Aug 172017
 

KRI Dewaruci berlayar di perairan Teluk Jakarta, 17/08/2017.

Surabaya – Setelah menempuh perjalanan selama 2 hari, tanggal 17 Agustus 2017 Pangarmatim Laksamana Muda TNI Darwanto, menjadi Inspektur Upacara peringatan kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia di kapal KRI Dewaruci yang berlayar di perairan Teluk Jakarta, Kamis, 17/08/2017.

Upacara yang dipimpin oleh Komandan Upacara Letkol Laut (P) Daru Cahyo Sumirat lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 42 Tahun 1996.

Pangarmatim membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi, yang menyampaikan, sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, TNI Angkatan Laut memiliki tugas dan tanggung jawab konstitusional untuk melanjutkan proses pembangunan nasional.

“Para pendahulu kita telah mengajarkan nilai-nilai tentang pentingnya menjadi makhluk sosial yang melibatkan individu lainnya, gotong royong merupakan akar kebudayaan kita. Selain itu TNI Angkatan Laut harus mampu membina dan memberdayakan potensi maritim, industri dan jasa maritim, serta sarana dan prasarana nasional untuk digunakan sebagai kepentingan pertahanan Negara.

Dalam upacara yang diikuti para purnawirawan TNI-Polri, dan masyarakat kemaritiman, Pangarmatim membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan RI.

Upacara di atas KRI Dewaruci merupakan pertama kalinya dilaksanakan di Indonesia. “Saya sangat terkesan dan bangga bahwa di atas kapal ini hadir para senior yang masih semangat mengikuti upacara memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-72 RI. Saya berharap peringatan 17 Agustus ini bukan hanya kegiatan seremonial saja, namun moment spesial yang dijadikan perekat bangsa untuk terus berjuang dalam membangun Negara yang kita cintai bersama dengan cara kembali ke laut”, tegasnya.

Hadir dalam kegiatan ini diantaranya, Danseskoal Laksda TNI Aru Sukmono Indra Sucahyo, Kadispenal Laksma TNI Gig J.M.Sipasulta, Dirdiklat Kodiklatal Laksma TNI Gregorius Agung WD, Asrena Pangarmatim Kolonel Laut (P) Rony Saleh, para Perwira perwakilan AAL dari setiap Angkatan, para mantan Komandan KRI Dewaruci, para sesepuh TNI AL, para rekan media dan masyarakat sipil. Dispen Koarmatim.

Dispenarmatim

  3 Responses to “Peringati HUT RI, KRI Dewaruci Berlayar ke Teluk Jakarta”

 Leave a Reply