2016, kembali merenggang.

Jabatan Tangan Penasihat Negara China, Yang Jiechi (kanan) berjabat tangan dengan Menko Polhukam Luhut Panjaitan, di Beijing, 26 April 2016, kembali merenggang.

Kedua negara juga setuju untuk lebih menahan diri dalam menyikapi insiden. “Indonesia dan China mendukung penyelesaian masalah dilakukan dengan jalan damai agar tidak menimbulkan ketegangan kawasan,” kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Namun ucapan Luhut dan Pramono dua bulan lalu itu kini seakan ditelan angin. Indonesia dan China kini kembali terlibat kemelut terbuka di Natuna. (marksman/ sumber : cnnindonesia.com dan tribunnews.com)

  72 Responses to “Perairan Natuna, ‘Medan Tempur’ Indonesia VS China”

  1.  

    judulnya serem banget

    •  

      WARRRRRR..!!!!..INDONESIA HAS DECLARED WAR ON CHINA..!!

    •  

      Evaluasi semua kerjasama dgn tiongkok, karena sudah mulai tidak menghargai wilayah kedaulatan negara tetangga. Tiongkok menjelma negara rakus, agresor, penjajah dengan invasi kedaulatan negara tetangga. Keroyok dan isolasi semua pelayaran dan penerbangan dari dan menuju tiongkok. Permalukan di forum internasional sifat barbar tiongkok……

    •  

      lcs itu drama china dengan usa..
      akhir ceritanya..KERJA SAMA MENGELOLA DENGAN NEGARA YG MENG KLAIM…

      pasti dan yakin dah…sama aku..

      kadal buntung itu mereka….

      ha ha ha

  2.  

    membaca artikelnya dimana sih? kok di screen aku gak nampak ya?

  3.  

    Bentar lg carin sm mbah bosok muncul nih

  4.  

    Hajarrr…

  5.  

    Dengan tensi yang lumayan tinggi dan frekuensi insiden RI dgn china yang makin meningkat tampaknya akan membuat kedua negara meningkatkan kesiapan tempurnya di natuna.

    Untuk Indonesia sdh jelas arah kebijakannya yaitu kedaulatan negara adlh harga yg tdk bisa ditawar ataupun dilecehkan negara lain termasuk china meskipun mrk punya alutsista yg unggul di asia.
    Kebijakan Indonesia inipun tampaknya akan mdpt dukungan dr tetangga tetangga maupun dr organisasi internasional yg ada Indonesia di dlmnya spt OKI maupun opec.
    Untuk rusia tampaknya blm jelas arahnya mau berpihak kmn tp kemungkinan lebih besar berpihak ke Indonesia. Hal tsb krn faktor geopolitik di masa depan bhw Indonesia lebih mempunyai manfaat bg rusia drpd china.
    Untuk amrik tampaknya lebih senang berpihak ke RI terlihat dr bbrp transaksi alutsista kelas berat spt apache maupun tawaran yg lebih dahsyat lg dr amrik kpd RI.
    Asean kurang bisa diharapkan krn anggota asean lebih memilih menunggu hasil dr konflik RI china ini akan berakhir atau akan mengarah kmn krn mrk memahami akan ada dampak dahsyat dr konflik RI china.

    Kerja duluu broo

  6.  

    Menahan diri itu maksudnya apa? kalo ada yg nyuri disuruh diam saja? yg bener aja koh!

  7.  

    Oiya ada tambahan. RI justru hrs juga berhitung dgn bbrp negara sekitar yg malah akan berusaha menusuk dr belakang.
    Akan ada usaha mengambil pulau terluar, membuat chaos di wilayah rawan konflik, pengiriman intelijen besar besaran dr negra mrk ke Indonesia. Juga tak kalah pwnting hrs waspada dgn teroris yg dibiayai asing.

    Kerjaa..

  8.  

    Protas..protes..protas..protes masak cuman itu doank yg lo bs lakuin tuan jumping….hehehe….

  9.  

    Peringatan buat China, masuk kedaulatan NKRI lagi, ya tangkap saja kapalnya, lalu tenggelamkan, China protes, diplomasi RI yang harus gencar melawan. Mereka sudah sering di peringatkan ya sek mokong ae…tembakan adalah pilihan tepat oleh TNI AL.

  10.  

    Semangat bangsa ini tidak akan terkikis oleh jaman kedaulatan bangsa ini harga mati… walau kita kalah alut sista tapi bangsa kami tak gentar melawan penjajah yg mengusik kedaulatan bangsa.. kita bukan bangsa yg lemah.. bukan perti bangsa Malaysia bangsa yg suka ngemis2 ke negara orang…. salam persaudaraan Indonesia

  11.  

