Jun 012014
 
Menteri Pertahanan AS, Chuck Hagel mendengarkan pernyataan Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Tiongkok, Letnan Jenderal Wang Guanzhong, dalam forum keamanan Asia di Singapura (photo:AP)

Menteri Pertahanan AS, Chuck Hagel mendengarkan pernyataan Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Tiongkok, Letnan Jenderal Wang Guanzhong, dalam forum keamanan Asia di Singapura (photo:AP)

Singapura – Menteri Pertahanan Amrerika Serikat (AS), Chuck Hagel menyatakan, Tiongkok telah membuat situasi di Laut Tiongkok Selatan menjadi tidak stabil dan memperingatkan Washington tidak akan tinggal diam jika tatanan hukum internasional terancam. Tindakan Tiongkok mengancam kestablilan kawasan, dalam jangka panjang.

Menteri Pertahanan AS, Chuck Hagel menyatakan AS “tidak menemukan jalan lain”, ketika sebuah negara mengancam aturan internasional. Hal ini disampaikan Hagel dalam forum keamanan Asia di Singapura.

“Dalam beberapa bulan terakhir, Tiongkok telah melakukan destabilisasi, dengan melalukan tindakan sepihak dan menegaskan klaim terhadap wilayah di Laut Tiongkok Selatan,” ungkap Hagel.

“Kami dengan tegas menentang intimidasi terhadap sebuah bangsa, pemaksaan, atau ancaman kekerasan untuk menegaskan klaim ini,” ungkap Hagel. Pihak Jepang juga mengecam tindakan Tiongkok dan mengajak ASEAN untuk bekerjasama dengan Jepang.

Forum yang menyatukan Amerika Serikat dan negara-negara Asia Tenggara ini digelar di tengah ketegangan antara Tiongkok, Vietnam dan Filipina. Hubungan Jepang-China juga tegang atas sengketa pulau di wilayah Laut China Timur.

Menteri Pertahanan AS, Chuck Hagel mencermati pernyataan Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Tiongkok, Letnan Jenderal Wang Guanzhong, dalam forum keamanan Asia di Singapura (photo:AP)

Menteri Pertahanan AS, Chuck Hagel mencermati pernyataan Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Tiongkok, Letnan Jenderal Wang Guanzhong, dalam forum keamanan Asia di Singapura (photo:AP)

Dari Beijing, Pemerintah Tiongkok marah besar atas komentar Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Chuck Hagel, yang menyebut Tiongkok melakukan tindakan destabilisasi karena berambisi menguasai Laut Tiongkok Selatan. Pihak Beijing pun mengancam akan menjadikan AS sebagai musuh.

Tiongkok mengecam Menteri Pertahanan Amerika Serikat dan Perdana Menteri Jepang, karena dianggap telah membuat pidato “provokatif” melawan Tiongkok.

Jenderal Tiongkok, Wang Guanzhong mengatakan komentar Shinzo Abe dan Chuck Hagel di forum Dialog Shangri-La tersebut sebagai hal yang “tidak bisa diterima”.

Sementara pejabat tinggi Departemen Pertahanan Tiongkok, Letnan Jenderal Zhu Chenghu, menyatakan, AS telah membuat kesalahan strategis karena menilai Tiongkok seperti itu. ”Tuduhan itu tidak berdasar dan bahwa Amerika membuat kesalahan sangat strategis dalam pendekatan mereka terhadap Tiongkok

Jenderal Chenghu yang merupakan profesor di Universitas Pertahanan Nasional Tiongkok, menuduh Hagel munafik dengan berkomentar seperti itu. ”Dalam pandangannya (Hagel) apa yang dilakukan orang Tiongkok adalah ilegal, dan apa pun yang orang Amerika lakukan adalah benar,” sindir jenderal Tiongkok itu mengacu kepada kepala Pentagon AS.

Dia menekan AS untuk memperlakukan Tiongkok sebagai mitra yang sejajar. Jika tidak, Tiongkok mengancam akan menjadikan AS sebagai musuh.”Jika Anda (AS) menjadikan Tiongkok sebagai musuh, Tiongkok benar-benar akan menjadi musuh AS,” ancam Jenderal Chenghu.

“Jika Amerika menjadikan Tiongkok sebagai musuh, kita, Tiongkok harus mengambil langkah-langkah untuk membuat diri kita memenuhi syarat sebagai musuh AS. Tapi, jika Amerika menjadikan Tiongkok sebagai teman, maka Tiongkok akan menjadi teman yang sangat setia, yang akan kooperatif,” tegas dia.

