Feb 102014
 
Kapal Selam Kilo Class, Rusia

Kapal Selam Kilo Class

Menghadapi perkembangan situasi geopolitik di kawasan Asia Pasifik yang sering beruba-ubah, maka Indonesia khususnya TNI harus siap menjaga kedaulatan NKRI.

Pada tahun 2008 pemerintah kembali menegaskan komitmennya untuk membangun kekuatan pertahanan Negara dengan memasukan istilah kekuatan pokok minimum (Minimum Essential Forces) dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia No.7/2008 tentang Kebijakan Umum Pertahanan Negara.

Point 9 dalam Perpres tersebut yang membahas mengenai kebijakan pembangunan pertahanan nasional menyebutkan bahwa:

“Pembangunan Komponen Utama didasarkan pada konsep Pertahanan Berbasis Kemampuan (Capability-based defence) tanpa mengesampingkan kemungkinan ancaman yang dihadapi serta tahap mempertimbangkan kecenderungan perkembangan lingkungan strategik. Pelaksanaannya diarahkan kepada tercapainya kekuatan pokok minimum (Minimum Essential Force), yakni tingkat kekuatan yang mampu menjamin kepentingan strategis pertahanan yang mendesak, Pengadaan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) dan peralatan lain diprioritaskan untuk menambah kekuatan pokok minimal dan/atau mengganti Alutsista/alat peralatan yang sudah tidak layak pakai”

Saat ini TNI AL memiliki kekuatan dua armada tempur yaitu armada barat dan timur dengan alutsista utama 154 KRI , 209 KAL, dan dua divisi Marinir. Salah satu kekuatan yang disiapkan adalah armada kapal selam.

Sampai tahun 2014 ini, TNI AL hanya mengandalkan 2 kapal selam Nanggala Class. Salah satu andalan pemukul armada TNI AL ini adalah KRI Nanggala. KRI Nanggala ini pada 4 tahun lalu diperbaiki menyeluruh (overhaul and retrofit) selama 24 bulan di Dermaga Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering, Okpo, Korea Selatan. Sistem manajemen tempur dan operasi kapal selam kelas U-209/1300 itu diperbarui memakai sistem dari Norwegia.

Sistem baru KRI Nanggala-402 diterapkan dari teknologi manajemen tempur dan operasi dari Norwegia. Teknologi digital itu memungkinkan komandan kapal mengambil keputusan secara lebih cepat, efisien dan tepat atas posisi dan kedudukan kapal terhadap sasaran yang dituju.

Dengan sistem  baru ini, kapal selam bisa meluncurkan empat torpedo secara salvo pada selang waktu sangat rapat. Kapal selam sepanjang 59 meter ini memiliki delapan tabung peluncur torpedo pada ujung haluan utamanya.

Indonesia juga tengah membangun tiga kapal selam baru bersama Korea Selatan dengan skema transfer of technology(ToT). Kapal selam (KS) kelas Chang Bogo (CBG) milik Korea Selatan aslinya merupakan KS Tipe 209/1200 yang diketahui telah menerima berbagai modifikasi kelas berat, sejak permulaan abad 21 diantaranya, termasuk penambahan panjang lambung kapal menjadi setara KS Tipe 209/1400 dan Tipe 209/1500*, kemampuan untuk meluncurkan rudal sub-Harpoon, penggunaan sistem AIP juga sistem akustik penangkal torpedo baru (Torpedo Acoustic Counter Measures / TACM) yang dikembangkan secara mandiri oleh Korea Selatan.

Selain kemampuan untuk meluncurkan peluru kendali dan perangkat sonar yang lebih canggih, dari segi ukuran fisik Chang Bogo lebih besar 100 ton dibanding KRI Cakra dan KRI Nanggala yang memiliki kelas bobot 1.300 ton. Tidak hanya itu, CBG dapat dilengkapi dengan torpedo kelas berat, buatan Korea Selatan – White Shark (Baek Sang Eo Torpedo) yang juga memiliki kemampuan meluncurkan rudal anti kapal permukaan Hae Sung .  Tidak lupa pemasangan sonar pada sisi lambung kapal selam telah direncanakan untuk pengembangan lebih lanjut.

Harapan Kekuatan Pemukul Bawah Air TNI AL Mendatang.
Menurut  KSAL Laksamana (TNI) Marsetio sebagai negara kepulauan, Indonesia idealnya memiliki 12 kapal selam sesuai target kekuatan pokok minimal (minimum essential force/MEF).