    Negara-negara ASEAN lain, yg bermasalah dg china dlm sengketa LCS sepertinya duduk manis sambil melihat langkah Indonesia berikutnya. Sampai saat ini belum ada semacam dukungan atau setidaknya komentar dari para pemimpin ASEAN lain dalam kasus Indonesia – china. Apakah test china di LCS, khususnya dari sisi Indonesia bisa diselesaikan dg diplomatik nan manis yg tentu dg kemenangan di pihak Indonesia atau antara china dan Indonesia sedang “menanam bom waktu Natuna” yg dikemudian hari bisa menjadi konflik terbuka? Hal seperti ini, bisa terjadi jika china tetap bersikeras memaksakan kehendak bahwa perairan ZEE sekitar Natuna sebagai traditional zona fishing, yg tentu akan dg keras pula ditolak oleh pemerintah dan segenap rakyat Indonesia. Saat ini insiden perairan Natuna antara aparat Indonesia dg nelayan china yg diback up coast guardnya masih dalam sekala kecil, belum melibatkan kekuatan laut kedua negara secara real, namun bukan berarti dikemudian hari tidak akan menjadi besar….

  12.  

    Jika mau nya china mnyebut indonesia brutal…
    Tunjukkan taring nu TNI… Tunjukkan brural mu pada kapal2 negara tetangga maupun china yg mngusik kedaulatan negara ini…
    Tembak langsung…

  13.  

    Suatu saat, China pasti akan kena azab karena keserakahannya..

  14.  

    tau gak yg seneng siapa…klo NKRI sibuk, biasanya tetangga kunyuk malon suka nusuk dari belakang WASPADALAH!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  15.  

    maka’x hrs cpt beli SU-35 & Kilo class…

    kalo cuma andal’kan alutsista yg skrg, jgn ber’harap bnyk….

    secara teori & logika dlm pertandingan resmi, per’bandingan’x 10 : 1….

  16.  

    Hidup TNI AL….
    Hidup Ibu Susi…
    Hidup NKRI…

  17.  

    Mungkin Ibu Susi yang disebut2 Joyoboyo sebagai Ratu Adil (bukan Ibu mega)

  18.  

    Su-35 dan KS Kilo sedang dalam kajian intensif … (sejak bertahun-tahun lalu) harap bersabar … terima kasih

  19.  

    tolong yang tahu jkgr versi China dibagi dan diterjemahkan ke lajur ulasan di sini, saya penasaran apa tanggapan military fanboys China … terima kasih …

  20.  

    Tadisional fishinf zone gak pernah ada, mereka masih ngotot aja brarti bener2 rakus dn gak tau diri. Solusi akhir ya lawan mereka. Naif cinak,

    Cinak tukang copi, tukang jiplak.

  21.  

    Kesepakatan Penurunan tensi di Perairan Natuna, TIDAK BERARTI nelayan2 cina bisa bebas mencuri SDA Indonesia di perairan Natuna, ……. patroli maritim Indonesia HARUS lebih Intensif dan aparat pemukul harus lebih Siaga dgn Persenjataan Lebih Lengkap !!!
    INGAT CINA ADALAH CINA SUATU BANGSA LICIK DAN TIDAK BISA DIPERCAYA !!!

  22.  

    Yang ada diajak ya rame rame nelayan cina arisan di pantai malay……
    Lalu otorita malay bilang is…… is…. is…… tak boleh tu .itu baru ada ceritanya

    Dan malay hanya tertegun di bilik termenung
    ..
    Kalau tni kwhabisan bbm belum pernah ada storynya .berita kwhabisan bbm agar para maling ikan bisa tersenyum senang sesaat.

  23.  

    ngomong opo to coeg, ndasmu!!!

  24.  

    ko dasar klaim china aneh..atas dasar peta kekuasaan zaman bahuela ko dipake zaman skarang???.kalo gitu gimana kalo turki klaim wilayah pake peta zamanny salahudin al ayub..indonesia pake petanya zaman patih gajah mada…inggris aplagi????? apa kata duniaaa..

  25.  

    Pake Parchim kapal tuir aja udah ganas, gak kebayang kalo PKR sudah jadi 10 biji.. Trus Cangbogo 12 biji….. KS Kilo 2 bungkus,…. Su 35 18 ekor…. Rafale 18 ekor…. Yakhot 100 batang,.. Roket lapan 1000 batang,.. Pasti kepercayaan dirinya TNI melambung..
    SETROONG TNI!!