Menteri Pertahanan AS, Chuck Hagel bersama Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dalam forum keamanan Asia di Singapura (photo: Reuters)

Menteri Pertahanan AS, Chuck Hagel bersama Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dalam forum keamanan Asia di Singapura (photo: Reuters)

Ketegangan terbaru antara AS dan Tiongkok itu bermula dari memanasnya sengketa pulau di Laut Tiongkok Selatan (LTS) antara Tiongkok dan negara-negara ASEAN, yakni Vietnam, Filipina, Malaysia dan Brunei.

Terakhir, puluhan kapal Tiongkok mengepung kapal Vietnam, sebelum akhirnya salah satu kapal Tiongkok menabarak dan menenggelamkan kapal Vietnam. Insiden itu terjadi tak jauh dari lokasi pengeboran minnyak di kawasan Laut Tiongkok Selatan. (sindonews.com)

  63 Responses to “AS Peringatkan Tiongkok Soal LTS”

  1. Ne lawan baru yg sepadan buat as

    • Iih puput no 1 ya,pdhl iseng aj buka warjag
      Untk bacaan pengantr tidr…
      iya ne AS ditantangin tu sm beruang ih bukan,mksdnya sm Panda…
      kira2 apa ya reaksi as!

      • paling juga perang ekonomi,pernyataan politik, dll. soalnya klo perang sesungguh nya saya rasa china pun masih mikir2 ngadepin US & CS, kecuali sudah gendrang perang dibunyikan US, mau tidak mau china harus siap dan minta bantuan iran, rusia, dan korut, utk lawan US & CS nya,, ujung2 nya perang dunia ke 3,,

        nuklir bisa banyak yang terbang dan manusia tinggal 1/4 nya,

      • Kalau masih perang statemen kaya gini sih perang fisik masih jauh put, lha wong destroyernya as senggolan sama destroyernya panda aja pernah kok dan gak ada kelanjutannya, ya cuma gitu tok 🙂

        Sudah puput bobok saja, biar besok nggak kesiangan. Tak temeni ya? 😀
        Aku bobok disini puput disitu…
        Met bobok puput…

      • kemungkinan masih sebatas perang statement..belum ke arah perang fisik..apa yang harus dilakukan oleh Indonesia adalah mempersiapkan secara fisik kekuatan penangkal untuk menghadapi hal2 yang tidak memungkinkan di natuna ke depan..kalau untuk saat ini memang kita belum sebanding dalam kekuatan militernya dengan China…”mbah bowo lagi nih” 🙂 salam

    • Tiongkok bagaimanapun memposisikan dirinya seperti nazi jerman pada perang dunia 2…
      Terang2an tiongkok mengajak bermusuhan begitu banyak negara di asia…
      Tapi ini posisi yg mungkin juga sangat sulit,mengingat tiongkok sebagai pemain besar dalam perekonomian dunia…
      Akankah ini menjadi perang dunia ke3?
      Atau Indonesia memposisikan dirinya sebagai penyelamat n pendamai?

  2. Semoga pertama

  3. waduh…. izin nyimak aja

  4. China asu koe

  5. Bung STMJ mana ya? Mo baca lanjutan tulisannya 🙂

  6. mbah bowo seneng banget in thread

  7. genderang perang apa sudah di tabuh ya…dung..dung..pas waktunya saat ada latgab TNI

  8. Masih banyak bangku kosong nih. Numpang pertamax neng!mau nontong perang urat syaraf.

  9. Saya rasa ini hanya akan sebatas perang statement; klo perang sesungguhnya (Asu cs vs RRT) saya kira msh sangat jauh… Berdasarkan pengalaman selama ini, perang (+kerusuhan) akan cepat berkobar jk musuhnya Asu enteng alias kecil alias tdk berimbang (itupun msh keroyokan)… Buset deh dajal!

    • betul tu asu laknatullah berani nya cuma sama yang lemah. . .itu pun keroyokan. . .coba sama yang kuat. . .palingan sindir2. . .

