Dec 012014
 
Di bawah ini kumpulan gambar pesawat tempur, pembom atau pun  drone hasil riset tiga  negara maju di dunia,  baik yang masih dalam  tahap pengembangan atau pun tahap pembuatan prototipe, yang pasti  bukan mimpi di siang bolong.
Era supersonic segera berakhir, selamat datang era hypersonic, hal ini di ucapkan seorang petinggi Boeing ketika mengungkapkan keberhasilan mereka membuat pesawat hypersonic pertama di dunia, dan berhasil suskes dalam  tahap uji coba .walaupun blom di produksi massal untuk keperluan militer. berikut  gambar gambar yang bisa dilihat.

Amerika dengan Aurora Project Hypersonic Stealth

Rusia dengan PAK DA hypersonic stealth

Dua perbandingan di atas merupakan riset yang  telah lama bocor informasinya oleh publik sehingga telah menjadi perang teknologi antara Rusia dan Amerika Serikat.

Berikut beberapa contoh gambar lain:

China bomber stealth

USAF Stealth Bomber

Russian stealth fighter future  dan USAF stealth fighter tanpa ekor belakang.

X44 manta stealth experiment USAF dan F20 Stealth x

Russian secret bomber fighter hypersonic

USAF F19 EXPERIMENT STEALTH

by: Telik Sandi

  53 Responses to “Perkembangan Pesawat Hypersonic Stealth”

  1.  

    pertamaxxxxx coy

  2.  

    indonesia perlu stealth, tidak perlu pesawat generasi 4++

  3.  

    Lima besar lah…

  4.  

    yup bner bung duke

  5.  

    untuk prototype Indonesia juga sudah punya ya bung @telik sandi ?

  6.  

    serem2 tampangnya,..

  7.  

    hipersonik lebih cepat apa lebih lambat ya kecepatanya
    hehehe maklum kulusan tk

  8.  

    indonesia mampu buat apabila teknologinya dah dikuasai pt.DI.tinggal tunggu waktunya aja.hehehe…ngarep.

  9.  

    memang nya PAK DA akan digunkan dgn kecepatan Hypersonic yah? bukan kah udah diralat lagi sama Rusia, Letnan Jenderal Anatoly Zhikharev Zhikharev tgl 09 november.2012 . “PAK-DA, saat ini sedang dikembangkan, tidak akan hipersonik,”

    •  

      Kita Lihat Aza Mesinnya.!, kalau Sudah pakai RamJet maka dia Bisa Hypersonic , Seperti mesin yakhont SS-N-26 misile, Kalau Masih TurboJet/TurboFan Hasilnya masih selevel SuperSonic.

  10.  

    kalo terlalu kecang gimana ngeremya pakek rem cakram bisa gak ya hehehe mamag oot

  11.  

    Pasti muahal, ckckck

  12.  

    Inggris dan Prancis berencana untuk menandatangani nota kesepahaman guna melakukan studi pembangunan sebuah pesawat tempur tanpa awak yang memiliki kemampuan tempur tinggi senilai miliaran Dollar Amerika. Ini adalah kerjasama paling ambisius yang pernah dilakukan untuk menyaingi F-35 Amerika.

    Kesepkatan itu rencananya akan ditandatangani pada tanggal 15 Juli, bersamaan berlangsungnya Farnborough International Airshow oleh Menteri Pertahanan Inggris Philip Hammond dan Menhan Perancis Jean-Yves Le Drian. Studi kelayakan akan dilakukan selama dua tahun dengan tujuan akhir menciptakan drone serangan kemampuan super.

    Penelitian tempur sistem udara tak berawak (UCAS) dipandang sebagai langkah menuju mempersiapkan pengganti Rafale dan Typhoon, pesawat generasi keempat pada sekitar 2035.
    Dalam kerjasama tersebut Dassault Aviation dan BAE Systems akan fokus pada platform mesin Rolls-Royce dan Snecma, dan Selex ES dan Thales pada sensor dan sistem elektronik. “Target kami ditetapkan oleh presiden dan perdana menteri Inggris pada KTT Brize Norton. Pada kesepakatan di Farnborough Airshow ditujukan untuk meluncurkan tahap kelayakan senilai lebih dari 272 juta dollar,” ungkap juru bicara Prancis.

    “Proyek teknologi demonstrator untuk Future Combat Air System (FCAS), yang bertujuan untuk bersama mempersiapkan generasi pesawat tempur setelah Rafale dan Typhoon. Ini adalah kerjasama yang paling ambisius di peta jalan kami dalam hal peralatan dan industri pertahanan , “katanya.
    FCAS adalah konsep yang didasarkan pada pesawat tempur generasi kelima seperti F-35.
    “Ini merupakan langkah penting dalam membangun proyek UCAS Perancis-Inggris, yang prefigures peluncuran program dalam waktu dua tahun,” kata Chief Executive Eric Dassault Trappier. “Drone tempur ini bisa menjadi pelengkap operasional untuk jet tempur seperti Rafale.”
    Studi kelayakan akan bekerja pada arsitektur sistem, teknologi kunci dan definisi metode simulasi. Tugas selanjutnya adalah untuk memeriksa konsep operasional, menetapkan spesifikasi dan memperkirakan biaya pembangunan demonstran, katanya.
    Inggris menyadari F-35 adalah pesawat yang hebat. Tetapi pihaknya juga tidak ingin tergantung terlalu banyak pada teknologi Amerika hingga tetap membangun pesawat super ini.

