Nov 122018
 

Pemimpin Dunia Peringati 100 Tahun Berakhirnya Perang Dunia I (credit: U.S. Embassy France)

Paris, Jakartagreater.comย  –ย  Sekitar 70 pemimpin dunia berkumpul dalam hujan di Arc de Triomphe di Paris pada Minggu 11-11-2018 untuk upacara khidmat menandai ulang tahun ke-100 Perang Dunia Pertama berakhir, dirilis Antara, Minggu 11-11-2018.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Presiden Rusia Vladimir Putin, Kanselir Jerman Angela Merkel dan puluhan raja, presiden serta perdana menteri dari Eropa, Afrika, Timur Tengah dan sekitarnya bergabung dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron untuk menandai saat senjata tidak meletus di seluruh Eropa satu abad lalu.

Peringatan itu adalah pusat dari penghargaan dunia untuk menghormati 10 juta tentara, yang terbunuh selama perang pada 1914-1918, dan saat Gencatan Senjata, yang ditandatangani di Prancis Timur Laut dan mulai berlaku pada pukul 11.00 pada 11 November 1918.

Ketika iringan Trump berada di Champs Elysees saat ke Arc de Triomphe, seorang perempuan pengunjuk rasa bertelanjang dada dari kelompok feminis radikal Fenmen berlari ke arah iringan itu, masuk beberapa meter sebelum ditangkap polisi. Foto kejadian itu muncul untuk menunjukkan bahwa ia menuliskan “juru damai palsu” di seluruh tubuhnya.

Dalam langit-langit kaca di kaki lengkungan kemenangan, yang dibangun Kaisar Napoleon pada 1806, para pemimpin itu berdiri khidmat untuk upacara. Yang terakhir tiba adalah Putin, yang berjabat tangan dengan Macron, Merkel dan kemudian Trump, dengan mengacungkan jempol kepada pemimpin Amerika Serikat itu.

Macron berdiri untuk menghormat saat band tentara memainkan “Marseillaise”, lagu kebangsaan Prancis, sebelum berjalan menembus hujan untuk memeriksa pasukan. Ia kemudian mengambil tempat di bawah Arc sementara pemain selo Yo-Yo Ma melantunkan simfoni Bach.

Dalam tampilan langka perasaan pemimpin dua kekuatan dunia, Macron dan Merkel berpegangan tangan pada Sabtu 10-11-2018 selama upacara sendu di hutan Compiegne, Utara Paris, tempat perutusan Prancis dan Jerman menandatangani Gencatan Senjata, yang mengakhiri perang itu.

Kemelut tersebut adalah salah satu yang paling berdarah dalam sejarah, yang mengubah politik dan demografi Eropa. Tapi, perdamaian berumur pendek dan dua dasawarsa kemudian, Nazi Jerman menyerbu tetangganya.

Pada Minggu sore, Macron dijadwalkan menjadi tuan rumah peresmian Ajang Perdamaian Paris, yang berusaha meningkatkan pendekatan segi banyak atas keamanan dan pemerintahan dan akhirnya menghindari kesalahan, yang mengakibatkan Perang Dunia Pertama pecah.

Merkel dalam pernyataannya mengatakan ajang itu menunjukkan bahwa “pada hari ini ada kemauan, dan saya mengatakan ini atas nama Jerman dengan penuh keyakinan, untuk melakukan segalanya guna membawa tata lebih damai bagi dunia, meskipun kita tahu bahwa masih banyak pekerjaan, yang harus dilakukan”.

Trump, yang mendewakan kebijakan nasionalis “utamakan Amerika Serikat”, tidak akan menghadiri acara tersebut. Pemimpin Amerika Serikat itu mengatakan tidak akan pula mengadakan pertemuan dwipihak dengan Putin di Paris. Trump dan Putin diperkirakan melakukan pembicaraan resmi pada akhir bulan ini ketika keduanya menghadiri temu puncak G-20 di Buenos Aires.

Penasihat Khusus Robert Mueller menyelidiki dugaan campur tangan Rusia dalam pemilihan umum Amerika Serikat pada 2016 dan segala kemungkinan persekongkolan dengan kampanye Trump.

Bagikan:

  24 Responses to “Peringatan 100 Tahun Berakhirnya Perang Dunia I”

  1.  

    emang benar yak,,, setelah perjanjian damai..
    orang inggris boleh mukul pantat org jerman…
    #ini nanyak lho….

