Apr 222012
 

SU 30 MK2 TNI AU

Pilot TNI AU terus berlatih mencoba pertempuran udara 1 pesawat melawan 2, serta 2 melawan 4. Latihan ini sangat berbahaya, karena bisa menyebabkan tabrakan di udara. Namun TNI AU menyadari, jika tidak dilatih seperti itu, para pilot hanya jago secara teori, sehingga pembelian 16 jet tempur Sukhoi, bisa mubazir.

Untuk mendapatkan 10 jet tempur Sukhoi, Indonesia harus menungggu selama 12 tahun. Pengadaan pesawat tempur Sukhoi, dimulai semasa Presiden Megawati Soekarnoputri tahun 2000. Setelah 12 tahun, terkumpul 4 SU 27 serta 6 SU 30 MK2.

Pembelian tambahan enam jet tempur Sukhoi Su-30 MK2 dari JSC Rosoboronexport Rusia, telah ditandatangani 29/12/2011 di kantor Kementerian Pertahanan Jakarta, disaksikan Duta Besar Rusia Alexander A. Ivanov. Diharapkan tahun 2012 ini, satu skuadron Sukhoi (16 pesawat) telah terbentuk di Lanud Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan.

Lanud Hasanuddin yang dulunya sebagai Skuadron Intai (Albatros dan Hercules), telah berubah menjadi Skuadron tempur taktis. Skuadron Sukhoi ini ditargetkan mampu meladeni Mig 29 ataupun F 18 Malaysia, jika harus berhadap hadapan. Pada akhir tahun 2012, pangkalan Udara Hasanuddin ditargetkan akan memiliki 6 Sukhoi Su-27 SKM dan 10 Su-30 MK2.

KF-X/IF-X F33
Akankah Indonesia terus bergantung dengan pesawat tempur asing ? Tentu tidak. PT Dirgantara Indonesia, resmi mendirikan kantor Design Centre Program Pengembangan Pesawat Tempur KF-X/IF-X, 22/12/2011 di Bandung. Design Centre ini sebagai back-up dan mirroring sistem, dari pembangunan pesawat KF-X/IF-X, di Korea Selatan. Apa yang dikerjakan Insinyur Indonesia dalam Tim Enginering di CRDC Korea, akan dicatat di PT DI. Ini bertujuan untuk alih teknologi kepada Insinyur muda Indonesia di kemudian hari.

KFX / IFX Fighter

Pesawat KF-X/IF-X merupakan pesawat tempur multi-role generasi 4.5 (F16++) yang dirancang untuk beroperasi tahun 2020, menggantikan F 16 Indonesia. Indonesia dan Korea akan membuat 250 pesawat KFX/IFX, 50 diantaranya untuk Indonesia. Bila kerjasama Indonesia – Korsel berhasil maka pesawat tempur berkode KFX akan diberi nama F-33.

Pesawat tempur KFX ini ditargetkan mempunyai kemampuan: melakukan manuver ekstrim fly by wire, trust vectoring nozzles mampu mengubah arah semburan gas buang, terbang jelajah supersonik, menjejak target diluar batas cakrawala, serta kemampuan teknologi stealth.

Kemampuan Indonesia dalam mengembangkan pesawat tempur akan mempunyai nilai yang sangat strategis, karena tidak banyak negara yang mampu membuat pesawat tempur, serta akan mendongkrak wibawa Indonesia (Jkgr).

  22 Responses to “Sukhoi Indonesia Kawal F 33 Jet Fighter”

  1. What light of day isn’t today?

  2. ya…
    klo tk ada latihan yg seperti itu, smua pilot kita hanya jago menerbangkan sj. sementara itu pesawat tempur. mesiki tingkat kecelakaan’nya tinggi, ya harus tetap dilakaukan agar smua pilot kita bener-bener handal dalam bertarung kelak.