    •  

      Quote: “Tetapi pihaknya juga tidak ingin tergantung terlalu banyak pada teknologi Amerika hingga tetap membangun pesawat super ini”.

      >Inggis & Perancis (Nato member) aza sadar akan pentingnya “Kemandirian” ya???

      •  

        betul sekali bung,,, tidak ada namanya teman sejati ,, yg ada kepntingan pribadi,, jd jangan bergantung sama teman,, klo ga bs yah bergantung nya ke tali gantungan..

  13.  

    Ini pasti udah produksi masal…… Dan diam2 telah dibeli indonesia sebagai pendamping alutsista ghaib kita PAKFA, SU-35, Rafale, F-22, bahkan kita udah punya TU-95, akula, ks virginia…. Jadi kawan2 gak usah khawatir, Indonesia sebenarnya kuat keh…keh..keh

  14.  

    Wah THE INTERCONTINENTAL BOMBER !!!kkk

  15.  

    amerika sm rusia msh bs di percaya utk produksi pswt2 tsb…yg lucu china koq ada jg ya,pake mesin giling padi kali hehe

  16.  

    Rata irata saya Lihat tidak menggunakan wing taiL yah yah hipersonik PLus SteaLth ini waLaupun ada Wing taiLnya keciL , apakah ikut mendukung kecepatana hipersonik yah , gimana mau manuver yah kayaknya membutuhkan jarak putar jauh dan panjang !

    •  

      Betul bung! sudah hukum alam, smkn cepat suatu benda melaju, maka smkn jauh radius manuvernya. bgt jg pesawat hypersonic mesti mengambil radius putar lbh jauh dibndg kecepatan subsonic dan supersonic. krn air frame pesawat2 dibawah kecepatan hypersonic tdk akn tahan melawan hukum gravitasi dan tekanan udara jk menggunakan desain sprt pesawat supersonic degan sayap utama dan sayap ekor terpisah sprt model2 Sukhoi, f16,18 hornet dll dipastikan jk menggunakan desain tsb utk kecepatan hypersonic akan berpatahan, kecepatan hypersonic hrs mengunakan desain pesawat sayap delta yg menyatu dari cokpit sampai ke ekor, seperti gambar diatas itu. kelemahan sayap delta lbh susah bermanuver dgn radius pendek kecuali diberi tambahan sayap cannard di ujung dpn sprt model typhoon,rafale dan gripen. begitupun kelebihan sayap delta punya daya angkat yg bsr dan kuat serta tahan akan kecepatan yg sangat tinggi krn desainya lbh aerodinamis dan lbh mudah utk membelah udara dalam kecepatan tinggi. Hypersonic jk masih mengandalkan kecepatan saja dan msh terikat dgn hukum gravitasi, saya pikir masih kurang sempurna. Seharusnya menurut saya Kecepatan hypersonic itu harus dikawinkan dgn teknologi anti gravitasi, baru hypersonic itu sempurna. melaju kencang laksana kilat.. tp bisa tiba2 bermanuver zig zag seperti pesawat ufo. Hypersonic yg menggunakan teknologi anti gravitasi itu baru pesawat tempur sesungguhnya. Mudah2an saja dibawah teras gunung padang ada chamber yg berisi pengetahuan ttg energi dan ttg anti gravitasi atw sekalian ada pesawat anti gravitasi antar planet. :mrgreen:

      •  

        Pertanyaan selanjutnya…tubuh si pilot bakalan mampu ga nahan gravitasi saat manuver dengan kecepatan seperti itu? Bakalan hancur tubuhnya. Kalau tanpa awak ya ga masalah

        •  

          Benar.. sampai saat ini ilmuan msh mengirakan sprt bung sampaikan. apakah tubuh kita sprt jantung, paru2 dan jaringan lunak kita bertahan dlm kecepatan yg hypersonic? saya berpikir bung, okelah teknologi skrg sdh mampu menciptakan kecepatan pesawat hypersonic, tp krn teknologi saat ini blm mampu menciptakan anti gravitasi, jd utk saat ini pesawat hypersonic dijalankan dgn sistem komputer autopilot sprt ucav dan ucas. Menurut saya ya, bung. Jikalau mmg bisa diciptakan pesawat anti gravitasi kedepannya, kemungkinan manusia akan sanggup melaju di kecepatan hypersonic. melihat fenomena hukum fisika dari kapal selam ataupun kenderaan antariksa mwpn stasiun luar angkasa, dimana kondisi diluar wahana tsb tdk akan mungkin manusia bisa bertahan, tp krn brd didalam wahana tsb yg didesain hampir serupa dgn kondisi lingkungan normal. imho..

