Percepat Produksi Tejas, India Gandeng Tiga Perusahaan Swasta

Hindustan Aeronautics Limited (HAL) akan menyerahkan outsourced perakitan dan produksi komponen-komponen pesawat tempur ringan LCA Tejas kepada perusahaan swasta India sebagai bagian dari ‘Program Tiga Cabang’ untuk mempercepat produksi Tejas.

“Kami akan mendapatkan (body dan sayap pesawat) yang dibuat oleh perusahaan swasta, dan HAL di masa depan hanya akan menjadi integrator. Kami telah menyerahkan produksi body dan sayap pesawat kepada tiga perusahaan dan harus sudah dikirimkan dalam waktu dua tahun, “ungkap T Suvarna Raju, Chairman dan Managing Director dari Hindustan Aeronautics Limited (HAL) seperti dikutip oleh The Tribune hari Senin.

HAL mendapatkan order untuk memproduksi 123 unit Tejas dalam dua varian dan saat ini HAL hanya memiliki kapasitas membangun delapan jet tempur per tahun.

Raju mengatakan, “Tingkat produksi akan terlihat meningkat pada tahun 2018 ketika kita akan dapat memberikan 16 pesawat per tahun di bawah proyek perluasan Rs 1300 crore (di fasilitas HAL di Bangalore).”

“Bagian kedua dari rencana peningkatan produksi adalah dengan menggunakan fasilitas pesawat latih Hawk yang sudah ada dan pilot project sudah dimulai,” tambah Raju.

Bagian ketiga adalah melibatkan perusahaan swasta untuk bekerjasama sehingga mengubah HAL menjadi integrator, sebuah konsep yang diadopsi oleh produsen asing terkemuka. Ini akan berarti 123 armada Tejas dapat diserahkan lebih awal dari yang direncanakan.

Angkatan Udara India (IAF) saat ini mengoperasikan 33 skuadron (dengan 16-18 pesawat tempur) dari seharusnya 42 skuadron yang dibutuhkan untuk secara efektif menghadapi dua front sekaligus yakni Pakistan dan China.
Defenceworld
Editor : Muhidin

Tinggalkan komentar