Perang Afghanistan : Serangan Pesawat Tewaskan 20 Gerilyawan

Helikopter Mi-35 Afghan Air Corps (Angelita Lawrence, U.S. Air Force)

Perang Afghanistan : Serangan Pesawat Tewaskan 20 Gerilyawan 1

Faizabad – Sebanyak 20 gerilyawan dikonfirmasi tewas saat pesawat militer menggempur persembunyian anggota Taliban di Kabupaten Zabak di Provinsi Badakhshan, Afghanistan Utara, (1/5/2017), ujar seorang pejabat polisi pada Selasa.

“Pesawat pasukan keamanan yang bertindak setelah menerima laporan intelijen, membidik persembunyian gerilyawan bersenjata Taliban di Kabupaten Zabak pada Senin malam, dan menewaskan sedikitnya 20 musuh di tempat,” ujar Jenderal Shir Aziz Kamawal kepada Xinhua.

Enam kendaraan dan dua sepeda motor gerilyawan juga hancur dalam serangan itu, kata pejabat tersebut.

Serangan udara dilancarkan setelah direbutnya Kabupaten Zabak oleh gerilyawan Taliban dua hari sebelumnya.

Petempur Taliban, menurut warga setempat berusaha merebut Kabupaten Ashkashim, yang berdekatan dengan Zebak, dan pasukan pemerintah telah melawan untuk menggagalkan rencana itu.

Namun, pengamat setempat percaya kemungkinan jatuhnya Kabupaten Ashkashim ke dalam kekuasaan Taliban akan memungkinkan kelompok bersenjata memiliki akses langsung ke Kabupaten Chitral di Pakistan.

Provinsi Badakhshan, dengan Kota Faizabad sebagai Ibu Kotanya, berada 315 kilometer di sebelah timur-laut Ibu Kota Afghanistan, Kabul, dan telah menjadi ajang perlawanan Taliban yang meningkat selama tiga tahun belakangan.

Antara/Xinhua-OANA

Leave a Reply