    •  

      Sepertinya era Antariksa akan segera di mulai.

      http://www.suaramedia.com/teknologi/2011/04/11/wow-as-dan-rusia-berkolaborasi-kembangkan-pesawat-tenaga-nuklir

      Dengen energi nuklir maka masalah berat bahan bakar di pesawat akan diselesaikan. Energi super besar untuk mendukung kecepatan dan daya angkat pesawat (vertikal) seperti pesawat Alien akan dapat diatasi.

      Khusus untuk masalah gravitasi bagi pilot apakah mungkin memakai pakaian “anti gravitasi” seperti ini :
      http://simomot.com/2014/05/27/baju-pemadam-kabakaran-super-canggih-ini-namanya-exoskeleton/
      atau ini :
      http://vahn-saryu1.blogspot.com/2010/06/china-tengah-mengembangkan-teknologi.html

  17.  

    good..good.. kalo qta low profile, bukannya mo pamer, tapi emang ga ada yg bisa buat di pamerin

  18.  

    Kfx jadi amrik sama rusky dah nerbangin hipersonik ckckck jadi kapan mo sejajar ya nunggu kiamat kali….

  19.  

    hehhehehe jadi produsen pesawat amerika dan Rusia selalu bersaing tanpa ada lawan seimbang

  20.  

    jadi banyak kunyuk2 stress setelah pergantian RI-1, sepertinya keberadaaan hama ini bisa dijadikan indikator apakah segala kebijakan jokowi sudah tepat untuk membuat RI lebih kuat…

    jika kebijakan melenceng, mereka akan menghilang dan menikmati dari jauh…

  21.  

    Lu nggak akan pernah lihat Indonesia punya bomber wong Indonesia belinya 2020 sementara lu di diagnosa hidup cuma sampe 2017

  22.  

    Mungkin Ptdi, Lapan mampu utk membuat bomber supersonic siluman spt gmbr diatas, secara desain modelnya sangat sederhana/minimalis seperti model gantole yg dipakai dlm olahraga paralayang, dn desain bomber diatas agak mirip dgn pespur pembom B2 spirit milik US, mgkn secara perhitungan lebih rumit dlm pembuatan pespur konvensional layaknya Ifx kali ya,
    Hanya pendapat awam …

  23.  

    ada yg bisa jelasin knp hyper sonic gk butuh fin stabilizer?

    •  

      Saya coba jwb ya, bung.. klw salah silahkan blh di koreksi bung LI.. sayapun msh dlm taraf belajar mengenal tekno bung.. 😉

      Maybe.. Karena dgn kecepatan (kinetic) yg sangat tinggi mengakibatkan gaya gravitasi semakin berkurang jauh dan hambatan/gesekan udara sdh sangat mengecil dan akan membuat jalannya menjadi stabil. tp krn kecepatannya yg sangat tinggi akan menyebabkan gesekan hambatan udara berubah menjadi panas/kalor. Hukum fisika dibumi mengajarkan Suatu benda massanya akan smkn mengecil jk benda tsb memiliki kecepatan melaju mwpn jk berotasi, maka efek dari hukum gravitasi bumi/planet akan semakin berkurang terhadap massa benda yg bergerak sangat cepat tsb. Kalau saya balik bertanya, Kenapa meteor bentuknya cenderung bulat dan tdk punya ekor dibelakangnya bung? semisalnya kayak bentuk memanjang sprt panah atau roket? hehehe.. :razr:

      •  

        note. Massa = Berat

      •  

        cukup puas bung
        hehe
        tp 1 yg kurang bung?
        saat akan mndarat atau terbang kan psawat buuh kcepatan rendah?
        jd smua tdk berlaku dong pada saat itu

        kmudian stabilizer tujuannya untuk belok sdikit
        beda dngan flape pada sayap atau canard itu untuk manuver
        hehe

        •  

          Kalau fungsi dari vertikal wing di ekor selain utk membantu berbelok jg yg lebih penting agar pesawat stabil dan tidak ngepot kiri kanan krn dorongan mesin jet yg sangat kuat dibagian belakang pesawat saat pesawat di pacu dgn kecepatan tinggi secara spontan yg mmg hrs dimiliki oleh pespur fighter beda dong dengan pespur bomber seperti gambar diatas yg byk tdk menggunakan vertikal wing, krn bomber tsb tdk dirancang ber akselerasi secepat dan spontan pespur fighter bomber diatas wlw berkecepatan hypersonic tp pasti di desain kecepatannya bertahap tdk lgsg lepas landas trs lgsg terbang kecepatan hypersonic, dijamin pasti ngepot2 gak karuan. :razzr:

  24.  

    hehe. kalau rajin maen game ace combat hafal dah ni pespur.

  25.  

    wah gawat kalo pesawat bisa secanggih ini

  26.  

    .

 Leave a Reply