Mar 292017
 

FCASW memiliki beberapa kesamaan dengan CVS401 Perseus, konsep rudal yang diresmikan oleh MBDA tahun 2011 di Paris Air Show. © MBDA

Hari ini (28/03/2017) di London, Inggris dan Perancis telah menandatangani kesepakatan untuk meluncurkan fase konsep gabungan dari program FC/ASW yaitu Future Cruise/Anti-Ship Weapon bersama MBDA, demikian seperti dilansir dari Navy Recognition.

Perjanjian tersebut ditandatangani oleh Laurent Collet-Billon, kepala Badan Pengadaan Pertahanan Perancis (DGA), dan Harriet Baldwin, Menteri Pengadaan Pertahanan Inggris.

Akan berjalan hingga tiga tahun kedepan, tujuan dari fase konsep adalah untuk meletakkan pekerjaan dasar dan memberi informasi kepada pengambilan keputusan Inggris dan Perancis serta kebutuhan tindakan potensial pada penilaian dan fase demonstrasi dari rudal jelajah danrudal  anti-kapal “next-gen”, dengan kemampuan operasional direncanakan akan tercapai pada akhir dekade berikutnya.

Program senilai € 100 juta untuk mengerjakan konsep FC/ASW akan dibagi rata sebesar 50/50 baik dari segi kuantitas dan kualitas konten antara Inggris dan Perancis. Upaya ini akan terlihat pada kematangan sistem dan teknologi MBDA yang akan meningkatkan survivability, jangkauan dan letalitas dari rudak anti-kapal dan rudal jelajah yang diluncurkan melalui platform tempur udara dan laut. DGA akan bertindak sebagai otoritas kontrak pada tahap konsep bersama MBDA.

Program yang didanai bersama oleh Perancis dan Inggris, FC/ASW adalah produk memiliki hubungan sangat erat dengan pertahanan Anglo-Perancis yang ditetapkan oleh perjanjian Lancaster House. Fase Konsep FC/ASW adalah langkah terbaru dalam kolaborasi yang sangat sukses antara kedua negara pada ada teknologi rudal melalui MBDA. Kerja bersama ini memungkinkan kedua negara untuk mengembangkan berbagai sistem rudal kelas dunia, seperti Storm Shadow/SCALP, Meteor, Aster dan Sea Venom/ANL. Untuk merasionalisasi pengembangan dan produksi rudal melalui organisasi “OneMBDA” serta untuk menyelaraskan upaya penelitian dan teknologi dari kedua negara di seluruh sektor industri rudal mereka melalui program MCM-ITP (Missile Components and Materials – Innovation and Technology Partnership).

Dave Armstrong, Managing Director MBDA Inggris dan Direktur Grup Penjualan dan Pengembangan Bisnis, menambahkan bahwa “FC/ASW merupakan kemampuan serangan masa depan yang mendalam di Eropa. Program ini adalah kepentingan strategis bagi MBDA, yang akan memimpin tim mengumpulkan jawara industri dari kedua negara, dan akan memastikan bahwa Inggris dan Perancis tetap menjadi ujung tombak teknologi rudal di masa depan”.

Menhan Inggris Harriett Baldwin dan Menhan Prancis Laurent Collet-Billon menandatangani perjanjian eksplorasi teknologi rudal masa depan dengan MBDA (28/03/2017). © MBDA

Tentang FC/ASW

Tahap konsep Program FC/ASW bertujuan untuk mengidentifikasi solusi untuk mengganti rudal jelajah Storm Shadow/SCALP, rudal Exocet dan rudal Harpoon yang dimiliki oleh Prancis dan Inggris. Fase konsep ini dibangun sebagai kelanjutan dari fase studi bersama yang sebelumnya digagas oleh kedua negara pada tahun 2011.

Pada 2015 dan 2016, Inggris dan Perancis masing-masing meratifikasi perjanjian antar-pemerintah yang memungkinkan MBDA untuk mengkhususkan kemampuan industrinya di kedua negara pada pusat keunggulan. Fokus dari pusat keunggulan adalah pada kedaulatan teknologi kunci dan memungkinkan MBDA untuk mencapai efisiensi yang tidak dapat terpenuhi ketika bekerja dalam batas-batas nasional.

Bagikan Artikel:

  16 Responses to “Perancis dan Inggris Mengerjakan Proyek Rudal “Next-Gen” Bersama MBDA”

  1. hadeuh… kita kapan bisa keq gini

  2. Lebih tertarik pada mbda meteor yg jangkauan 300km. Kutunggu kau dipersimpangan jalan

  3. Lebih tertarik pada mbda meteor yg jangkauan 300km. Kutunggu kau dipersimpangan jalan..

  4. Rudal anti kapal…Rudal penjaga pantai..

  5. gak habis2nya menciptakan senjata untuk membunuh manusia

  6. Perancis dan Inggeris Ada hati musnahkan rudai club rusia

    • sepertinya era AS dibawah Trump skrg ini, Eropa bakal lebih fokus membuka hubungan dengan Rusia, salah satu calon presiden di negara Eropa bahkan mengatakan, bila ia terpilih maka negaranya akan mencabut sanksi yang dijatuhkan kepada Rusia saat ini, lupa saya, mungkin calon presiden dari Perancis

  7. Biarkan mereka bersekutu membuat rual terbaru dan tercanggih dan setelah berhasil kita curi cetak birunya kata China. Mengimpikan Indonesia bs sejajar teknologinya dgn negara2 maju.

  8. Pelan tapi pasti…..eropah menjauhi dominasi Amrik….

  9. Itu perjanjian antara Inggris dan Perancis, tp sepertinya mbak2 yg paling kanan itu dr ras salah satu negara Asia tenggara…hmmm…
    xixixi

 Leave a Reply