Indonesia tampaknya dalam waktu dekat diperkirakan membeli dua kapal selam kelas 877EKM dari Rusia dengan senjata  andalan Club – S sebelum pergantian Kepemimpinan di Indonesia tahun 2014. Kemungkinan besar mengambil kapal selam kelas 877 punya Angkatan Laut Rusia.

Langkah pemerintah yang mempertimbangkan untuk menerima tawaran kapal selam dari Rusia sangat masuk akal. Pasalnya, kebutuhan alat utama sistem senjata (alutsista) jenis kapal selam mendesak bagi Indonesia, untuk mengamankan tiga jalur laut internasional, yakni alur laut kepulauan Indonesia (ALKI) I, II dan III.

Kebutuhan 2 kapal selam kilo ini sangat mendesak dan pada tahun 2014 akhir atau 2015 awal, diharapkan sudah ready di pangkalan Palu. Termasuk untuk mengantisipasi perkembangan LCS dan 3 antisipasi ancaman dari Selatan.

Kapal Selam kelas 877EKM Rusia

Kapal Selam kelas 877EKM Rusia

 

Rudal Club S

Rudal Club S

Ssampai dengan tahun 2014 ini, kita mempunyai 2 kapal selam  cakra class, pengadaan 3 kapal selam baru bersama Korea Selatan dengan skema transfer of technology(ToT), dan terakhir pengadaan 2 kapal selam  rusia kelas 877EKM (kemungkinan besar bekas Angkatan Laut Rusia bukan versi ekspor /EKM). Diharapkan pada mef 1 ini Indonesia telah memiliki 7 kapal selam dengan rincian: 2 kapal selam cakra class (ready), 3 proses produksi changbogo class dan 2 proses pengadaan kilo class.

Sesuai target MEF yang ingin dicapai, Indonesia masih butuh 5 kapal selam lagi. Walau belakangan ini ada tawaran 10 kapal selam bekas dari Rusia tipe Kilo, alangkah baiknya untuk dipikir masak-masak, karena pada tahun 2020 ke depan, di kawasan ini banyak berkeliaran kapal selam tetangga yang masih  baru, kinyis-kinyis, canggih dan hasil pengadaan baru.

Alangkah baiknya khusus pengadaan 5 KS baru pada MEF 2, bukan dari jenis Kilo, apalagi bekas karena kita harus melihat unsur life time KS tersebut.

Indonesia bisa beralih ke AMUR 1650 SUBMARINE (versi ekspor terkenal nama Lada  class yaitu versi modern dari Kilo class) atau memilih kapal selam  TYPE 214 SUBMARINE  Jerman. China calon penguasa Asia Pasifik saja, memesan KS lada class dan SU-35 dari Rusia pada tahun 2013. Dengan pengadaan kapal selam sekelas Amur 1650, maka In sya’a Allah kita bisa  mengungguli kemampuan alutsista, khususnya kapal selam punya tetangga baik sebelah utara  maupun selatan.

Dengan syarat-syarat tertentu untuk KS dari Rusia, lebih cocok memilih Amur 1650 submarine class dibandingkan Amur 950 class. Hal itu tampak mulai tahun 2007/2008 Indonesia jatuh hati pada 2 KS Kilo 877 EKM dan 5 KS Amur 1650 class.

Kapal Selam Rusia, Lada Class

Kapal Selam Rusia, Lada Class

amur-class

Amur  1650  Class

Selain amur 1650 class, ks type 214 submarine bisa menjadi pilihan utama. Nah di sini  kalau TOT KS changbogo korsel berjalan lancar dan pada tahun 2018 PT PAL bisa membuat sendiri dengan lisensi dari Korea Selatan, maka  untuk produksi kapal selam berikutnya pemilihan  alternatif  KS tipe 214 submarine bisa menjadi pilihan. Dengan demikian ada kesinambungan program kemandirian alutsista, khususnya kapal selam yang diproduksi oleh Bangsa Indonesia sendiri. Apabila kemandirian telah tercapai maka 2 ks cakra class pada tahun 2020 sudah waktunya diturunkan kelasnya menjadi ks latih dan diganti oleh produksi bangsa Indonesia sendiri.

