Perancis Ungkap VBMR Griffon Terbaru

14
15
VBMR Griffon, kendaran lapis baja multiperan dalam parade militer Angkatan Bersenjata Perancis. © Tom Antonov

Angkatan Bersenjata Perancis telah mengungkap kendaraan lapis baja multi-peran VBMR Griffon terbaru, sebagai bagian dari pertunjukan selama parade militer Hari Bastille 2017, seperti dilansir dari Defence Blog.

Kendaraan lapis baja 6×6 multiperan generasi baru VBMR Griffon ini di akuisisi oleh Badan Pengadaan Pertahanan (DGA) Perancis dan menggantikan armada kendaraan pengangkut personel Véhicule de l’Avant Blindé (VAB) 4×4 yang sudah tua, yang telah dioperasikan oleh Angkatan Darat Perancis sejak 1976.

Kendaraan Griffon didasarkan pada sasis kendaraan 6×6 disegala medan komersial yang mempu membawa hingga delapan infanteri. Terdapat enam versi VBMR Griffon yang telah direncanakan, dengan empat diantaranya, yakni Armoured Personil Carrier, Command Post, Ambulance, dan Artilery Observer telah dipesan pada tahap pertama.

VBMR Griffon, kendaran lapis baja multiperan dalam parade militer Angkatan Bersenjata Perancis. © Tom Antonov

Kendaraan VBMR Griffon dilengkapi dengan stasiun senjata jarak jauh atau RWS yang bisa dipersenjatai dengan senapan mesin 12.7 mm atau 7.62 mm, atau peluncur granat otomatis 40 mm.

Pada tanggal 6 Desember 2014 lalu, Menteri Pertahanan Prancis Jean-Yves Le Drian telah mengumumkan bahwa pengiriman VBMR Griffon akan dimulai pada tahun 2018 dan tahap pertama sejumlah 319 unit VBMR Griffons dipesan pada bulan April 2017.

Angkatan Bersenjata Prancis ingin membeli total sebanyak 1.823 unit VBMR Griffon 6×6. Sementara itu pada tanggal 22 Juni 2017, Kementrian Pertahanan Belgia telah menyetujui sebuah rencana untuk membeli sebanyak 60 unit kendaraan “Jaguar” dan 417 unit VBMR “Griffon” seharga € 1,1 miliar atau sekitar Rp 16,8 triliun.

Tanggal 14 Juli adalah tanggal penting dalam kalender Perancis dan ribuan tentara Perancis berparade di Champs-Élysées dalam pertunjukan dramatis untuk menyaksikan penyerbuan penjara militer Bastille pada tahun 1789, sebuah titik balik dalam Revolusi Perancis.

14 KOMENTAR

  1. di indonesia kenapa ga ada jalan selebar dan sepangkang itu ya, utk defile hut tni tiap2 tahunnya, sptnya semua negara sdh punya jln2 kyk gitu, hanya di indonesia aja msh pake jalan dermaga atau pangkalan militer deket laut…