Periskop OMS 100 dan Sero 400 – “Mata” Kapal Selam Chang Bogo Indonesia

Periskop adalah mata kapal selam. Perangkat tersebut memungkinkan kru kapal selam melihat situasi di permukaan air dan di udara dengan aman sambil tetap menyelam dibawah air, yang memungkinkannya tetap tersembunyi dari deteksi pesawat dan kapal permukaan musuh.

Kapal selam Chang Bogo pertama Indonesia kemungkinan dilengkapi dengan dua periskop kombinasi, yakni periskop serang – Sero 400 dan periskop pengintai – OMS 100.

OMS-100 mengintegrasikan sensor optronic dengan kamera TV warna beresolusi tinggi dan imaging thermal generasi ketiga. OMS 100 menggunakan tiang kompak yang tidak menembus lambung kapal selam. Tiang kompak sepanjang 18 meter mampu memanjang dengan cepat ke permukaan air hanya dalam beberapa detik. OMS 100 sepenuhnya beroperasi secara otomatis sehingga tepat untuk pengintaian dan pemindaian cepat karena sensornya sering beroperasi dalam kondisi ekstrim.

Imaging thermal generasi ketiga OMS 100 mampu memantau target meski cuaca gelap dan visibility terbatas, sedang penjejak laser yang dimilikinya mampu mendeteksi dan menghitung jarak target dengan kapal selam secara akurat.

Sedangkan Sero 400 adalah periskop yang banyak digunakan pada kapal selam Type 209 improved, Type 212 dan Type 214. Berkemampuan Direct View dengan gyroskop serat optik berkemampuan tinggi dibandingkan periscop lawas yang masih menggunakan gyros mekanik.

Sero 400 dirancang dengan bahan non-magnetik, terutama untuk meminimalkan jejak magnetic yang sangat membantu kapal selam beroperasi secara diam-diam. Sero 400 juga memiliki baterai cadangan yang memungkinkannya tetap mampu beroperasi saat kehilangan daya.

Beberapa kemampuan Sero 400 lainnya

High-performance optics
Two-axis line-of-sight stabilisation
Modular design
3-stage optical magnification changer
Full combat system integration
ESM-EW/GPS antenna interface
Camera sensor integration
Antenna interface

Tidak salah, dengan kemampuan penglihatan yang mumpuni terutama untuk kesadaran situasional yang lebih baik, kapal selam Chang Bogo pertama Indonesia yakni KRI Nagapasa 403 memiliki kecanggihan setara dan tidak kalah dengan kapal selam stealth termodern milik negara-negara maju.

Jakartagreater

Tinggalkan komentar