Oct 062016
 

oms_110_200_3_gross

Periskop adalah mata kapal selam. Perangkat tersebut memungkinkan kru kapal selam melihat situasi di permukaan air dan di udara dengan aman sambil tetap menyelam dibawah air, yang memungkinkannya tetap tersembunyi dari deteksi pesawat dan kapal permukaan musuh.

Kapal selam Chang Bogo pertama Indonesia kemungkinan dilengkapi dengan dua periskop kombinasi, yakni periskop serang – Sero 400 dan periskop pengintai – OMS 100.

OMS-100 mengintegrasikan sensor optronic dengan kamera TV warna beresolusi tinggi dan imaging thermal generasi ketiga. OMS 100 menggunakan tiang kompak yang tidak menembus lambung kapal selam. Tiang kompak sepanjang 18 meter mampu memanjang dengan cepat ke permukaan air hanya dalam beberapa detik. OMS 100 sepenuhnya beroperasi secara otomatis sehingga tepat untuk pengintaian dan pemindaian cepat karena sensornya sering beroperasi dalam kondisi ekstrim.

Imaging thermal generasi ketiga OMS 100 mampu memantau target meski cuaca gelap dan visibility terbatas, sedang penjejak laser yang dimilikinya mampu mendeteksi dan menghitung jarak target dengan kapal selam secara akurat.

4

Sedangkan Sero 400 adalah periskop yang banyak digunakan pada kapal selam Type 209 improved, Type 212 dan Type 214. Berkemampuan Direct View dengan gyroskop serat optik berkemampuan tinggi dibandingkan periscop lawas yang masih menggunakan gyros mekanik.

Sero 400 dirancang dengan bahan non-magnetik, terutama untuk meminimalkan jejak magnetic yang sangat membantu kapal selam beroperasi secara diam-diam. Sero 400 juga memiliki baterai cadangan yang memungkinkannya tetap mampu beroperasi saat kehilangan daya.

psim2

Beberapa kemampuan Sero 400 lainnya

High-performance optics
Two-axis line-of-sight stabilisation
Modular design
3-stage optical magnification changer
Full combat system integration
ESM-EW/GPS antenna interface
Camera sensor integration
Antenna interface

Tidak salah, dengan kemampuan penglihatan yang mumpuni terutama untuk kesadaran situasional yang lebih baik, kapal selam Chang Bogo pertama Indonesia yakni KRI Nagapasa 403 memiliki kecanggihan setara dan tidak kalah dengan kapal selam stealth termodern milik negara-negara maju.

Jakartagreater

Bagikan :

  63 Responses to “Periskop OMS 100 dan Sero 400 – “Mata” Kapal Selam Chang Bogo Indonesia”

  1.  

    Nggak nyari pertamax

  2.  

    Lho komenku kok ilang… Pertamax…

  3.  

    MasyaAllah..komenku kok ga muncul2…. Pertamax

  4.  

    Pertamax saya dedikasikan kepada malonista malonisti di kolong langit

  5.  

    Kok nagapasa? Nagabanda keles.. Emangnya nagapasa ungu?

    •  

      wkwkwkwk…

      •  

        Bisa bung@PW,, dgn adanya CMS Kongsberg MSI-90U Mk2 changbogo mempunyai kemampuan utk nembakin Rudal.. utk changbogo seri terbaru korsel udah bisa nembakin rudal Haesung-III ( versi kapal selam), dimana yg jd masalah cuman,, dikasih ijin atau ga indonesia beli rudalnya sama si mamarika.. kan rudal haesung hasil lisensi Harpoon nya mamarika..

        Pilihan lain bisa pake Rudal IDASnya jerman.. tapi long range nya cuma 20KM.. Turky thn 2013 sempet ditawarin buat ngembangin bareng rudal IDAS ini.. bersama.paket pembelian u 214.. kalo kita punya dana mungkin bisa beli nih rudal + produksi dimari.. semuanya bisa negotiable..

