Oct 242016
 
New Centauro II Tank (iveco-otomelara.com)

New Centauro II Tank (iveco-otomelara.com)

Roma – Tank baru Italia, Centauro II, tampil dalam berbagai tes militer 19/10/2016, setelah Parlemen negara Italia terus berdiskusi untuk memutuskan apakah akan mendanai pembelian kendaraan tersebut.

Wakil Kepala Staf Pertahanan Italia, Letnan Jenderal Danilo Errico berada di antara tamu yang berkumpul di wilayah Cecchignola Army, di pinggiran Roma untuk menonton satu prototipe tank berpenggerak roda.

Tentara Italia berharap untuk membeli 150 kendaraan, yang dibangun oleh perusahaan patungan antara perusahaan Leonardo dan truk-pembuat Italia, Iveco.

Dengan meriam 120mm, komunikasi digital dan mesin 720 tenaga kuda, tank baru Centauro II lebih besar, lebih kuat dan lebih baik kabel dari pendahulunya, Centauro, yang akan digantikan.

Kepala pengadaan Angkatan Darat Letnan Jenderal Francesco Castrataro mengatakan tank ini ringan dan sangat cocok untuk brigade yang saat ini mengunakan armored troop carrier Freccia yang baru.

Freccia armored troop carrier 8x8

Freccia armored troop carrier 8×8

“The Centauro baru adalah tank destroyer / anti-tank yang melindungi tentara, bukan tank, dengan bobot maksimum 30 ton,” katanya.

“Sangat penting untuk menggabungkan kemampuan Centauro baru dengan Freccia 8×8, yang merupakan transporter pasukan. Mereka gesit, fleksibel dan dapat melaju lebih dari 100 [kilometer per jam] di jalan, “tambahnya. “Kendaraan ini lebih murah, lebih ringan dan lebih fleksibel daripada tank dengan kekuatan destruktif yang sama.”

Tank CENTAURO II MGS 120/105 (iveco-otomelara.com)

Tank CENTAURO II MGS 120/105 (iveco-otomelara.com)

Delapan roda dari Centauro baru memperpanjang keluar lambung kendaraan dari pendahulunya, untuk memberikan stabilitas yang lebih besar.

“Alasan kedua adalah bahwa setiap ranjau yang dipicu oleh tekanan ban, akan meledak jauh dari lambung,” ujar seorang pejabat dari perusahaan patungan pembuat tank ini.

Tank CENTAURO II MGS 120/105 (iveco-otomelara.com)

Tank CENTAURO II MGS 120/105 (iveco-otomelara.com)

 

Tank Centauro tua tidak memiliki kemampuan digital untuk bekerja bersama Freccia 8×8 , yang diperkenalkan pada tahun 2009.

“Kita perlu keduanya yakni Freccia, dengan meriam 25mm-nya, dan Centauro, dengan meriam 120mm nya, bekerja sama di medan perang. Tank Model baru memungkinkan hal ini terjadi, “katanya.

Dirancang untuk berfungsi dalam suhu mulai dari minus 32-49 celcius, mesin Centauro II memberikan 24 tenaga kuda per ton dibandingkan dengan 19 hp untuk Centauro tua.

 

Tank CENTAURO II MGS 120/105 (iveco-otomelara.com)

Tank CENTAURO II MGS 120/105 (iveco-otomelara.com)

perlindungan ekstra ditambahkan setelah tiga tahun pengujian pada balistik, keramik dan komposit, sementara tujuh kamera dipasang pada lambung.

Anggota parlemen Italia memperdebatkan persetujuan Eur 530 juta (US $ 582 juta) yang dikucurkan untuk pembelian tank Centauro II, bersama dengan 10 tahun pelayanan logistik.

Pihak produsen mengatakan jika 200 pesanan ekspor diikuti, Kementerian Pertahanan Italia akan menutup investasinya sebesar Eur 46.800.000 dalam program berkat royalti.

 

Tank CENTAURO II MGS 120/105 (iveco-otomelara.com)

Tank CENTAURO II MGS 120/105 (iveco-otomelara.com)

Tahun ini, peluncuran-dana untuk pengadaan tank Centauro II hanya Eur 9,4 juta dan meletakkan tanggung jawab pada perencana, untuk menemukan uang tunai mencapai Eur 530 juta yang diperlukan dalam tahun-tahun mendatang.

Pada bulan Januari, Letnan Jenderal Danilo Errico optimis ia mendorong rencana pengeluaran selama 18 tahun untuk Angkatan Darat.

Sumber : Defensenews.com

Berbagi

  28 Responses to “Perjuangan Militer Italia untuk Dapatkan Tank Baru Centauro II”

  1.  

    Hm… lumayan juga tuh, lebih ekonomis.

  2.  

    Bagus juga ini

  3.  

    Lanjutkan..

  4.  

    anoa bisa dibuat kaya gini dong.
    gimana pendapat ente semua setaaaauju nggk?

  5.  