  26.  

    saya bukan pendukung jokowi,amit amit ndukung wowo.saya pendukung SBY.bagi saya SBY presiden terbaik setelah sukarno(karena sukarno bagaimanapun pendiri negara ini)setelah itu ada habibie.tapi setelah jokowi eksekusi bandar narkoba,saya jadi yakin jokowi berusaha jadi presiden yang baik,apalgi dia telah setuju beli SU 35&F16 wiper dan terkahir mengangkat tito karnavian jadi kapolri saya semakin sadar,jokowi hanya ingin:JADI PRESIDEN SEBAGAIMANA MESTINYA PRESIDEN:MEMBERIKAN YANG TERBAIK UNTUK BANGSA DAN NEGARA DIDASARI NILAI NILAI KESEDERHANAAN.selamat bertugas cak Jokowi tetaplah sederhana didalam kebesaranmu

  27.  

    ooooh seperti ituuu…coba kemarin pak Jokowi gak hadir di G7. gak bakal serame itu LCS.
    Panjqng Umur sehat selalu Pak. jgn lengah jgn tertipu

  28.  

    bu Susi ini sebenarnya ga cocok jadi menteri kelautan cocoknya jadi MENHAN…..

  29.  

    Saya sebagai rakyat biasa bingung dengan pemerintah Indonesia..dengan kondisi ekonomi dan Militer yang masih memprihatinkan…kenapa harus memakai jurus kekerasan dalam menghadapi nelayan cina yang mencuri ikan dan menggunakan senjata perang untuk menangkap pencuri ikan…kenapa bukan sipil (KKP) yg diperkuat untuk atasi pencuri ikan..sedih sekali dgn strategi pemerintah saat ini..apakah rakyat indonesia harus jadi tumbal perang atas konflik militer dengan tiongkok terjadi..seharusnya perkuat dulu otot militer (MEF I & II) untuk melindungi rakyat dan kedaulatan negara..setelah mencapai kekuatan baru pamer otot militer untuk menggertak siapapun mengganggu kedaulatan NKRI..sy yakin nasionalisme rakyat indonesia sangat tinggi dan bersedia berkorban jiwa raga untuk negara dan bila betul terjadi perang dengan tiongkok saya dan seluruh rakyat indonesia akan bertarung sampai mati demi kedaulatan NKRI dan masa depan anak cucu jangan sampai indonesia terpecah dan terjajah…

  30.  

    ha ha ha…tapi tetap saja kita harus waspada dengan usa…aku mah netral…untuk kepentingan indonesia…!
    SEGERA MERAPAT DAN BERLINDUNG DI BAWAH PAYUNG NUKLIR PAKISTAN..!

  31.  

    Kapal2 kecil KKP disuruh menghadapi CG China ? KRI Kls Parchim (75 m) aja sempat dihadang CG China (105 m). Siap atau tidak, kedaulatan tidak boleh dikorbankan.

  32.  

    @ waduh
    nah loh..seadat….seagama..??OTAK KOPLAK DAN RASIS ….DIPIARA….
    BANG WADUH harus dan wajib ngafalin PANCASILA dulu deh…malu sama kucing …

    https://www.youtube.com/watch?v=xjPv_t5bRys

    malu maluin saja kamu tong..

  33.  

    @waduh

    hitung cepat ada duit setara 100 milyar dollar Amrik … dg kondisi musti tanpa pembangunan dan tanpa gaji buat aparatur, semua rakyat musti ikhlas utk hidup sederhana se tahun … jurus bertaha sambil nimpuk !
    kalo mau aman lakukan pre emptive strike sekalian … biar dpt sangu di tempat tujuan.

  34.  

    mempelajari situasi yg berkembang….
    rasanya pembentukan KOGABWILHAN itu harus dipercepat !
    minimal secara struktur komando, mapping wilayah operasi, dan berbagai bentuk procedure response terhadap ancaman keutuhan negara, response parsial dari per kogabwilhan, atau gabungan kogabwilhan.
    masalah isian alutsista bisa sambil jalan (my predict kogabwilhan baru terbentuk setelah MEDIUM ESSENTIAL FORCE berjalan atau terpenuhi)

    tidak hanya NATUNA, IRIAN pun butuh perhatian serius, belum lagi kuda hitam Malaysia dan singapore, tapi sekenario terburuk adalah Tiongkok sepakat dengan Asu untuk membagi2 wilayah NKRI.

    •  

      Analisa yang jeli bung donie..dikuairkan konflik Indonesia-Tiongkok di LCS bila sampai terjadi perang akan merembet dengan masukkan profokator untuk memecah belah NKRI. OPM dan negara pendukungnya di Papua akan punya senjata untuk memerdekakan Papua…ini yang harus diwaspadai oleh intelejen indonesia dan sekarang sudah mulai nampak dengan adanya demo2 mendukung kemerdekaan papua

      •  

        kalo kita coba menyelami cara berfikir TIONGKOK atas kepentingan expansinya..
        untuk menghadapi Negara2 Asean, tiongkok tidak mungkin memenangkan perang pisik dan menang pasca perang jika memerangi semua negara ASEAN, TIONGKOK hanya perlu memenangkan Perang pisik atas 1 – 2 dari negara ASEAN dan mebuat yg lainnya mundur atau tunduk.