      SAKAM NKRI

  10. Makin rame lcs. Apa lg biang onar dah nimbrung…kl di warjag biang keroknya si B##o…

  11. Ass warjagers, ini adalah situasi yang membuat tni mencoba doktrin baru nya di latgab karena luar biasa ancaman keamanan nya untk indonesia apabila tiongkok dan amrik cs bentrok di lcs, maaf klw salah pendapat sy

  12. Ingat2 harus tetap fokus sama perkuatan alutsista kita.

  13. Nah ini nih bru rame………si naga vs si asu,bisa kebakar gak ekor si asu……he…he……

  14. Kenapa sih setiap konflik selalu muncul nama asuuuu , seneng banget deh tuh negara nyampurin urusan negara lain , sebenarnya amerika lah yang membuat suasana di lcs semakin panas , karna pasti saat amerika berkunjung ke negara negara sekutunya terdapat deal deal tersembunyi , entah itu bantuan keuangan atau pun alutsista untuk melawan atau menghadang cina , kalo misalnya gua sebagai pemimpin negara cina jika gua lihat negara tetangga gua sedang memperkuat negaranya , untuk melawan negara gua , dengan dibantu negara lain yang nota bene nya itu memang sering buat kekacauan di negara negara kecil khususnya timteng , apa gua harus diem aja nunggu diserang tuh sekutu sekupret , kan ngga jadi saling lomba lomba an deh tuh alutsistanya dan jadi tegang dah tuh kawasan , padahal sebenarnya amerika itu cuman mau nyari keuntungan aja di konflik ini bung , entah itu menjual alutsista atau yang lain .
    Sorry pendapat anak 18 tahun 😀

  15. Bener bung , gak akan amerika membantu misalkan benar benar cina menyerang sekutunya amerika di asia tenggara , amerika cuman nyari keuntungan aja di konflik ini ,

  16. Kaya nya amrik beraksi begitu keras ke tiongkok karena sekutu sekutu nya di asia timur juga philipin udah kepepet ngadepin militer tiongkok yang makin kuat jadi minta tolong amrik untuk kasih warning

  17. perang dingin doang,,, sesama bakul peluru ga bpleh saling dor doran. boleh saling bidik, ga boleh tarik peletuk coz akan sama2 babak belur.

  18. kayak nya harus di percepat ni perkuat alutsista di natuna dan tanjung datuk. . .supaya apa yang tidak kita ingin terjadi. . .contoh perang singkat terjadi antara USA cs VS RRT. . .imbas nya akan perdampak pada natuna. . .ini jika perang singkat…jika perang sudah mentok untuk diplomasi,maka benar ramalan dunia bahwa perang dunia 3 akan terjadi berawal dari LTS.walaun pun indonesia tidak ada berkepentingan di LTS dan non blok. . .mau tak mau indonesia pasti terlibat. . .karna perang terjadi di depan pekarangan rumah kita. . .semoga itu semua tak kan pernah terjadi. . .

    SALAM NKRI

  19. saya masih blank disini.. atas dasar apa pengajuan tiongkok terhadap 90% LCS, bukankah perbatasan laut ZEE sudah ada yang mengaturnya.. sekian kilometer dari batas pulau terluar gitu.. kok bisa-bisanya mengklaim sampe sejauh itu dari mainland… apa setiap negara adidaya bisa mengkalim wilayah laut, udara orang seenak perutnya..? kayak jaman dulu dong.. ekspansi teritorial..? yang kuat libas yang lemah.. bumi hangus, kemudian dibikin provinsi jauh gitu masih boleh yah..? kapan yah pemerintah beserta jajarannya menomor satukan kedaulatan penuh atas negara, wilayah, beserta dalemannya…? kemandirian dalam teknologi dan lain sebagainya.. bukan hanya mementingkan isi kantong semata karena mumpung mempunyai posisi strategis.. sebelum mereka terpilih, mereka koar-koar kemandirian dan kedaulatan.. setelah terpilih malah diam dan sibuk mengisi kantongnya biar bisa menghidupi keluarganya selama 7 turunan.. hadoooh… ampuuun… kagak nyadar apa itu harta banyak-banyak kagak bakal dibawa KOIT.. makan paling kenyang berapa sih…? 100rb sekali makan..? mau kena kolesterol tuh sekali makan segitu..? mobil beli banyak2 buat apa..? yang dipake cuman atu.. mau sekali nyupir langsung 2 mobil..? pejabat udah tua, makanan juga kudu dijaga… udah bau tanah… bukannya ibadah yang rajin malah korupsi gede-gedean.. apalagi kalo ketahuan korupsi.. dicibir tetangga.. anak-anaknya jadi bahan olok-olok… istri jadi bahan gosip.. apa kagak kasian… gak cukup apa gajih sehari-hari… capke ngeliat tingkah mereka.. numpuk-numpukin uang.. sebanyak-banyaknya.. padahal cuman jadi angka di buku tabungan.. cuman angka lho.. padahal yang dibawa keliang lahat itu buakan angka yang ada di buku tabungan… cuman harta yang bermanfaat bagi orang lain yang di bawa keliang lahat.. yang udah jadi mesjid.. yang udah jadi panti asuhan.. yang udah jadi pesantren.. itu juga kalo ikhlas.. hehehe… kalo untuk pencitraan sih mana di ITUNG… wkwkwk…