        Dgn adanya Penawaran CMS SUBTICS dari DCNS kayanya bisa jd alternatif TNI AL kita, kalo ga dikasih ijin beli Harpoon/ Haesung III..
        Dgn adanya SUBTICS kita bisa beli SM-39 Exocet.. mudah2 penawaran dari DCNS bisa diambil & dicangkokin di changbogo 3 kita yg bakal dibangun di PT PAL..

        •  

          ujungnya cangbogo kita tampa torpedo kelas atas….sama aj sama elbot yg pencilnya tumpul

        •  

          @KW
          siapa bilang kagak dapat torpedo kelas atas?? Makanya baca dulu tong.. itu changbogo bisa ngegotong blackshark.. tinggal tergantung sesembahan ente,, mau beli apa kagak.. kalo masalah senjata yg digotong,, changbogo bisa kaya u214..

        •  

          Ooooo…gitu.., pantesan torpedo & rudal ASM nya gak pernah di sebut..
          belom dapet ijin dari uncle sam, lalu munculah berita soal DCNS kemaren……Hmmm

        •  

          @whelleh

          Dg msi-90 u pun insya allah CBG bisa ngluncurin exocet sm-39….asal mau ngongkosin biaya sertifikasinya aja, soalnya sampai saat ini belum ada yang make, tapi pabriknya (kongsberg) mastiin bisa

    •  

      Nama Nagabanda dulu belum resmi.
      Sekarang sudah resmi bernama Nagapasa…

      Keles…

    •  

      Nagabanda mungkin ….
      Salah tulis…itu…..

    •  

      hahahahaa … masuk bung

  6.  

    Bener bung admin(bung Diego)…tolong deh komen sob warjager ditampilkan semuanya. Ga semua komen sob warjagers krg bagus,tp banyak juga komen sob warjagers bermutu dan bisa menambah wawasan.
    Thanx bung Diego.

  7.  

    ok kemampuan penglihatanya sdh mumpuni, gendongane gimana, pake pencil apa

  8.  

    Nagapasa = Naga + Pasa = Naga sedang Puasa.

    Kalau Naganya sedang puasa lalu dia sahurnya kapan ya ? Trus bukanya kapan juga ya ?

  9.  

    Tes

  10.  

    Testing

  11.  

    Tes 123

  12.  

    testistestis hakhakhak

  13.  

    ga sabar pengen liat tes ngluncurin tropedo dan pencil pak.. pengen liat foto2nya dan ga mungkin liat secara live..

  14.  

    Nagabanda class with calibre missile … Someday…

  15.  

    Wah mulai lagi nih komen politik lg.. Please tonk kitu atuh… Ini beda artikel.. Nanti artikel politik aja .. Tp jgn hujat menghujat presiden / mantan presiden .. Cukup caci maki individunya aja. Hihihi..

    •  

      Setiap manusia pasti kempunyai kekurangan dan kelebihan, jika yang di hujat adalah Preaiden atau Wakil Presiden Indonesia ataupun mantan Presiden atau Wakil Presiden Indonesia adalah musuh Warga Negara Indonesia!
      Jika nama Pahlawan kita untuk di jadikan salah satu nama Kapal Perang TNI AL sempat mendapat reaksi keras dari negara tetangga, apa Petinggi Negara Indonesia di jadikan bahan ejekan adalah sama halnya dengan menghina Indonesia.
      Mohon pahamilah kepada WARJAG untuk dapat berlaku santun dalam berkomentar tanpa menghina ataupun mengejek Presiden / Wakil Presiden Indonesia ataupun mantan Presiden / Wakil Presiden Indonesia.

      Peace

    •  

      @andri. biasa mas ciri kas gigi nuklir,mungkin waktu dulu dia di lahirkan, kelurganya mungkin terlupa baca do’a.

  16.  

    nagapasa,nagabanda,nagasasra,nagakikik,nagarunting,nagabaru dll adalah nama2 keris legendaris dengan ksaktian luar biasa

  17.  

    Chasing 209 jeroan 214/212 yooosh

  18.  

    Smua pasti kalah sama NagaBonar

  19.  

    walaupun ks bikinan korea tp moga2 dalemannya kaya buatan jerman….nggak cuma periskopnya aja..

  20.  

