Dec 032014
 
F-16 Skadron 16 Pekanbaru (RiauPos.co)

F-16 Skadron 16 Pekanbaru (RiauPos.co)

Pekanbaru – Skadron Udara 16 akhirnya resmi dioperasikan di Lapangan Udara (Lanud) TNI AU, Roesmin Nurjadin di Pekanbaru. Penempatan pesawat F-16 ini untuk memperkuat operasi pengamanan wilayah udara Indonesia Bagian Barat.

Demikian disampaikan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia, dalam peresmian di Pekanbaru, Rabu (3/12/2014). Marsekal Bagus Putu Dunia menjelaskan, peletakan Skadron F-16 di Lanud Roesmin Nurjadin di Pekanbaru karena letaknya yang strategis di wilayah barat Indonesia.

“Inilah salah satu mengapa kita letakan Skadron F-16 ada di wilayah Pekanbaru. Karena letaknya yang pada posisi jalur udara yang sangat strategis untuk bisa mengamankan kedaulatan negara kita,” kata Marsekal IB Putu Dunia.

Dia menjelaskan, untuk saat ini Skadron F-16 baru memiliki 5 pesawat F-16 dari yang direncanakan sebanyak 16 pesawat. Pesawat ini merupakan hibah dari Amerika.

“Hibah pesawat F-16 itu sebanyak 24 unit. Namun saat ini dari jumlah itu akan kita bagi di Lanud Roesmin Nurjadi 16 unit dan 8 unit di Lanud Iswahyudi,” kata Marsekal IB Putu Dunia.

Dalam penempatan Skadron F-16 ini, lanjutnya, dikomandoi oleh Letkol (Penerbanhan) Firman Dwi Cahyo. Secara berangsur, sarana pendukung untuk Skadron F-16 di Lanud Roesmin Nurjadin akan terus dilengkapi.

F-16 Skadron 16 Pekanbaru (detik.com)

F-16 Skadron 16 Pekanbaru (detik.com)

“Saat ini baru 5 pesawat F-16 yang baru kita tempatkan di Pekanbaru. Berangsur nantinya akan berjumlah 16 pesawat,” katanya.

Kemampuan pesawat F-16 ini, lanjutnya Marsekal IB Putu Dunia, mampu melakukan serangan udara ke darat. Selain itu melakukan serangan di udara serta bisa mengisi bahan bakar di udara.

“Dengan demikian kehadiran Skadron F-16 ini dapat menambah pengamanan wilayah udara dalam rangka kedaulatan wilayah udara kita khususnya Indonesia bagian barat,” tutupnya. (Detik.com).

Bagikan Artikel :

  74 Responses to “Peresmian Skadron 16 Pekanbaru”

  1. Tess..

  2. mugo2 siji.

  3. Bagaimana drone

  4. Mantap! udah mulai disebar nih…..sipp.

  5. siap hajar “Kuala Lapindo”,..

  6. maaf OTT sekedar perbandingan dgn F 16 kita,,, bukan bermaksud merendahkan tp hanya sebagai acuan agar F 16 kita bs di modifikasi lbh canggih,,

    ========================================================================
    # Sebuah MiG-31 yang dicegat dengan sangat dekat oleh F-16 Norwegia beberapa waktu lalu adalah salah satu Foxhound istimewa. Pesawat tersebut merupakan varian MiG-31BM yang jauh lebih canggih dibandingkan varian Foxhound lain.

    MiG-31BM adalah pesawat yang diterima Distrik Militer Barat Rusia. Dan jumlahnya hanya 8 buah. Pesawat ditugaskan ke Tver Fighter Wing di Borisovsky Khotilovo, sekitar 235 mil (378 km) dari perbatasan NATO dari Estonia. Di tempat ini juga menjadi basis Sukhoi Su-27 dan MiG-31B. Secara keseluruhan Rusia hanya memiliki 12 MiG-31 yang diupgrade menjadi MiG-31BM. (BACA: F-16 NORWEGIA-MIG 31 RUSIA BERTEMU SANGAT DEKAT)

    Dibandingkan dengan Foxhound terdahulu, MiG-31BM memiliki sistem manajemen modern, berbagai deteksi target hampir 200 mil (320 km) dan kemampuan untuk terlibat pesawat musuh pada jarak 170 mil (sekitar 280 km). Pesawat ini mampu secara bersamaan memukul enam target udara dan melacak hingga sepuluh target. #

    Sumber: airheadsfly.com

      • Seru adu uji nyali gan

      • kebalik bung andri, justru f 16 norwegia yang disalip mig 31 ruski

        • pakta di lapangan memang MIG yg nyalip F 16,,bung,
          tp maksud F 16 nya ini lagi patroli, mungkin salah satu propaganda juga biar F 16 rada kerenan dikit,,

          bayangkan saja dlm 1 thn sdh 400 kali pesawat rusia menerobos eropa,,

          • Melakukan manuver berbahaya dengan jarak 20 meter dari f16 … apa yg dikatakan tentang kemampuan pesawat pesawat tempur tersebut akan terbukti apabila sudah melakukan penembakan secara real …. sampai saat ini belum ada yg terbukti kecuali latihan perang dog fight atau BVR ..

