Perisai Udara Militer Rusia Mampu Deteksi Semua Jenis Rudal dan Roket

Sebuah radar peringatan dini Voronezh-DM yang bekerja pada jalur UHF di wilayah Leningrad, Rusia. © Wikipedia

Perisai Udara Militer Rusia Mampu Deteksi Semua Jenis Rudal dan Roket 1

Pasukan Luar Angkasa Rusia mempu mendeteksi semua jenis rudal balistik dan peluncuran roket ruang angkasa sejak tahun 2016, seperti dilansir dari Sputnik News.

Komando Angkatan Udara Rusia untuk Pasukan Luar Angkasa telah mendeteksi lebih dari 40 peluncuran rudal balistik dan roket ruang angkasa tahun lalu, kata Komandan Pasukan, Letjen Alexander Golovko pada hari Selasa.

“Sebagai bagian dari tugas kesiagaan perang pada tahun 2016, sistem peringatan rudal, yang dikhususkan sebagai kendali ruang angkasa serta sistem pertahanan anti-rudal telah mendeteksi lebih dari 40 peluncuran rudal balistik asing dan domestik serta roket ruang angkasa”, kata Alexander Golovko kepada Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu.

Pada hari Selasa, Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu tiba di kota Yeniseysk, untuk mengunjungi stasiun radar peringatan dini Voronezh-DM.

Sistem radar Voronezh-DM (77Ya6-DM) bekerja di kisaran desimeter (UHF) dan dirancang oleh NPK NIIDAR. Memiliki jangkauan hingga 10.000 km dan mampu melacak 500 objek secara bersamaan.

Berdasarkan data tahun 2015, jangkauan maksimal radar ini adalah 10.000 km. Jangkauan horizontal sekitar 6.000 km dan jangkauan vertikal sejauh 8.000 km. Pada jarak 8.000 km, radar mampu mendeteksi target seukuran lapangan “sepak bola”.

Sistem radar tersebut mampu mendeteksi balistik, pesawat ruang angkasa dan objek aerodinamis termasuk rudal balistik dan jelajah. Sistem serupa telah dipasang dibeberapa wilayah Rusia seperti di Leningrad, Kaliningrad dan Irkutsk.

Leave a Reply