Tipe 214 Submarine Class

Perbandingan Amur 650 Class  Submarine dengan Type  214  Class  Submarine.

performance

firepower

sensorsystem

SIZE

Jumlah ideal sesuai target MEF adalah 12 ks sampai tahun 2024, namun dengan adanya penambahan 5 unit kapal selam (Changbogo dan Kilo) ini merupakan “hawa sejuk” bagi TNI-AL, untuk mencukupi standar kekuatan minimum-nya dalam menjalankan tugas menjaga perairan nusantara. Dan kami harapkan  pengadaan baru pada MEF 2 nanti, kami usul 3 ks amur 1650 class dan 2 ks tipe 214 class.

Semoga kemandirian alutsista yang  diprogramkan Indonesia tetap berjalan sesuai dengan track yang benar dan lurus, dan semoga pergantian Kepemimpinan Nasional Indonesia tetap membawa Bangsa dan Negara Indonesia yang kita cintai, lebih maju dalam semua bidang kehidupan. (written by GUE).

NB: Diolah dari berbagai sumber. Silahkan teman-teman Warjag  menambahkan atau memberi masukan untuk artikel di atas, terima kasih. 

 Posted by on February 10, 2014

  136 Responses to “Perkiraan Kekuatan Kapal Selam TNI AL 10 Tahun ke Depan”

  1.  

    Mantaf………….. , Lanjutkan

  2.  

    Bukannya saat ini kuantitas sudah cukup ya?…cuma kualitas yang belum, tapi sedang menuju ke sana.
    Tahun 2020 jumlah KS kita sudah lebih dari idealnya MEF. Amin sodara sodara?….

    •  

      susah menghitung jumlah pasti untuk kata semacam ‘minimum’ atau ‘ideal’ dalam konteks kebutuhan alutsista. bisa sangat subjective, tergantung pemikiran, strategi dan threat-awareness dari para pengambil keputusan. belum lagi ancaman yang dinamis bahkan fluktuatif

      jumlah ini memang sangat terbuka untuk jadi perdebatan. ada pengamat yang bilang jumlah ideal 12, ada juga yang bilang 24. saya sih bilang 48 bahkan lebih :mrgreen: why not? kita negara maritim terbesar di dunia, perairan kita lebih luas dari China yg punya sekian puluh armada kapal selam. dan KS nilai deterrence-nya sangat tinggi, bahkan KS midget bisa saja menenggelamkan fregate atau bahkan destroyer

      •  

        Kalau bicara quantity rasanya angkanya tidak akan ketemu

        US, anggaran militernya (no.1 sedunia) mencapai 3x lipat anggaran militer Cina (no.2)

        Padahal US sama sekali tidak dalam posisi terancam, terancam dominasinya iya, negaranya sendiri aman sentosa 😀

        Indonesia? waduh… sekoci saja tembus… 🙁

        Besok kalau anggaran militernya seperti US, itu sekoci bakal disambut secara resmi oleh delegasi Indonesia dengan hidangan Club-S dan Yakhont

      •  

        bung @Now, kl KS midget kita sudah OTW toh pembangunannya dari tangan putra bangsa sendiri, semoga dukungan pemerintah dan DPR tidak berhenti.

      •  

        bung @Verdorie. memang US tidak terancam, tapi mereka butuh banyak kapal selam nuklir untuk mengancam 🙂 dan akibatnya negara2 yang merasa terancam juga menambah jumlah KS mereka untuk menangkal ancaman. dengan menyeimbangi kekuatan lawan ancaman bisa berkurang dan perdamaian bisa dijaga. memang seperti lingkaran setan

        bung @Skywalker, KS midget saya tunggu banget realisasinya. untuk pertahanan dan deterrence. KS midget di perairan kepulauan Indonesia bisa membuat fleet besar sekalipun jadi sitting duck

      •  

        klo saya pengen nya 100 biji bung@now hehehe,, 10 biji pasang di dkt singapura, 10biji pasang dkt ambalat, 20 biji di sekitar natuna, 30 biji dkt australia, 20 biji taro di bengkel airbrush di dandanin buat ikut parade tiap 5 oktober …kidiing…:)

      •  

        ausie…12 buah…singapure 6 buah..malay 2 buah + (4 mau tambah) = 24 buah..
        jadi 24 jumlah ideal KS untuk indonesia s/d thn 2024

      •  

        kalo aku pengen nya tiap provinsi di indonesi ada 2 kapal selam sih, sama 1 keluarga S-300 ….:D
        ngarep heehhehe…..

