Des 242018
 


Rafale (foto : Wikipedia)

Pesawat tempur Rafale pertama yang ditingkatkan ke standar F3-R menyelesaikan penerbangan pertamanya dari pangkalan udara 118 di Mont-de-Marsan pada 10 Desember 2018, rilis Angkatan Udara Perancis.

Versi F3-R memungkinkan pesawat tempur Rafale dipersenjatai dengan rudal udara ke udara jarak jauh Meteor yang dikombinasikan dengan radar active electronic scanning – RBE2, pod penargetan TALIOS baru yang meningkatkan kemampuan deteksi target siang/malam, pengintaian, dan identifikasi.

Upgrade Versi F3-R juga termasuk pencangkokan sistem Automatic Ground Collision Avoidance System (AGCAS) yang membentuk semacam gelembung pelindung di sekitar pesawat untuk menghindari tabrakan dengan darat ketika misalnya, seorang pilot kehilangan kesadaran. Sistem yang baru pertama kalinya dipasang pada pesawat tempur Perancis.

Standar baru ini juga memperhitungkan pelajaran yang didapat dari operasional persenjataan Modular Air Ground Armament (AASM), sistem modular fleksibel yang memungkinkan pesawat tempur Angkatan Udara dan Angkatan Laut melakukan serangan darat dan permukaan dengan berbagai senjata presisi secara aman dengan ketepatan target yang ekstrim.

Proyek peningkatan F3-R untuk semua 144 pesawat tempur Rafale yang saat ini dalam layanan Perancis akan diluncurkan bulan Oktober.

Defenceworld

 Posted by on Desember 24, 2018

  5 Responses to “Perancis Terbangkan Rafale dengan Standar F3-R”

  1.  

    Rafale ini yang pernah ngalahin f22 ya? F22 kalah lagi….

    😎