    • MIg 31 memang barang hebat yang bikin ditakuti kecepatannya bukan aviioniknya atau aerodinamiknya , bisa mach 5, teorinya busa ngejar tomahawk

      • mig 31 kecepatan maksimalnya mach 2.8. sampe sekarang pesawat militer paling cepat yang pernah operasional sr 71 ( udah non aktif ). teori ngejar tomahawk dapet dari mana ?????????????????

      • kecepatan maksimal sr 71 cuma mach 3

        kecepatan maksimal sr 71 cuma sampe mach 3 +

        • kalo tomahawk kan masih subsonic, paling 0,8-1 match, bisa dikejar mig31 bermatch max 2.8,kalau tahu arahnya, apalagi kalo pakai R37 yg teorinya bisa match 6.CMIIW

          • mig 31 dirancang buat interceptor buat ngejar bomber sama pesawat intai yang terbang tinggi. tomahawk dirancang terbang rendah ngikutin kontur permukaan bumi. sebaliknya mig 31 ga punya kemampuan manuver yang baik. cuma di disain buat terbang dengan kecepatan tinggi juga ketinggian yang tinggi. soal arah itu masalahnya tomahawk susah di cari, selain terbangnya rendah banget sampe susah didetect radar, sama bisa ngerubah jalur terbangnya.
            kalo mau nembak tomahawk bisa juga pake pesawat tempur, tapi yang jenisnya multi role, atau air superiority fighter yang kemampuan manuvernya tinggi

          • “The MiG-31BM it is at present the only in the world production aircraft capable of effectively fight with the unobtrusive and low-altitude cruise missiles of the type OF ALCM or Tomahawk. It is capable of striking similar targets from the first approach. As Russian specialists consider, if Iraq in the course of operation Desert Fox in the winter 1998-99 years had available aircraft MiG-31, not more than 10% American and English cruise missiles would have reached their targets in the territory of Iraq”.
            btw mig31bm ini udah multipurpose/multirole loh.

            http://www.globalsecurity.org/military/world/russia/mig-31bm.htm

    • APAKAH YG DIJEGAT F-16 TURKY ITU MIG-31BM ?..JIKA YA PANTES SETELAH ITU F-16 TURKY RONTOK SENDIRI KECAPEAAN..maklum wis tue…..wk.wk.wk.wk.wk.wk…

  7. nyimak aja

  8. Sekarang saya baru sadar dan tahu, ternyata sipadan dan ligitan lepas karena hal hal lain yg disepelekan pemerintah terdahulu. malu saya Indonesia sebesar ini harus tunduk kepada Negara kecil Singapura. seberapakah mahal alat itu bisa di bangun, coba bayangkan dan bandingkan.

    biarpun hubungan baik sama singapura tapi itu rahasia negara, rahasia peperangan udara. tapi dengan negara sekecil itu kita seperti kutu mati. dimana harga diri kita sebagai bangsa yang besar, sedih sekali li li li ….

    Tolong Bapak Jokowi, kembalikan jati diri kami sebagai Negara yang Merdeka dan Berdaulat.

    • sipadan ligitan lepas bukan hanya kesalahan pemerintah RI, jauh sebelum itu, inggris sudah melakukan penguasaan efektif,kalo mau salahkan,salahin belanda aja.
      yg lain saya sangat setuju dengan anda,

    • SYUKUR ALHAMDULILLAH, jika sdh tau…jgn marah ya….saya pribadi berharap, kita semua yg komen di sini jangan asal cuap tetapi harus ada data yg dpt dipertanggung jawabkan (bukan sok ilmiah ya..), utk itu kita perlu menambah wawasan masing2 dgn meperanyak perbendaharaan literatur, studi pustaka dll…saya berharap media ini dpt memperkaya khasanah kebangsaan kita, memperluas wawasan, mempertajam visi, tukar menukar informasi-pengetahuan, dst..pokoknya hal2 yg positif…

  9. dtunggu niihh gebrakan pres.jkw d awal thun..
    buat klanjutan MEF II.serta poros maritim nya..