  3.  

    “Dan kami harapkan pengadaan baru pada MEF 2 nanti, kami usul 3 ks amur 1650 class dan 2 ks tipe 214 class.”

    Keuntungan politik luar negeri zero enemy thousand hidden enemy

    Bisa beli alutista blok barat dan timur

    Semoga politik non-blok hanya untuk pembelian alutista, bukan yang lain 🙂

  4.  

    Tahap pertama mungkin Kilo dulu, untuk Trainning dan membiasakan diri memakai Produk Rusia, mumpung Murah (Hibah++) dan Lebih cepat selesainya, sehingga TNI-AL tidak terlalu lama menunggu
    kalau Amur buat latihan akan Sayang sekali (Mahal)

    Tahap kedua baru Pakai Amur, dan diharapkan Awak TNI-AL sudah mahir bahkan sangat terbiasa dengan Produk Rusia.

    Sedikit Catatan :
    Bahwa Changbogo yang diterima TNI-AL adalah Versi Improved-Changbogo, dan pihak Korea Selatan menjamin bahwa Versi TNI-AL lebih canggih dari milik Korsel sendiri.

    Namun ada sedikit masalah pada ijin dari Amerika untuk pembelian Rudal SubHarpoon bahkan mungkin Sub-Exocet (Mungkin ada interferensi dari Aussie dan Singapura), hal itulah yang membuat Panglima “Gerah” dan secara tiba-tiba beralih ke KILO dengan syarat dapat (Included) rudal S-Club

    •  

      setuju bung melektech….
      Armada KS TNI AL target 12 bh :

      1. KS lama 2 buah cakra class
      2. Improved Changbogo class 3 Biji
      3. KS Kilo 877EKM tapi yg versi punya AL rusia 2 bh
      Batch 2
      1. Amur 1650 class : 3 bh
      2. Produksi PT. PAL KS Gatotkoco : 2 b h , penamaan seperti nama saya he he he

      •  

        lah, kalo di air bukan gatotkoco bung, tapi Antasena saudara tirinya gatotkoco. Kalo Gatotkoco kan sukanya maburrrrrrr

        •  

          bener Bung Maling Jemuran Ontoseno Mas yg bs Nyilek di Air……
          Konon Kesatria yang sangat sakti…….. klo mau bunuh orang cm butuh bekas tapak kakinya aja dijilat…….. sudah almarhum yg py bekas telapak kaki……
          Mendukung Kapal Selam PT PAL Dinamai Ontoseno……

          hehehehehehe

    •  

      Chang bogo rudal anti kapal permukaannya mungkin pake produk Korea seperti yg ditulis bung @Gue di atas, jika memang Harpoon ditangisi Singapura dan Australia. sepintas tidak beda jauh kemampuannya dgn harpoon

      •  

        Kemungkinan juga dapat hambatan bung Now, itulah kenapa sampai sekarang ngak kedengar si Hae Sung dari mulut Petinggi Hankam kita, yang kedengar hanya Exocet, Yakhont, dan C-705 saja

      •  

        lalu apa dong ya anti kapal permukaan-nya? (selain torpedo) menginstal persenjataan blok timur di KS berbasis teknologi barat banyak kendalanya. walaupun teknis bisa non teknis sangat kental

        apa mau dibiarkan ompong dan full jadi proyek ToT? kapal latihan mungkin? memang penekanan pak pur bahwa yg penting rudal klub s-nya itu bisa berarti luas

  5.  

    seharusnya ada 24 ks untuk indonesia..

    untuk kapal induk sumatra……………..4 buah
    untuk kapal induk kalimantan …………4 buah
    untuk kapal induk sulawesi…………….4 buah
    untuk kapal induk jawa………………….4 buah
    untuk kapal induk papua………………..4 buah
    untuk kapal induk lombok.(cadangan).4 buah
    semua belum termasuk KS mini 22 meter

    aman dan ideal

    •  

      Seharusnya indonesia mempunyai 24kasel.??????
      Kenapa tidak 100biji kasel sekalian non….
      Bung okelah saya rsa anda perlu di sekolahkan lagi, ibarat anak sekolah anda msh di TK yg minta sama ayahnya untuk dibelikan maenan banyak,,,,

      Padahal anda tau kalau anda punya 3saudara yg jg butuh uang untuk ini itu,misalkan di laut,darat udara,slg membutuhkan, padahal anda tak tau seberapa cekak dana pemerintahan nkRI, anda hanya bisa minta dan harus di belikan maenan itu,

      Semua lapisan diberbagai matra mereka pengen alutsista yg canggih dan gahar,tapi keterbatasan mereka yg memangkasnya mana dan berapa dulu yg diperlukan slqnjutnya barulah bisa memiliki semuanya stlh ada tambahan dana….