  20. Menarik Untuk Dicermati Tiga pokok Alinea diatas:

    Jenderal Chenghu yang merupakan profesor di Universitas Pertahanan Nasional Tiongkok, menuduh Hagel munafik dengan berkomentar seperti itu. ”Dalam pandangannya (Hagel) apa yang dilakukan orang Tiongkok adalah ilegal, dan apa pun yang orang Amerika lakukan adalah benar,” sindir jenderal Tiongkok itu mengacu kepada, kepala Pentagon AS.

    ( Jelas banget cina menyindir halus tapi dalam kepada USA bahwa setiap tindakan apapun yang di lakukan oleh amerika/nato akan selalu bener alias tidak melanggar aturan PBB atau Internasional,kasus libya,irak,afganistan) sedangkan setiap tindakan yang di lakukan oleh negara negara diluar amerika/nato selalu di cari cari kesalahan nya.contoh aneksasi crimea oleh rusia,LCS oleh cina,uji coba nuklir Korut. seakan sebuah sindiran telak dilakukan cina kepada amerika)

    alinea ke dua

    Dia menekan AS untuk memperlakukan Tiongkok sebagai mitra yang sejajar. Jika tidak, Tiongkok mengancam akan menjadikan AS sebagai musuh.”Jika Anda (AS) menjadikan Tiongkok sebagai musuh, Tiongkok benar-benar akan menjadi musuh AS,” ancam Jenderal Chenghu.
    (Seacara halus mungkin bisa di ibaratkan seperti kata pepatah orang indonesia” loe jual gue beli” .dalam hal ini cina seakan berkata: ” kalo jalan lihat lampu merah,kuning,hijau,artinya ada waktu dimana amerika harus belajar menghargai cina sebagai bangsa besar,bahwa cina yang sekarang berbeda dengan yang dulu.)

    aliena ke tiga

    “Jika Amerika menjadikan Tiongkok sebagai musuh, kita, Tiongkok harus mengambil langkah-langkah untuk membuat diri kita memenuhi syarat sebagai musuh AS. Tapi, jika Amerika menjadikan Tiongkok sebagai teman, maka Tiongkok akan menjadi teman yang sangat setia, yang akan kooperatif,” tegas dia.

    ( cina lagi lagi berkata kepada amerika, jika ingin berteman dengan cina jadilah temen yang baik,sopan dan ramah, namun jika tidak sopan rasain akibatnya nanti.dalam hal ini seakan cina berkata, mau damai OK…mau perang..yukk marii cin…capcuss ) lo jual gue beli ….

    cuma OOT pribadi..dari ofice boy

  21. secanggih apa pun senjata asu
    lawan panda tidak akan berguna
    klo satelitnya dah angus karna kbarnya panda dah bsa tembak tuh satelit …monggo bung
    jalo@

  22. June 2, 2014 at 1:49 am
    sudah siapkah kita berperang..??
    se siap apkah negara kita untuk berperang..??

    sudah tahukah posisi kita berada di mna,,?

    sudah tahukah kita siapa musuh kita..?

  23. pernyataan mengejutkan saat pembukaan seminar Nasional kebangsaan di hotel Horizon sabtu 31/05/2014 Guburnur bengkulu wancanakan Bengkulu merdeka karena kecewa dengan pemerintah pusat. menurut Rektor UNIB (universitas Bengkulu) “bagus bagi bengkulu. jadi Anggota Negara Persemakmuran bergabung dengan inggris” menurut Rektor Universitas Bengkulu Dr. Ridwan Nurzai,SE.M.Sc indonesia belum merdeka karena bila di tinjau dari segi ekonomi kekayaan indonesia banyak dikuasi perusahan asing sebaliknya bukan dikuasi negara untuk kesejahteraan masyarakat.