  10. Kalau sudah ada skadron F16, skadron Sukhoi, skadron Rafale, skadron Typhoon, skadron S 34, tapi FIR Natuna dibawah Singapur dan Pespur Singapur masih bisa terbang din Angkasa Indonesia tanpa bisa diatur oleh TNI AU, maka yang G*BL*K itu adalah……..ya pemerintah: President dan DPR

    • F 16 nya mudah2an tidak hanya dilengkapi dengan sidewinder type jadul dan Maverick…malu donk sama Singapur…

    • FIR bukan masalah militer, tapi masalah keselamatan penerbangan sipil. Dan ini ditentukan oleh sidang ICAO. Singapore merupakan salah HUB penerbangan di Asia, dengan tingkat kepadatan yg tinggi. Dan tidak mudah untuk memindahkan HUB tersebut ke Batam. Pemerintahan SBY & DPR yg lalu sudah mulai menata untuk road untuk merebut FIR dari tangan Singapura, namun telah disadari perlu proses yg cukup panjang dan rumit sehingga ditetapkan selambat2nya 2019. Salah satu road map pengambilan FIR adalah dg memisahkan unit ATC dari Angkasa Pura 1 & 2, dan membentuk Perum Navigasi Indonesia, yg wilayah kerjanya seluruh Indonesia. Sekarang tinggal bagaimana kesiapan Perum Navigasi Indonesia ini dalam mempersiapkan SDM dan Infrastrukturnya………serta political will dari pemerintah…..

  11. mestinya mr. Jokowi kudu nambah 3 skadron sukhoi 35BM plus 1 ska typoon n dilengkapi 1 ska dassault, itu baru garang ..

    • Mendingan kapal selam aja deh 😀 😀
      ga pa pa kapal selamnya dibanyakin dan beli kapal mistral dulu
      menurut saya memang laut harus diutamakan terlebih dahulu karena banyak sekali pendapatan negara yang bisa diperoleh dari Laut 😀 😀 😀
      Pasti masalah pesawat Indonesia sudah pesan SU-35S kok cuma ditunggu saja datang barangnya 😀
      Coba deh baca thread Indonesia Pesan Su-35 😀

    • 3 skudron Su-35BM duite dari mana bos?…lha menaikan harga BBM aja sdh didemo habis, belum lagi KMP akan menggunakan “hak interpelasi”…..semuanya maju berakting jadi “pahlawan rakyat”..membela rakyat, harga BBM naik menyengsarakan rakyat dst begitu teriaknya..padahal dgn kenaikan harga BBM, besok thn 2015 ada sekitar 120 triliyun yg bisa dihemat yg akan digunakan sbg “stimulus ekonomi”…artinya digunakan utk pembangunan sektor2 produktif yg ermanfaat bagi masyarakat luas, spt jalan, waduk, bibit, pupuk, modal kerja pedesaan, mesin pedingin utk nelayan, motor utk kapal nelayan dst..

      3 skuadron Su-35bm itu artinya 48 unit pespur (3 x 16), harga export Su-35BM saat ini berkisar USD. 60 juta/unit X 48 unit = USD.2,88 Milyar dgn kurs 1 USD = Rp.12.100 sat ini berarti sekitar Rp.34,84 Triliyun s/d Rp.35 Triliyun..
      REALISTIS AJA, NGGA KEBELI MESKI DGN THN ANGGARAN JAMAK….

  12. Selamat dng sudah diresmikan nya skuadron 16 skuadron pesawat tempur yg baru, semoga skuadron tempur yg baru lainnya cepet juga dibentuk minimal 3 skuadron lagi ya walopun paling realistis paling cepat Thn 2018 baru ada skuadron yg baru
    Btw ada shelter yg tertutup juga buat F-16nya

  13. Welcome

  14. Coba diisi skadron sukhoi di pekanbaru dan jin rafale di medan .dijamin negara jiran pada ngerii macam2 sama indonesia.yah minimal indonesia punya 4 skadron sukhoi family,2 skadron rafale, 2 skadron mig 31 BM, ,3 skadron F 16 CD 25, Ausie dan negara jiran pasti mikir2 mau cari perkara sama indonesia

    BRAVO. INDONESIA

  15. Komposisi yg Realistis..Heavy Fighter Indonesia : 1 Skadron SU 35 BM, 1 Skadron SU 27 & 1 Skadron SU 30 untk kelas Medium 2 Skadron F 16 & 1 Skadron Gripen (pengganti F 5 untk TOT) untuk kelas Light 2 Skadron Hawk & 1 Skadron T50 Golden Eagle (dinaikan status dari pesawat latih menjadi pesawat light) dan 1 Skadron COIN Super Tucano…Pas semua jadi 10 Skadron..