      Indonesia beda dg negara2 kaya yg ktika skolah bisa lgsg melunasi SPP nya,untuk indonesia kadang kita bs bayar saja sdh lega kl belum ada danna ya terpaksa puasa dulu. Ato nunggu si ayah berikan sjumlah dana untuk modernisasi scr besar2an….

      Kalaopon ada dana lebih saya jg mnta destroy 12 untuk 4 kogabwilhan,beserta 100 unit kasel untuk 4 kogabwilhan,tapi semua kembali ke dana ,,,,

    •  

      jika berdasarkan berita lama indonesia berkeinginan punya ks >24 (40 lebih). 1/2 patroli 1/2 docking.

    •  

      * 48 KS, 100 Destro, 200 Fregate …4 Aircraft carrier *

      Knapa tidak.?? tapi bukan hari ini 😀
      Wajar2 saja ..kalo menurut gue, NKRI kedepannya Massive dalam alutsista Negara maritim.

      Parameter Ideal gue setuju dgn Bung @Nowyou adalah subjective, paling tidak mengikuti kebutuhan tingkat ancaman Gabungan Kawasan (FPDA) atau sebagai Negara terbesar ke-4, ya ga beda jauh dgn jumlah pekakas perang Negara terbesar ke-3.

      # Harapan…

  6.  

    weleh weleh weleh… cuma berwacana terus…

  7.  

    Maaf bung melektech, dgn tdk diperolehnys rudal sub exocet dn sub harpoon, apa itu brrti rudal s-club bs jg digunakan pd changbogo? Trims.

  8.  

    Kapal selam kilo wajib di borong…
    Changboge bla bla bla 😀

    •  

      Kalau teringat akan hal yang satu ini, saya suka penasaran. Konon tahun 60an kita memiliki 12 unit KS dari Uni Soviet. Pertanyaannya, apakah pada waktu itu TNI mempublish seluruh jumlah yang ada, atau mungkin bilangnya cuma dua. Kalau benar ini yang terjadi, bisa jadi kita baru akan bisa mengetahui jumlah pasti dari KS yang ada saat ini pada masa 20 atau 30 tahun yang akan datang. Setiap negara selalu punya strategi tersendiri..!

      •  

        yup dipublis ada 12 KS whiskey class dari nomerlambung 401 sampai 412.
        Tetapi saat itu ada 12 KS whiskey bayangan yang ikut membantu trikora dengan awak dari negeri asalnya,,Jadi siap 24 whiskey bila trikora pecah.
        Setelah trikora 12 ks bayangan itu kembali ke negara asalnya,,

        Walaupun saat ordebaru kita terhambat sparepart whiskey class tetapi KS itu masih eksis hingga thn 90an ,,,

    •  

      @ jayabaya..

      waduh modelnya sudah ketinggalan tuh…kalau setelah itu type 214
      singapork saja pesanannya punya model yang type 218….

  9.  

    Loh…buat apa bli kilo. Kan udah seliweran di bwah laut…
    #tapi katanya loh…

  10.  

    metro tv now KRI USMAN HARUN

  11.  

    Amrik mempunyai 71 ks tenaga nuclear si russky 48

  12.  

  13.  

    “…TNI AL hanya mengandalkan 2 kapal selam…”
    ————————————————————————

    Sudah berapa ribu x anda membaca phrase diatas..??

    Bosen ga bosen, Pemerintah ingin menyebutnya begitu 😀

    •  

      bung donnie, menurut saya , kalaupun memang kita punya Silent Submarine sesuai dgn yg sering ditampilkan oleh warjag, biarlah selamanya tetap rahasia dan mjd siluman hantu laut bagi tetangga2 yg jail atau musang berbulu domba……..
      Pemerintah pasti pintar sekali untuk itu, mana yg ditampilkan untuk publik konsumsi media……., mana yg tidak dan tetap mjd rahasia…….
      Kalau berdasarkan http://www.nti.org., kita diperkirakan mengakusisi 2 ks Project 636 Varshavyanka / Kilo SSK pada th 2007…… wallahuallam.