    •  

      kesalahan terbesar sekutu setelah perang dunia 1 adlah tekanan yg berlebihan yg dibebankan kpda jerman melalui perjanjian versailles seakan negara tersebut adlah penyebab utama perang belum lagi kehancuran ekonomi jerman dan wilayahnya yg dipreteli dgn kemunculan negara2 baru sehingga muncullah kaum2 ultranasionalis di bawah pimpinan adolf hitler dan gangnya

      •  

        Dan itu kian membuat eropa bak neraka,luluh lantak.

        •  

          Kemudian muncullah sovyet dgn beruang merahnya yg merusak citaยฒ nazi & sekutunya yg hampir menguasai tatanan dunia dgn ideologi hitler
          ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜†

          •  

            Dan berapa dekade kemudian unisofyet juga merasakan rasa terpecah belah bak gelas porselen jatuh dari ketingian.

          •  

            uni soviet muncul hasil revolusi bolshevik pda tahun 1917 setahun sebelum perang dunia 1 berakhir

          •  

            nazi dan sekutunya

            kamu lupa pakta molotov-ribbentrop antar jerman nazi dan uni soviet utk membagi polandia?

            Adolf Hitler awal mlah ingin menyatukan Eropa dibawah satu konsorsium kekuatan ekonomi utk mengimbangi potensi ekonomi As yg mulai menguat secra global

          •  

            sovyet mah kgk masuk hitungan pada waktu itu.

            belum lagi stalin melakukan penyikiran politisi yg dicurigai membelok ke lev trotski atau lenin.

            sehingga petinggi2 dan atasan militer sovyet mengalami pecah belah.

            lawan finlandia secara taktik kalah, tpi finlandia akhirnya ngalah krn melihat jumlah pasukan merah yg berjibun.

            lawan jepang juga secara taktis kalah, padahal jepang negara asia yg kgk dianggap pada waktu itu.

          •  

            Dan sovyet hutang banyak pada jerman federasi bukan begitu nu?.

          •  

            Lenin itu kyainya komunis uni soviet, stalin dan trotsky adlah santri2 ungggulannya
            kemelut politik uni soviet di tahun 30an adlah antara stalin dan trotsky sendiri

            klo perang antara uni soviet dan jepang di akhir 30an mlah jepang yg klah secara taktis

          •  

            Mungkin maksud iwan rooting era 1905 kali.

          •  

            oh ya namun saat itu perang kekaisarn tsar rusia vs jepang belum ada uni soviet

          •  

            Xixixixi…mana bung huha ini?
            Apa malah sembunyi dikolong ranjang padahal yang dibahas rusia loh.

            Dan semenjak perang itu ke tsaran menurun dari negara adidaya menjadi negara yang kacau hingga akhirnya timbul revolusi rusia.
            Tapi yang menarik dari ke tsaran adalah maharani dari jerman yang cukup berpengaruh pada perkembangan kekaisaran rusia,jadi bisa dibilang wanita jerman pun bisa menakluk kan rusia.

          •  

            sebenarnya kwantung army diposisikan sebagai tentara yg menjaga negara boneka manchu, dan berisikan kebanyakan org jepang dan orang cinak manchu.

            dan waktu itu konflik sovyet-manchu klo dilihat jumlah peserta dan jumlah korbannya, kebanyakan dari sovyet, dan seandainya waktu itu kgk ada perjanjian molotov-ribentrop, mungkin tentara jepang akan ikut campur dan menyulut konflik lebih dalam dan menyerang sovyet dan mengalahkan sovyet di far east theather.

          •  

            Pada saat era kekaisaran russia perang dgn jepang kalah menang kalah menang kalah menang, sudah menang russia disuatu wilayah tapi tdk diteruskan sehingga jepang mampu bangkit utk mmbalasnya disini russia kalah diera kekaisaran russia, tapi pd saat sovyet sudah dibentuk? Jepang langsung menyatakan tdk punya permusuhan lg dgn sovyet sehingga jepang menyerang amerika di pearl harbor
            ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜†

          •  

            hihihi ngarang cerita bebas nih…..

            justru setelah perjanjian molotov-ribbentrop, jepang dan jerman sudah kgk temenan, mungkin jepang udah unfriend jerman lewat facebook.

            yg jadi masalah musuh bebuyutannya jerman cuma perancis bukan sovyet, pas jerman caplok polandia dan membaginya dgn sovyet, jepang sudah ngiler tuh…..

            pas jerman mencaplok perancis, jepang datang muji2 keberhasilan jerman dan minta indocinak, vietnam cs, supaya jadi teritori jepang.

            kemudian jepang juga mengadakan perjanjian tak saling serang dgn sovyet.

            padahal sebelum operasi barbarosa, hitler sudah minta jepang menyerang sovyet dari manchuria.