    Big Boz pernah mengatakan kepada salah satu krateker sumatra tengah dari pada pemekaran membuat propinsi mendingan buat negara saja .. rakyat sumatra sekarang binggung menentu nasib untuk kesejahteraan dan masadepan makan saja susah. mau biaya sekolah saja susah. jika di lihat dari petah sumatra lebih dekat kepada singapura ( persemakmuran) mungkin nanti nasib anak cucuk kita akan bahagia di sadari lah.

    pernah di lakukan surve kepada anggota tni/polri yang berasal dari sumatra mereka juga setuju jika nanti terjadi hal yg tidak di inginkan namun demi isi perut anak dan cucuk apa boleh buat dari pada mati sekarang lebih baik seratus tahun yang akan datang

    • Ora opo opo, tetaplah semangat. Walau bagaimanapun NKRI negara kita. Tak bermaksud kampanye, tapi coba kita pilih pemimpin yang mau membangun rakyat kecil dengan serious. Pas nih masanya telah tiba. Maaf ya tidak bermaksud menasehati.

    • Bung rapopo…dr sejarah emang bener bengkulu yg jajahan inggris tuker guling sama malaka yg dikuasai belanda (sebagian semenanjung termasuk singapork) biar wilayah jajahan belanda dan inggris nyatu…

      Yg lucu itu gubernur sama rektor UNB itu yg minta merdeka trs mau jd dominion inggris…balikin dulu tuh semenanjung dan spore baru kita bicara bengkulu merdeka…

      Mereka bicara begitu merupakan pembohongan publik,mencari popularitas dan mengail di air keruh…saya bolak balik bengkulu dua bln sekali dan sy tahu persis kondisi disana.bagaimana “cakepnya” birokrat di bengkulu sdh terkenal di seantero negeri…bengkulu cm menggantungkan hidupnya dari sawit dan sedikit tambang.pariwisatanya mlempem karena minim perhatian pemda yg sibuk mencari keuntungan pribadi Walau cukup menjanjikan mengingat separuh wilayah bengkulu menghadap samudera hindia..investor ragu masuk bengkulu karena tingginya ongkos birokrasi dan labilnya alam karena dekat dengan ring of fire (sering gempa).satu satunya sumber pendapatan rakyat bengkulu adalah sawit…

      Jangan bertingkah lah mereka berdua ini…urus dulu moral pribadi baru urus hal yg lebih besar…kasihan rakyat bengkulu yg sdh sejak lama hidup dlm kepasrahan karena kelakuan birokratnya…kalau meriam di benteng malborough itu masih ada pasti sdh ditembakan rakyat bengkulu ke kantor gubernur :mrgreen:

    • Kalau memang benar apa yg dikatakan dan diinginkan oleh si Gubernur dan Rektor tsb, menurut saya tangkap, penjarakan dan copot dari jabatannya; itu bermaksud utk makar; setidaknya copot dari jabatan mereka! Saya heran, msh ada aja pemimpin daerah punya ide spt itu, tdk punya nasionalisme samasekali.

      Saya ini kelahiran Kalimantan Tengah, sekarang hidup dan tinggal di Banjarmasin (Kalimantan Selatan); daerah kami sangat kaya. Walaupun pembangunan di daerah saya (Kalteng dan Kalsel) msh “terseok-seok”, kami tdk pernah berpikiran seperti itu.

      Kalau memang berita itu benar, saya mohon Presiden mencopot kedua orang tersebut; anggap saja mereka telah melakukan tindak pidana makar yg belum tuntas.

    • Wah pemikiran sparatis
      Bahaya untuk keutuhan NKRI, apalagi yg berbicara gubernur, sbg orang no 1 di bengkulu.
      Jiwa nasionalismenya perlu dipertanyakan?

    • Hmmm…bukannya sudah jaman otonomi daerah dimana tiap pemerintah daerah punya wewenang sangat luas untuk mengelola kekayaan daerahnya sendiri. Setahu saya saat ini merupakan jaman emas untuk daerah-daerah karena kontrol pusat tidak seperti dulu melainkan memberikan banyak ruang gerak bagi pemda untuk berkreasi membangun daerahnya (yang banyak digunakan pejabat daerah untuk memperkaya diri sampai ditangkap KPK)

  24. Biasanya kemajuan teknologi militer perlu tempat untuk menguji kemampuannya biar beatle proppen. Biar bisa dijual. Nah untuk saat ini tempat yang pas ya di LCS. Perang dilaut mungkin dianggap mereka tak banyak memakan Korban sipil…….(sorry analisanya agak ngawur. Maklum pengamat dadakan. He he he). Salam hangat untuk semuanya. Assalamu’alaikaum. Selamat pagi semuanya.