      •  

        iyah….fahim,
        sekedar anekdot z…. hehe

        dari gue zaman sekolah SD sampe punya anak udah SD lagi…tetep z 2 biji..qiqiqi
        mirip Budi, dan adik2nya…(bacaan SD), si Budi ini masih sekolah SD juga rupanya..
        xixixi

  14.  

    denger2 aushit pesan pesawat anti kapal selam canggih “posaidon”berarti ks kita rentan dihancurkan…

  15.  

    @bung Satrio, maaf sedikir bertanya dan mohon koreksinya kl saya salah baca, di atas di informasikan bahwa TNI AL hanya mempunyai 2KS type Nanggala Class… namun berita selanjutnya malah menginformasikan TNI AL mempunyai 2KS Type Cakra Class… ini pengelompokan type class yg benar type yg mana ya ?

    •  

      Hehehe bingung yaaa
      Ane kasih gambaran saat Indonesia mendapatkan Ks 209 dari Jerman Indonesia masih mengoperasikan 3 KS whiskey class yakni kri brahmasta 412 yang pensiun tahun 1986,,Kri Pasopati 410 yang baru pensiun thn 1990 dan KRi Wijayadanu 409 yang riwayat pensiunnya tidak diketahui
      Kri Pasopati 410 masih dipakai sebagai KS latih kering sampai thn 1995 dan akhirnya dipotong dan dijadikan monkasel pada thn 1998 disurabaya,

      KS 209 ada naggala dan cakra bertonase 1200 ton
      menurut analisa saya ada satu KS yang penampakannya sering terlihat lebih gede dari cakra dan nanggala yang 1200 ton tersebut,,kadang memakai nolambung cakra kadang memakai nomer lambung nanggala.,KS U 209 yang lebih gede tersebut diperkirakan yang kelas 1600 ton dengan AIP ..KS yg lebih gede itu diforum diskusi disebut Induk cakra,,konon KS jenis ini yang memergoki LA class yang lagi menyusup.
      IMHO

  16.  

    bener bung…smua memang berawal dari wacana dan mimpi. kayak sukhoi.leopard.apache dll. tapi untuk si kilo dan ll. kayaknya memang terlalu lama diwacanaka. bikin gemezz

  17.  

    Menurut teori, ada siklus kesiapsiagaan kapal selam : 1/3 operasi (jauh dari pangkalan), 1/3 pelatihan (dekat pangkalan), dan 1/3 perawatan (di pangkalan/dok). Untuk mempunyai arti dibutuhkan jumlah/kuantitas minimal 6-9. Berapa jumlah optimal? Setiap negara berbeda, tergantung postur dan doktrin pertahanan. TNI pernah bilang butuh minimal 12.

    Kalau hanya punya 2 kayak Malaysia ya pasti tidak ada artinya. Singapor sekarang punya 6, nanti 2020 jadi 4. Australia sekarang punya 6, rencana jangka panjang jadi 12.

    Perlu diingat pula bahwa armada ks butuh investasi khusus yg sangat besar: harga beli, pangkalan khusus kapal selam+dok, kapal submarine tender, kapal submarine rescue, awaknya dan pelatihannya.

  18.  

    Kalo ngomong Kapal Selam Pasti Rame.
    buat warga WARJAG, saya punya pertanyaan and sedikit info, mungkin temen2 bisa bantu.
    terkait kapal selam wiskhey yang dimiliki RI tahun 60an kemana semua ya bangkainya. kecuali yang saya tahu 1 buat monkasel.
    tapi info yang saya dapat dari teman saya yang kebetulan ngajar di AAL bahwa sebetulnya kapal kelas wishkey masih operasional dan pendidikan tentang kapal selam tersebut tetap diberikan dan masuk kurikulum tetap. pengajarnya pun khusus dari guru atau dosen yang dulu ikut pendidikan di era unisoviet.
    mohon temen-temen bisa kasih info.. thank,s

    •  

      iya betul kang.. anaku kmrn juga dari..
      kalo tak terselamatkan juga kurang tepat mas.. karena aq belum nemu artikel atau beritanya.