          •  

            Lah kok ngareng, jepang menyatakan tdk lg brmusuhan dgn sovyet semenjak jepang kalah dikalkin goal, kemudian jepang menyerang pangkalan amerika dipearl herbor
            ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜†

          •  

            pakta molotov ribbentrop tidak merubah persekutuan tripartite pact antara jerman, italia dan jepang,

            musuh bebuyutan jerman memang prancis tapi bukan cuma
            adolf hitler sudah mencanangkan lebensraum ke wilayah timur yaitu rusia dan rasa permusuhan antara ideologi national sosialis dan bolshevik komunisme sangat tinggi

            perjanjian tak saling serang antara uni soviet dan jepang karena mata jepang melihat ke arah yg lain karena kebutuhan sda utk industrinya

            tak kasih saran kalo mempelajari perang dunia 2 cari buku yg terbit sebelum tahun 80an kebanyakan setelahnya terjadi revisionis sejarah besar2an

          •  

            Saya engak ikut ikutan deh kalo bicara perang dunia kedua.karna saya belum lahir waktu itu xixixixi.

          •  

            Yaa mmng fakta tripartit itu tdk mengubah persekutuan antara nazi, italy & jepang, kemudian menyusul negaraยฒ lainnya yg ikut fakta trsebut.

            Jepang mengatakan tdk saling serang kmbali dgn sovyet karna jepang atut jk sovyet menyerang wilayah jepang lebih jauh merebut wilayahยฒ russia diera kekaisaran russia disamudra pasifik yg sudah dikuasai jepang,
            mmng jepang pd saat itu lg krisis sda, tapi sovyet mmng tdk percaya dgn pernyataan jepang trsebut, karna diera kekaisaran russia? Jepang sudah brjanji tdk saling serang namun jepang menyerang russia balik, dr pengalaman itu sovyet tdk lantas percaya dgn pernyataan jepang, sehingga sovyet sudah siap menyerang jepang lebih jauh namun fakta brkata lain karna nazi sudah menyerang sovyet yg katanya nazi sudah menusuk sovyet dr belakang, perang dunia 2 pun dimulai
            ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜†

          •  

            sebenarnya musuh bebuyutan jerman pada waktu itu bukan hanya perancis, tpi yahudi.

            dan karna yahudi dianggap biang keributan oleh jerman, dan atas sebab polandia melindungi yahudi, maka alasan jerman untuk berperang bukan hanya untuk merebut danzig, melainkan pengusiran orang yahudi dan orang polandia, yang disebut Drang Nach Osten….

            adalah hal yg tabu bagi org polandia menceritakan dulu pas pd2 mereka melindungi yahudi dari jerman.
            masak cuma gara2 melindungi segolongan orang, satu negara harus menanggung semua itu.

            sebelum tripartit ada pakta baja, dimana jerman dan italia ingin melawan inggris dan perancis, tpi jepang ingin melawan soviet.
            pakta baja diperbaharui menjadi tripartit setelah perancis jatuh.
            bahkan sebelum pakta baja ada perjanjian anti-kominis antara jerman dan jepang yg ditujukan untuk sovyet.

            pas jerman dan sovyet mengadakan perjanjian molotov-ribbentrop…..
            kira2 gimana ya perasaan jepang ๐Ÿ˜†

          •  

            Yahudi israel mnjd musuh nazi semenjak italy bersekutu ke nazi,

            Klu mengenai prjanjian molotof ribbentrop kapan dimulai & jepang masuk fakta tripartit kapan dimulai?

            ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜†

      •  

        Jerman adalah kekutan yang sangat diperhitungkan semenjak era abad pertengan hingga kini…jadi yang bisa membungkam francis dan ingris hanya jerman sedang untuk portugis dan belanda hanya untuk hiburan samata diwilayah eropa,,,tapi berhubung mereka pandandai dalam membuat kapal laut maka mereka banyak koloninya…tapi sekarang yang tersisa hanya belanda yang mampu mempertahankan tradisi dan kekuatan mereka dalam desain kapal sedang portugis hilang ditelan jaman.hanya ada dalam buku sejarah kegarangan mereka dalam berpetualang.

  2.  

    Para pedagang HAMburger ala barat sedang berkumpul.

 Leave a Reply