  3. Sudah bosan dg hal yg tidak jelas. capek. Katanya Korsel msh pertimbngkn untk beli pswat tempur stealth negara lain. Karena prkmbangan Korut skrg yg sdh bsa buat Rudal jelajah yg makin baik. Nha korsel makin bingung. Duit segede proyek KFX bsa saja langsung dibelikan stealthnya rusia atau amrik. Trus mau apa lagi Kita.? Apakah gk lebih baik kerjasama dg rusia membuat stealth dengannya? Itu kan Bagus. Teknologi Rusia udah mapan dan sdh menorehkan sejarah panjang. Lagian Amrik juga menawarkan F 35 pada Indonesia. Cuma Indonesia lo yg ditawarin pesawat secanggih itu. Karena emang baru Amerika yg boleh punya dan makai F35 skrg ini. kelu deh

    • Klo F-35 nya amrik dh byk yg pesen bro di antaranya aussie, singapore d Japan. Yg ga dijual ke negara lain tuh F 22 Raptor. Jepang pernah mengajukan penawaran akuisi F 22 tp ditolak.

    • Sok tahu lu, asbun

    • betul mendingan kerja sama industri pertahan sama rusia aja,dari pd sama korsel kalau sama korsel hanya merugikan indonesia aja

    • Indonesia tidak cenderung ke Rusia atau ke USA. Tapi Indonesia bisa dibilang mempunyai hubungan bilateral pada bidang pertahanan kepada kedua negara. Utk Rusia, pembelian 16 unit Sukhoi (6 unit SU-27 Flanker “B” dan 10 unit SU-30MK). Sedangkan utk USA, Indonesia menerima 24 unit pesawat hibah (F-16C/D Block-52 Upgrade Fighting Falcon). Jadi, tidak ada kecenderungan Indonesia lebih ke blok barat atau blok timur.

      Yang kedua, Indonesia TIDAK PERNAH ditawarkan F-35 Lightning II oleh pihak USA. Karena, USA takut bila tekhnologi yg ada pada F-35 Lightning II jatuh ke tangan Rusia melalui Indonesia. Selain itu, Indonesia juga tidak mempunyai dana yg cukup utk membawa pulang F-35 Lightning II. Karena, 1 unit F-35 Lightning II dibanderol dengan harga US$ 180 Juta/unit. Jadi, lebih baik digunakan utk membeli fighter-fighter lain daripada harus memboyong F-35 Lightning II ke Indonesia.

    • KF-X/IF-X ini dah masuk blue print om,jdi kemungkinan gagal sangattttt kecil

  4. Ga ad makan gratis as m ngasih f 35..intiya dukung pembarun alat utama negara kta jangn beli sana sini g ad yd bsa qta buat sndiri dri pemblin dngn belanda ap sudah ad kejelsn ya bln ad kn

  5. As akan membangun pangkalan perang d pulau terluar australia yg jarakny 1000km dr sumatra.pangkalan perang itu brisi kapal perang tampa awak dan kapal pengintai

  6. tenang bro arhanud tni pasti diperkuat dgn s-300 atau s-400( blum dijual tapi klo untuk tni pasti dikasih ingat jaman trikora teranyar kabeh….di gelontorin)

  7. Koreksi Admin…Klo Sukhoi itu masuk dalam kategori Tempur Strategis (TS) bukan Tempur Taktis (TT). Makanya tail number Sukhoi selalu di awali dg TS 27…atau TS 30… Yg masuk TT itu F-5, Hawk 100/200

  8. dari pada nunggu pembuatan kfx yg blm jelas,mendingan tambahin armada sukhoi ajah tanggung klo beli su-27/su30mk.kenapa ga beli 6 su-34,12 su-35,12su-37 terminator.ganti f-16 dengan 16 mig-35.jangankan malaysia,amerika akan mikir 2x untuk menempatkan pangkalan kapal induknya dipasifik….

  9. mendingan perbanyak sukhoi su-35 lah…. gw pasti bangga sekali kl indonesia punya 12 skuadron sukhoi….

  10. batal kerja samanya sama korsel, mending bikin sendiri, Habibie masih hidup kan????????

 Leave a Reply