  25. Asu sdh lama ingin indonesia pecah dengan begitu mudah dikuasai contoh prri ,ada campur tangan asu di sana dikarenakan pembangunan tdk merata yg dibangun hanya jawa seolah olah indonesia hanya jawa.itu semua tergantung pemimpin jika pemimpin mampu meratakan pembangunan ,jika sesuatu bencana terjadi di jawa,ekonomi tdk terkena imbasnya.

  26. Oalah, USA cuma brani gertak aja. Gertak nya cuma skedar jaga wibawa aja & menunjukkan ke anak asuh nya klau USA msih pantas jadi tmpat prlindungan bagi mreka…

  27. Dari karakteristik dan sejarah Tiongkok, biasanya hal2 seperti itu (penguasaan wilayah) akan selalu terjadi, ditambah saat ini *(mungkin) perekonomian Tiongkok lagi maju2-nya, utk itu boleh lah sy berpendapat:
    1. Karakter bangsa Tiongkok yg biasanya suka akan peperangan, maka sy yakin dampak nya akan
    berimbas ke wilayah NKRI.
    2. Pengakuan sepihak atas wilayah yg msh dipersengketakan, Tiongkok sdh langsung bergerak dan
    action utk membangun menara atau pengeboran.
    3. Pertanyaannya, apakah kita sudah menyiapkan langkah2 taktis yang seharusnya dilakukan
    (mudah2-an sudah).
    4. Biasanya ketika penguasaan ekonomi sdh dilakukan, maka tinggal gertak saja negara yg berkoar2.
    Jika sdh dilakukan masih juga koar2, maka perang fisik akan pasti terjadi. (saat ini obligasi AS sdh
    dikuasai oleh Tiongkok).
    Berarti MEF yg kita canangkan akan lebih bagus utk segera dikebut dan sdh semestinya seluruh rakyat (DPR) hrs mengawal tanpa ada pengurangan atau kebocoran disana sini. Dan alangkah bijaknya kalau wawasan seperti: gangguan dan ancama di wilayah NKRI sering digaungkan (bukan sbg provokasi) kepada rakyat melalui peran teritorial yg ada di Koramil2 dan Kodim2.

    • Yang susah itu triple thread. Cina pake tangan asu(syarat untuk bayar utang) asu pake tangan melon(di komporin masalah kalimantan utara). Pas dah warkopnya “Maju Kena Mundur Kena”. Kalo udah gini , pasti ikutan …

  28. dulu tidak ada yg bs mengira jk uni soviet bs hancur terpecah belah,kemudian pecahan soviet di rangkul amerika utk masuk menjadi anggota nato,jk meruntuhkan soviet dgn senjata mungkin akan terjadi kehancuran dimana2..butuh ramuan special utk meruntuhkannya!
    Begitu pula china,yg setelah runtuhnya uni soviet menjadikan china satu2nya negara yg menjadi ancaman serius buat kepentingan2 amerika,sdh pasti dr jauh2 hari amerika menunggu saat yg tepat utk melakukan menekan beijing,permainan sdh dimulai sejak semagin agresifnya teror2 diprovinsi xin jiang ditambah menghangatnya hubungan china dgn jepang,vietnam dan phiilipines..saya yakin jk amerika berharap china semakin agresif,agar ada alasan utk amerika mengirimkan pasukannya.
    Secara matematis amerika bknlah lawan sebanding buat china

  29. flanker bravo@waduh..maen tangkap ,penjarakan dan copot dr jabatan aja..ntar dulu,kita maknai dl maksudnya koq sampai gubernur bengkulu berwacana seperti itu..mungkin cm skedar teguran buat jakarta,saya jg faham secuil daerah bengkulu..mmg msh byk rakyat di utara yg kehidupannya dibwh rata2,saya jelajahi mulai dr bengkulu utara sampe selatan,sempat 1bln di lubuk durian,argamakmur kmudian ke muko2,saya jg pernah ke manna,bintuhan,kepahiang trus masuk ke pagar alam kab lahat sumsel..di bengkulu kota saya sempat jln ke rmh mendiang bung karno di anggut atas..pantai panjangnya,benteng malbrough serta pelabuhan pulau baai,mau ke enggano ga jd krn ombaknya ga bersahabat..oh iya,batubara di bengkulu memiliki kwalitas no 1 di indonesia..bengkulu kota kecil yg indah tertata rapi dan punya nilai sejarah,namun syg mungkin kurang perhatian dr pemerintah pusat

