Dec 122016
 

Danlanud Adisutjipto Yogyakarta Marsekal Pertama TNI Novyan Samyoga saat meresmikan penggunaan Instalasi Peralatan Fuel Nozzle Stand dan Ultra Sonic Cleaner di Bengkel System Skatek 043, Lanud Adisutjipto Yogyakarta. (suaramerdeka.com/Gading Persada)


Komandan Pangkalan Udara TNI Angkatan Udara Adisutjipto, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Novyan Samyoga, meresmikan penggunaan Instalasi Peralatan Fuel Nozzle Stand dan Ultra Sonic Cleaner di Bengkel System Skatek 043, Lanud Adisutjipto, pada Jumat (9/12).

Instalasi Peralatan Fuel Nozzle Stand dan Ultra Sonic Cleaner diperuntukkan bagi pesawat KT 1B Woong Bee, pesawat Grob G120 TP-A, dan pesawat lainnya.

Peralatan fuel nozzle stand buatan pabrican Stalay dari Amerika berfungsi sebagai alat tes atau uji. Tujuannya untuk mengetahui keandalan komponen fuel nozzle yang merupakan bagian dari komponen sistem pembakaran pada engine pesawat terbang.

Sementara, Ulta Sonik Cleaner yang merupakan alat buatan Hankuuk dari Korea Selatan berfungsi untuk menggosok atau membersihkan kotoran yang menempel pada komponen barang yang sulit untuk dibersihkan. Alat ini cocok digunakan untuk membersihkan beberapa komponen pesawat seperti fuel nozzle dan fuel filter element.

Marsma Novyan Samyoga menyampaikan bahwa tantangan dan tugas TNI Angkatan Udara akan semakin kompleks di masa yang akan datang. Oleh karena itu, menurutnya, pimpinan TNI Angkatan Udara telah berusaha memberikan sarana dan prasarana pendukungnya, seperti membangun Bengkel System dan Instalasi Peralatan Fuel Nozzle Stand dan Ultra Sonic Cleaner.

Danlanud Adisutjipto berharap, keberadaan alat tersebut dapat menambah kemampuan dalam hal pemeliharaan komponen pesawat terbang sehingga mendukung tercapainya kesiapan dalam pemeliharaan komponen pesawat yang lebih optimal.

Sumber: Suara Merdeka

Berbagi

  7 Responses to “Peresmian Fuel Nozzle Stand dan Ultra Sonic Cleaner di Skatek 043 Adisutjipto”

  1.  

    lancrotkan

  2.  

    Indonesia darurat pesawat bomber

  3.  

    setting tekanan nozzle nya berapa kilogram ya ini?

  4.  

    Alat ini yg paling penting. Yg satu mengukur tekanan nozzle injector ke ruang bakar dan yg satu lg utk membersihkan lubang yg paling kecil sekalipun spt pd nozzle injection ini. Krn kotorang dny ukuran mikron saja bisa menghambat supplay bahan bakar yg berakibat pembakaran tdk sempurna. Salah satu inspeksi kecelakaan pesawat dilakukan pengecekan dibagian ini.

  5.  

    Walah ultrasonik cleaner cuma buat ngrontokin kerak/endapan gini aja, kita belum bisa bikin…sayang dulu ambil kuliahnya sospol, coba ambil jurusan teknik…

    ….belum tentu lulus, xixixixixi

  6.  

    Si bengkel mobil injection ada tuh ultrasonic cleaner.

 Leave a Reply