    •  

      sisanya ( 6 biji ) ada di rusky buat cadangan waktu Dwikora..dan yg 6 lagi ( 1 jadi museum, 2 buat rumah ikan dan 3 udh di potong” buat tambal sulam )… catatan : sisa yg di rusky gag di bawa pulang karna di ganti dgn yg lain… ( mahluk apakah yg lain itu ??? ) hehehehe…

  19.  

    berita kapal selam indonesia memang misterius dan akan tetap misterius.karena kapal selam itu alutsista strategis & top secret.orang yang pernah masuk kapal selam dia dilarang menceritakan kepada orang umum.kapal selam indonesia sangat mumpuni.serahkan semua kepada TNI AL dalam hal ini pasukan hiu kencana.mohon rakyat indonesia tetap tenang & tidak perlu khawatir.semua berita & diskusi tentang kapal selam di media massa tidak menggambarkan realita yang sesungguhnya.TABAH SAMPAI AKHIR !!!

  20.  

    * Yang Menarik dari KS, kebanyakan reader adalah mengenai Jumlah nya *

    tapi hal tsb kan PAMALI hukumnya untuk diumbar….aurat !!

    kalo boleh gue estimasi,
    Setiap alutsista yg dikejar tot-nya, maka hal itu pasti akan dibuat massive dlm jumlah serta variance turunannya dimasa mendatang.

    # setuju.?

    •  

      yep. ngejar kuantitas dgn pembelian rupiah murni.

      Kemenhan dan TNI juaranya. kementrian perindustrian dan perdagangan bisa magang di Kemenhan cara bagaimana rencana jangka panjang menyelamatkan devisa yang berharga

      •  

        Jadi ada berapa KS kita….???

        jawabannya pasti ada 2… 😀 😀

        •  

          yup ada dua

          dan

          :mr green:

          •  

            maaf bung satrio dngr” Cakra mau servis rutin lagi ya mas.?
            dimasukin dmn bung,di korea atau jerman.?ane sih brhrp mdh”an di jerman

          •  

            @ bung satrio: gambar no lambung 401 ada 2, gambar no lambung 402 ada 2, berarti jumlahnya 2 + 2 = 2²

            @ bung fadhil : klo ndak salah di warung sebelah si kabarnya di servis di pt.pal dengan menggandeng jerman sekalian belajar. tul gk bang satrio???

          •  

            yup betul cakra dioverhoule di PT PAL dan menggandeng induknya dijerman,,

            KS cakra ada 1 KS nanggala ada satu
            klonengannya aja yang ditebak ada berapa
            Ane juga kagak tahu 😀

          •  

            mksh jawabannya bung Pro mild dan Bung satrio..
            dgn penunjukan jerman maka benang merahnya sudah bisa ditebak..

          •  

            Sepintas hanya tiang-tiang itu yang membedakan, apa mungkin tu tiang bisa dibongkar pasang?? Ato hanya penglihatan saya saja yang katrok soal kasel…

          •  

            tiang tiang itu muncul saat diperlukan misal tiang radar,periscope,dll
            kan bisa masuk kedalam coning tower kS tersebut,

            Yang anda perhatikan harusnya panjang kedua kapal selam tersebut bagian depan dari KS itu ..berapa orang yang bisa berdiri diatasnya ,,itu perbandingannya

          •  

            berarti nyang mo d overhull ntu nyang pendek y kang?

          •  

            Bung Satrio, dr link image kasel yang anda beri…terlihat foto kasel di link pertama lebih besar dari foto kasel di link ke dua….paling besar perbedaannya adalah foto kasel pertama tidak terlihat “punuk” pada bagian depan, sedang foto kasel yang kedua…ada…meskipun memiliki no kasel sama-sama 401…. Apakah ini berarti ada 2 kasel jenis berbeda dengan no yang sama ? Sepertinya sudah terjawab….kalau pernyataan awal saya benar…. Terima kasih…. Saya newbie disini…. Salam hormat…

          •  

            @Bung sayap merah
            Gak mesti 401 kadang 402

            dan

            nah bingung kan ??ane juga bingung kok.,

          •  

            Benar 401 yg lbh banyak orangnya terlihat lbh panjang dibanding yg lbh sdkt .. biarlah yg mjd rahasia tetap disembunyikan

          •  

            Analisa awam saya adalah minimal ada 2 KS dgn no 401 dan 2 KS dgn no 402. bukan begitu bung satrio??

          •  

            Hi….hi…..merinding lihat penampakan lain dengan nomor lambung yang sama. Kloningannya berapa……? Tanya Nyi Roro Kidul….he….he…….