  30. NGERI, NGERI POKOKNYA NGERI………………………………
    BANYAK ORANG AKAN DISEMBELIH PEDANG BENGKOK PLA, PEDANG KHAS MONGOL ………

    Sedih mbah bila harus melihat mayat berbau gosong dan bangkai manusia bergelimpangan dimana-mana.
    Mbah hanya ingin hidup bahagia di masa tua, yang muda biar bersabung nyawa, mbah hanya bisa berdoa.

  31. mbah sedih, banyak bangkai manusia bergelimpangan sana sini.

  32. Malingsia beli HQ16 berikut TOT

    China Offers LY-80 Missile System to Malaysia with ToT
    02 Juni 2014

    LY-80/HQ-16 is a third generation Chinese land-based mid-range surface-to-air missile defense system with effective range of 1.5-30.0 km (photo : Army Recognition)

    Khazanah, China Firm To Explore Green Energy Investment In Malaysia

    BEIJING (China) (Bernama) — The Malaysian government’s investment arm Khazanah Nasional Bhd has signed a cooperation agreement with Beijing Enterprises Group Co Ltd to pursue strategic co-operation and explore investment opportunities in green and clean energy industries in Malaysia.

    The agreement was among 11 signed at the China-Malaysia Business Summit, witnessed by Prime Minister Datuk Seri Najib Tun Razak and Vice Premier of China’s State Council Wang Yang here today.

    Under the agreement, Khazanah via its investee company CIMB Group would be involved in assisting Beijing Enterprises Group Ltd, a subsidiary of Beijing Enterprise Group Co, to issue ringgit denominated Islamic bonds to fulfil the financing needs of a water supply enhancement construction project in Terengganu.

    Prior to the agreement, Khazanah had invested US$152 million in Beijing Enterprises Group, representing a 4.62 per cent stake.

    Khazanah has also sold three of its wholly-owned waste incineration power generation projects in China to Beijing Enterprise Group Co for a total consideration of 650 million Renminbi.

    Part of the consideration was settled by the issuance of 347 million shares, comprising a 23 per cent stake in Beijing Development (Hong Kong) Ltd, a subsidiary of Beijing Enterprise Group Co.

    The prime minister also witnessed the signing of a memorandum of understanding (MoU) between Universiti Tun Razak and Beifang University of Nationalities for the exchange of students and staff members.

    The MoU also includes collaborative research and possible exchange of academic papers, mutual assistance in the preparation of seminars, conferences and workshops, delivery of award and non-award courses, and an articulation arrangement which could involve credit for prior study.

    Malaysian automotive company Naza Corporation Sdn Bhd signed a MoU with CSR Zhuzhou Electric Locomotive Co Ltd on the construction of a proposed transportation project in Malaysia.

    Both companies also agreed on a strategic collaboration for the assembly of railway rolling stock in Malaysia.

    LY-80 Missile System

    Another MoU, between Aneka Bekal Sdn Bhd and Aerospace Long-March International Trade Co Ltd, sees the latter offering the LY-80 Medium-Range-Air-Defence Missile Weapon System bundled with transfer of technology.

    Meanwhile, 1Malaysia Development Corporation Bhd signed an investment cooperation agreement with Export-Import Bank of China for the establishment of a joint venture partnership for the proposed development of projects in Malaysia on terms and structure to be mutually agreed to by the parties at a later stage.

    Both parties intend to make the same contribution of up to US$300 million in tranches to be utilised for the development cost of projects.

    The cost would be identified and agreed to by both parties subject to the outcome of joint feasibility, evaluation, relevant government and corporate approvals.

    Another company, Pemaju Jaya Capital Sdn Bhd, signed a framework agreement on joint venture projects with Handan City Government to open a charter airline business in Malaysia to promote interoperability between the two countries.

    The agreement also includes the expansion of Handan Airport phase three and the construction of Handan City Airport.

    (Bernama)

  33. Tiongkok musuh yang merepotkan amerika tapi belum sepadan, kita tidak boleh berpihak krn dua duanya mitra penting indonesia

 Leave a Reply