Apr 242019
 

Prajurit Batalyon Kendaraan Pendarat Amfibi 2 Marinir secara rutin melaksanakan pemeliharaan dan perawatan kendaraan tempur (Harwat Ranpur) lapis baja yang merupakan tanggung jawab Satuannya di sela waktu yang ada.

Surabaya, Jakartagreater.com – Menyiasati padatnya kegiatan Satuan, salah satu diantaranya pelaksanaan pengamanan proses Pemilu Presiden dan Wakil Presiden serta anggota Legislatif tahun 2019 yang sedang berlangsung, tidak menyurutkan semangat prajurit Batalyon Kendaraan Pendarat Amfibi 2 Marinir (Yonranratfib 2 Mar) untuk selalu bisa melaksanakan pemeliharaan dan perawatan kendaraan tempur (Harwat Ranpur) lapis baja yang merupakan tanggung jawab Satuannya di sela waktu yang ada.

Dibawah Komando Mayor Marinir Iwan Permana, S.H., M.Tr.Opsla, Yonranratfib 2 Mar merupakan unsur kesenjataan Kavaleri yang berada dibawa naungan Resimen Kavaleri 2 Marinir (Menkav 2 Mar) ini disiapsiagakan untuk menunjang tugas pokok Satuan.

Untuk mendukung tugas pokok tersebut dibutuhkan kesiapan ranpur, diantaranya dengan melaksanakan pemeliharaan dan perawatan ranpur secara rutin pada Senin  22-4-2019 di garage ranpur Yonranratfib 2 Mar, Trian Mar Soeprapto, Semarung, Ujung, Surabaya.

Keberadaan ranpur lapis baja Yonranratfib 2 Mar meliputi LVT-7 A1, BTR 50 PK, BTR 50 PM, BTR 50 P, AMX 10 P dan AMX 10 PM ini merupakan kendaraaan Amfibi yang dalam operasionalnya dipergunakan untuk mendukung mobilitas dan manuver unsur pasukan Infanteri pada saat melaksanakan pendaratan pasukan dari laut menuju pantai pendaratan maupun tugas-tugas bantuan.

Tugas seperti halnya kegiatan pengamanan Pemilu yang saat ini sedang berlangsung, salah satunya yaitu keterlibatan Yonranratfib 2 Mar dalam Satuan Setingkat Yon (SSY) mekanis Pam pemilu 2019, sehingga sangatlah penting bagi prajurit Yonranratfib 2 Mar untuk tetap bisa mengoptimalkan pelaksanaan Harwat Ranpur dalam menyiapkan dan meningkatkan kesiapsiagaan mobilitas Ranpur.

Pemeliharaan dan perawatan Ranpur adalah suatu hal yang mutlak dilakukan prajurit Yonranratfib 2 Mar untuk menjaga kesiapan Ranpur apabila sewaktu-waktu ada pergerakan Ranpur.

Setiap crew Ranpur bertanggung jawab atas Ranpur yang diawaki dan selalu melakukan pengecekan :

  1. Sistem kemudi.
  2. Mesin transmisi.
  3. Kelistrikan.
  4. Pengapian.
  5. Pengecekan berbagai macam jenis pompa pada setiap Ranpur serta ketentuan penggunaan olie dan BBM Ranpur.

Karena dengan pengecekan ini dapat diketahui sistem yang terdapat pada Ranpur tersebut dapat berfungsi dengan baik atau tidaknya pada saat Ranpur beroperasi.

Dalam pelaksanaan Harwat Ranpur yang dilaksanakan oleh crew, berada dalam pengawasan Ton Harwat yang mempunyai kealihan khusus mengenai karakteristik dan system kerja tiap-tiap Ranpur. (Yosafat R.Haryadi/Menkav 2 Mar)

  3 Responses to “Perawatan Ranpur Lapis Baja “Petarung Sejati” Yonranratib 2 Marinir”

  1.  

    gambar pertama kayak nya Bung Agato lagi nawarin Ploduk ASU tapi gak laku dijual……. maka dia pasang muka sedih………… hahahaaaa.

  2.  

    Agato lagi di susui…jgn di ganggu….

  3.  

    motto gambar terakhir ”pakai Yuasa, ranpur bertenaga”