        Prediksi, yg dimaksud negara itu ya NKRI, Indonesia jatuh otomatis membuat Jeeper yg lainnya,

        hal yg disayangkan jika Indonesia terlibat perang pisik diawal.. itu blunder.
        akan kehabisan SOURCE ditengah pesta.
        kalo terlibat perang untuk menuntaskan perang.. bolehlah 😀

  35.  

    mantap,siapa pun yg menganggu kedaulatan negara kita,pantas di tangkap dan di ledakin kapal nya,salut sama Presiden Joko Widodo yg dgn tegas menjaga kedaulatan Indonesia..salut Juga Buat TNI.kalau kapal induk Amrik lewat disikat juga jgn takut

  36.  

    tetap waspada, tenang namun siap atas segala sesuaty yg terjadi..

    Kata mohamad ali, terbang bagai kupu2, menggigit bagai lebah..

    jelas2 nelayan China di cover CG n AL nya.. tentu KKP & TNI AL wajib turun tangan..

    Jales Veva Jaya Mahe..

  37.  

    Menyimak Filem Ip man produksi Collywood (Chinese Hollywood)
    Yip Man 1 –> Wing Chun vs Boxing
    Yip Man 2 –> Wing Chun vs Karate
    Yip Man 3 –> Wing Chun vs MuayThai
    Akankah nanti Yip Man 4 –> Wing Chun vs Silat ???
    xixixixi

    •  

      Yip Man 3: Wing Chun vs Wing Chun

      •  

        Iya bung sebenarnya ada 3 adegan laga di Yip Man 3:
        WC vs Boxing —-> Hasil: “Imbang”, namun seakan-akan pesan yg hendak disampaikan adalah ” Saya bisa saja menang kalo saya mau sedikit curang dengan memanfaatkan kelengahan kamu (kicking below the belt).”
        WC vs MuayThai -> Hasil: Menang, pesannya “Kamu bukan tandingan saya. Sudahlah, saya maafkan kamu tapi kamu jangan ikut campur urusan saya, ok!”
        WC vs WC ——–> Hasil: Menang, pesannya “Saya tidak melayani tantangan kamu bukan karena saya takut, tapi karena bagi saya urusan keluarga adalah nomer satu. Kita masih terhitung keluarga hrsnya kamu jg bersikap seperti saya tapi kalau kamu tetap menantang, kamu tidak bisa mengalahkan saya, bro”

  38.  

    Mari qt rebus cina kutu kupret. Hancur leburkan empire cina.

  39.  

    Hancur leburkan cecunguk cina. Ayo kita rebus bersama sama dan musnahkan empire cina

  40.  

    kemarin sebelum beli multi-alusista”modern..pemerintahan sby ribut dulu dengan negeri kanguru…
    ..dan apa sekarang juga harus ribut dulu dengan cina bila pemerintahan jkw ingin beli multi-alusista baru dan canggih.. ! ! ! !
    …lalu apa memangnya wakil” rayat di parlemen-pelit tanda tangan-untuk pembelian alusista dimasa damai…hingga pemerintah harus bikin -urat otot tegang dulu…demi meluluhkan wakil” ini….hahahahaa

  41.  

    WW3

  42.  

    kalo terjadi perang dengan china, yg harus dihancurkan pertama kali dan semaksimal mungkin adalah gugus kepulauan spratly yg skr jadi markas cina di lcs. mutlak. ini untuk memperpanjang jarak tempur pesawat dan kapal2 cina ke natuna.
    harus jugabmenjalin kerjasama militerbdengan negara ygbpunya konflik dgn cina. seribu kali cina mau nyerang kalo strategi ini berjalan.

  43.  

    pertahanan rakyat semesta…

  44.  

    menurut pengamatanku itu hanya sandiwara politik..untuk menaikkan elektibilitas rezim jkw indikatornya adalah ,1,menguatkan posisi rezim untuk memastikan menang pilpres ..2.melemahkan,memecahkan konsentrasi para oposisi..3.melanjutkan dan menguatkan kerja sama antara rezim dan rezim di cina…

  45.  

    yee..buat apa mikirin yg kemaren…kalau melihat intrik2 politik rezim jkw jadi lucu sendiri..ya maklum aja pemimpin kelas kacangan hehe..

    •  

      secara kapasitas dan kapabilitas pla adalah negara dengan kekuatan militer no 3 didunia indikatornya adalah 1.senjata nuklir. 2.teknologi alusista 3.kemampuan dan pengalaman tempur hampir merata disemua lini..tapi dengan politik semuanya terlihat nyata hehe..

  46.  

    Hajar aja

  47.  

    kami rakyat indonesia tak gentar dengan mu cina ,,