    Msh terlihat ringkih, dmn2 jika ingin tank yg kuat dan berotot, ga pake roda berantai, walaupun udah 8×8 ttp aja terlihat lembek, kurang gahar dan terlihat spt ifv atau apc…

  6.  

    masih oke Anoa, badak atau komodo, Cinta Produk sendiri dong

  7.  

    Sudah dipesankan lewat sasis BTR 4M…120mm…kita perlu kedua2nya meriam 30mmnya dan 120 mm nya…ehehhe

  8.  

    Panser badak di kasih meriam yg segede gini lebih jos ni daya gedor nya..
    Borooonggg pakk

  9.  

    kenapa aku lihatnya jadi terlihat lebih tipis ya 😀

  10.  

    Kunjungan Delegasi Kepala Staf Angkatan laut RI di Denmark
    Rabu, 19 Oktober 2016

    1 / 3

    Pada tanggal 19 Oktober 2016, bertempat di Bandar Udara Internasional Kopenhagen Kuasa Usaha Sementara, Ibu Magdalena F. Wowor Tompodung didampingi Atase Pertahanan RI, Kolonel (Inf) Rui Duarte, pejabat fungsi Politik KBRI, Donna Isyrina Fitrah dan Staf KBRI Kopenhagen turut menyambut ketibaan Kepala Staf Angkatan Laut RI, Bapak Laksamana TNI Ade Supandi beserta delegasi dari TNI-AL dan Kementerian Pertahanan RI. Setelah tiba di Kopenhagen KSAL dan delegasi langsung melakukan kunjungan dan peninjauan kapal Frigate Peter Willemoes bertempat di pangkalan AL pelabuhan Korsor Denmark.
    Kunjungan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kerja sama alih teknologi di bidang industri strategis. Sementara itu Indonesia secara konsisten memajukan kerja sama alih teknologi dengan berbagai negara mitra, termasuk dengan negara Denmark.
    Korsor merupakan sebuh kota perairan dan terletak sekitar 100 km sebelah barat daya kota Kopenhagen.

    Dok. KBRI Kopenhagen

    http://www.kemlu.go.id/copenhagen/id/berita-agenda/berita-perwakilan/Pages/Kunjungan-Delegasi-Kepala-Staf-Angkatan-laut-RI-di-Denmark–.aspx

  11.  

    indonesia bisa buatnya . saya yakin bisa . tank badak tinggal di panjangin body dan dibuat penggerak 8×8 dan membeli meriam dari swedia sudah jadi dehh tank made in indonesia . jangan lupa beli meriam ke swedia minta TOT yaa heheheheh . nanti buat sendiri meriamnya di indonesia . indonesia pasti bisa

  12.  

    mungkin ini yg di maksud pak habibie waktu itu.??

    btw sekarang sebutan tank tidak identik dengan kendaraan meriam beroda rantai, tp kendaraan meriam beroda karet jg di sebut tank (kata orang italia)

    pointnya
    “Kendaraan ini lebih murah, lebih ringan dan lebih fleksibel daripada tank dengan kekuatan destruktif yang sama.”

    pantesan jepang jg bikinTank Ringan berpenggerak roda 8×8 roda karet dengan sebutan Maneuver Combat Vehicle (MCV)

    Panser MCV Jepang, memiliki kecepatan maksimum 100km/jam dengan berat (combat weight) 26 ton, sehingga dinilai lebih lincah daripada kendaraan tempur yang menggunakan rantai (tracked). Berat Panser ini pun cocok dengan minimum payload dari pesawat taktikal transport baru Jepang Kawasaki C-2 yang sedang dikembangkan.

    ini yg harus di pikirkan konsep tank ringan:
    – cocok dengan minimum payload dari pesawat taktikal transport.
    – lebih murah, lebih ringan dan lebih fleksibel
    – kekuatan destruktif yang sama dgn tank pada umumnya.

  13.  

    Ga pake roda, tapi roda berantai maksudnya 🙂

  14.  

    Kehandalan tank bukan dilihat dari disaignya, tpi manuver dilapangan dapat mempertahankan diri dri serangan dan menembak tepat sasaran.

  15.  

    anoa lewat dah, anoa = yamaha mio, caentauro II kawasaki = ninja 1000

  16.  

    ini tank klo masuk bekasi bisa patah as nyah….

  17.  

    panser badak itu sama dengan AMX10RC

  18.  

    dibuat khusus perang kota…dengan 8 roda agaf stabil dalam berjalan dengan cepat dan bisa kabur jika kepepet……tingal di adu sama badak TNI.. dengan syarat turet badak di ganti standart kaya punya si leo…ayo pindad sempurnakan badak mu..buat nyeruduk kera kera lepas dan singa liar di utara

  19.  

    Italia mkn menamakan semua panser beroda itu juga tank,sdt kita tahu kalo tank rodanya pasti pake rantai dan panser menggunakan ban.

  20.  

    Hmm..keren

  21.  

    Kereeenn

 Leave a Reply