Perkembangan Produksi UAV Pterosaur untuk Pasar Luar Negeri

Channel Televisi CCTV 2 China menunjukkan perakitan UAV Pterosaur yang akan dijual ke luar negeri. Pterosaur (Yi-Long or Yilong) adalah UAV low-altitude, yang digunakan untuk militer dan sipil dengan kemampuan terbang dalam waktu yang lama, produksi AVIC (Aviation Industry Corporation of China).

Pterosaurus dilengkapi dengan perangkat pengintai, sinar laser, peralatan perang elektronik, light space-based strike weapons (SBSW), UAV ini dapat disesuaikan dengan berbagai misi seperti penjaga perdamaian, anti-terorisme, patroli perbatasan serta pemantauan bencana dan penelitian atmosfer .

UAV Pterosaurus memiliki panjang 9 meter dan lebar sayap 14 meter sehingga mampu bertahan lama di udara. UAV Pterosaurus mencoba meniru RQ-1 Predator yang digunakan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat yang terkenal dengan partisipasinya dalam beheading operations” di Irak dan Afghanistan.

Indonesia juga tertarik untuk bekerja sama dengan China, dalam mengembangkan UAV ini, namun untuk jenis Medium-Altitude Long-Endurance (MALE) yang dinamai Chengdu Pterodactyl I atau Yìlóng-1 atau Wing Loong. Indonesia melalui PT DI berencana mempersenjatai Medium-Altitude Long-Endurance (MALE) ini dengan roket/rudal.

Leave a Reply