  16. Kok gak ada kabar tentang kelanjutan MEF…..padahal bbm udah naik.tuh duit buat apa yah……..???

    • penghematan sekitar 200 T, kayaknya buat infrastruktur aja masih kurang, belum lagi dibagi buat mencukupi anggaran operasional yg selama ini masih kurang…

      • Padahal aku rela bbm naik asal selanjutnya pemerintah biasa melanjutkan program mef.bisa beli ini itu buat tni yg kami cintai.kami sungguh sakit hati dan ga pernah ikhlas klo cuma buat pencitraan ini dan itu.

        • anda mau seperti korut, militernya kuat tapi rakyatnya miskin, 2 juta lebih rakyat korut kelaparan tapi pemerintah keukeuh bikin rudal ini itu, btw setahu saya mef tetap lanjut kok, tp jangan berharap lebih kalau anggaran juga cm naik 0,7 (dari 08-1,5), ditambah kurs rupiah naik terus. tp tambahan buat TNI dari pemerintah, adanya komitmen “MEF” kesejahteraan prajurit, terutama penyediaan perumahan yg masih sangat kurang..IMHO

          • Gak gitu juga bro…….setidaknya ya ada brita dikit kek mo beli ini itu…….tiap hari brita tenggelamin kpl ini itu yg gak jelas.gembar gembor tpi bikin galau…..

          • hahaha, bu susi itu lagi jadi media darling bung maze, tau sendiri kalau jadi media darling di indonesia, bu susi kentut aja suaranya bisa kedengeran se-indonesia, yah maklumin aja,,,
            btw MEF 1 kan dah kelar, nanti baru mulai lagi 2015, mulai belanja lagi, tank leo juga bakal dateng lagi sama f16 bekas…

  17. buat beli minyak lagi… Maaf jawaban tanpa fakta

  18. MEF 2 dmulai thn dpn. skrg lg ngabisin apbn 2014. apbn 2015 blm bsa dpake

  19. Ah keliatan bo ongnya. Kemarin ditread sebelah ferry flight dari IWJ jumlahnya 10 pesawat.
    Trus yang 5 nyasar kemana hayo?

  20. Alhamdulillah, kekuatan udara sudah mulai disebar merata…

  21. biar terlihat lemah di mata calon lawan………..

  22. sang workhorse siap berpacu.. Selamat melindungi langit nusantara

  23. Bung Andry. Nggak apa-apa. Untuk Singapura yang sedemikian dekat bisa banyak taktik kalau situasinya memang memaksa, dan saya rasa TNI sudah dan terus mengembangkan anti dot untuk itu. Ya katakanlah pangkalan di Pekanbaru adalah formalitas kehadiran penjaga udara kita. Imho

  24. Bagaimana perkembangan kedatangan belanja alutsists A1 LIST yg katanya akan datang tahun 2014 ini ?????????????????????????????????????????????????????

  25. Alhamdulillah dah bertambah secara kuantitas pespur kita, tinggal kualitasnya neh harus ditingkatkan.
    Apa kabar Bung Sempak ? Bagaimana dengan pendidikannya di LN dah selesai?

  26. lha emang singapura dan indonesia ga kenapa kenapa kok … baru aja latihan latma indopura … hehehehe ga perlu khawatirlah .. yg penting MEF II HARUS DILANJUTKAN JANGAN NGURUSI NELAYAN AJA

  27. jangan terlalu bangga ama pespur bekas dari asu nanti kita diketawai ama singapura yang punya buaayak F16 blok 52 asli dan F15 SE Dan mereka juga mau punya F35 baru jadi jelas kita ini memprihatinkan……

    • Saat ini berlaku hukum Need Vs Want. TNI butuh kauantitas dulu mas..setelah itu baru beranjak ke kualitas. Penambahan 24 unit F-16 C/D ini penting mas guna mengejar kuantitas. Sekali lagi kuantitas karena ini dulu yang mau dikejar. 24 unit F-16 C/D akan dipecah menjadi 2 skuadron, skuadron 16 dan sebagian lagi bergabung ke skuadron 3.

  28. mantap sudah bagian barat dah lengkap tinggal bagian timur kapan nih d buat d papua mohon arahan sesepuh jktgr maaf oot

  29. 16 pesawat sekarang aja masih 7 pesawat

 Leave a Reply