    Bolehlah…..

  21.  

    krunya sekllian diajari merpati putih..biar bisa nerawang dgn mata batin.takutnya periskopnya error..cuma usul hehehe

    •  

      Aku heran, jaman udah canggih gini kenapa masih bikin periskop itu pake konsep lama dimana yg lihat dan mengendalikan periskop orangnya kudu berdiri, ngintip lensa walaupun gambar bisa ditampilkan di layar. Masih pake konsep kaku gitu ya walau mungkin alesannya ciri khas kapal selam.
      Kenapa gak dibikin simple aja yg mengendalikan cukup duduk manis ngatur tuas remote di meja, mau muter muter tuh periskop, kalo perlu pake kamera 360 derajat tinggal melototin aja.
      Kalo perlu periskopnya pake drone aja, jadi gak perlu nyembul ke permukaan.
      Ahhh…. payahhhh…………….

  22.  

    Mungkin terakhir nagasari

  23.  

    ab

  24.  

    Aku heran, jaman udah canggih gini kenapa masih bikin periskop itu pake konsep lama dimana yg lihat dan mengendalikan periskop orangnya kudu berdiri, ngintip lensa walaupun gambar bisa ditampilkan di layar. Masih pake konsep kaku gitu ya walau mungkin alesannya ciri khas kapal selam.
    Kenapa gak dibikin simple aja yg mengendalikan cukup duduk manis ngatur tuas remote di meja, mau muter muter tuh periskop, kalo perlu pake kamera 360 derajat tinggal melototin aja.
    Kalo perlu periskopnya pake drone aja, jadi gak perlu nyembul ke permukaan.
    Ahhh…. payahhhh…………….

  25.  

    @Donlego..betul bung malah seharusnya lontong yg ghoib dikasih nama NagaBonar,NagaBonar jadi 2, jadi 3,jadi 4 ampe jadi-jadian…xixixixixixi

  26.  

    Oke

  27.  

    Ajiib dh…

  28.  

    Nama2 KS kita dulu :
    1. CAKRA 401
    2. NANGGALA 402
    3. NAGA BANDA 403
    4. TRISULA 404
    5. NAGA RANGSANG 405
    6. CANDRASA 406
    7. ALUGORA 407
    8. CUNDAMANI 408
    9. WIJAYADANU 409
    10. PASOPATI 410
    11.HENDRA JALA 411
    12. BRAMASTA 412

    Chang Bogo seharusnya adalah Naga Banda 403, kalo berubah menjadi Naga Pasa………., jangan2 nama dari Naga Banda sampai Bramasta ….sudah ada yang pake……….sehingga harus nambah nama baru…………

  29.  

    nggak ada salahnya kalau mulai sekarang para warjager berhenti mengeluarkan kata-kata yang kurang pas terhadap negara tetangga di semenanjung, sayapun jujur tidak senang dengan perilaku mereka yang sombong dan sering buat ulah meremehkan bangsa kita, tapi biarlah kita tidak perlu bersikap berlebihan karena leluhur kitapun sangat santun yang menunjukkan bahwa bangsa Indonesia sangat beradab, ….. semoga kapal selam pesanan kita dari korea bisa segera rampung dan mengabdi menjaga
    kedaulatan Nusantara ibu Pertiwi tercinta…

    •  

      jangan bung@kebeerje.. nanti bung@colibri bingung mau komen apa..xixixixixii

      ane juga setuju ga ada masalah kata2 menghina negara semenanjung selama mereka ga komen dimari.. kecuali kalo mereka udah pd nongol terserah warga dimari dah.. setidaknya bung@colibri bisa melampiaskan nafsunya..xixixixixi

  30.  

    biarin aja ini forum kita ,, beruk malah lebih parah lagi mencerca negara kita di forum mreka, kita gak ada gunanya sama sekali bersopan santun ma beruk cuma buang buang enerji doang

  31.  

    forum mereja yang niru jkg ini apa ya, ada yang tahu ndak sob…

  32.  

    Tiang snorkel model transparan masih dirahasiakan, dan hanya dipakai ketika perang meledaak???

 Leave a Reply