          •  

            @Bung NKRI
            yang gak pakai nomer lambung gimana ? ikut siapa?

          •  

            sori ralat foto yg diatas 401 yg satu sudut pandang krna ada yg bilang beda sudut pandang

            ini yang gak pakai nomerlambung

          •  

            hahaha mntap bung,, yg pnjang yg aslh,, yang pendek lokal mde kah kah kah… emg sih yg kloning ada banyak,, tapi ga canggih2 amd kayanya.. plg2 cm bsa nyelam am torpedo sut ^^ itu pun jarak dekat

          •  

            wes Bung Satrio engko kebukak kabeh rek…… yg pasti siapa yg memperhatikan / mengintip warjag makin meronggosss… soalnya banyak yg menguping lho ????

          •  

            wah bang Satrio mulai.. ngelukis nih… salam buat yg ks AIP nya yah.. hehe

        •  

          hehe kuncinya ada di ilustrasi komen 15, hanya conning tower HDW tipe 208 dan 209/1200 yang memiliki ‘base’ / pedestal / ‘umpak’.

          tipe 208 hanya di bagian belakang tower, 209/1200 di depan dan belakang.

          tipe2 lain, conning tower seakan langsung ‘nancep’ ke hull…

  21.  

    Maksudnya kri 401 ada dua,..kri 402 ada dua,..dst..hehe

  22.  

    Cba kang NKRI liat brp banyak awak ks yg bisa nongkrong di atas 401..kemudian bandingkan lagi dengan panjang ks nya..

  23.  

    Bung Satrio, saya gak bingung….yang pasti ada 2 kasel aip yang pakai no 401 & 402 sedangkan yg 2 lagi ya cakra & nanggala dengan no 401 & 402…. Ini kan bagian dari strategi kamuflase Hiu Laut… Cakra & Nanggala itu ya yang untuk show off…. tapi yang sudah ada aip-nya…. salah satunya yang mergoki LA class…gak akan diumbar dipertontonkan ke kalayak umum…. Saya salut & menaruh hormat sama Bung Satrio, karena hanya sedikit orang yang tahu mengenai info ini…. Salam hormat.

  24.  

    Gimana mau TOT bang, orang 12 biji juga mau perang dan sebagian besar diawaki langsung orang rusia

  25.  

    Hebat bener strategi TNI AL, tukang analisa sekaliber bung Satrio, bung nowyoudont & para WARJAGER yg sampe dibuat bingung. Apalagi sonotan, sonora, & si upil + ane juga yang awam. Tapi apapun srateginya ane salut & bangga ama TNI. Jayalah NKRI!

  26.  

    pokoknya darurat,…. jumlah kilo 10 hibah ambil dulu ……… hehe salam kenal dari suami buto cakil…pakto cakil…

  27.  

    hahaha yang aslih dari jerman mmg adanya 2,,, yang laenya lokalan kah kah kah…

  28.  

    yg mw d perbaiki skrg yang aslih dari jermn ya bung sat ? yang kmrin di korea itu yg kloningnya kan??
    trus teknologinya mw di smkan sm yang diperbaiki korea,, knp yang psu yang di bawah di korea ya bung satrio?? knp ga yang aslih saja? kan supya ga ketahuan

  29.  

    yaaahhhh….dia orang bikin teka teki lagi….
    tinggal nunggu berita besok ada warjag yg terserang demam, gara2 teka teki klonengan..
    panjang…pendek…panjang…pendek…..kabur ahhh sebelumi ikut terserang demam.. 🙂

  30.  

    kapal selam rawan aksi spionase kalo lagi di operhaul, coba ente bayangkan saat dioperhaul disisipi gps …?

  31.  

    Panjang.. pendek.. Panjang.. pendek..? gemuk.. kurus.. Gemuk.. kurus…? qiqiqi… murmer..

  32.  

    Hanya Kapal Selam & S 300 yg Silent it lbh dr cukup tuk diketahui…baik jumlah,penampakn maupun penempatan it sndiri…klo gnie Silent Rider aja akh…xixixi

  33.  

    Selamat Pagi.,.
    Enaknya dihangatkan dengan penampakan KS Patroli bersama
    yang panjang yang pendek ..ayo bareng renang keselatan biar seger
    https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSGQUwKVv2_GB7z3YzD_2E-vhTpbIS6xHra_5DOVQiVAwe_HU6MhQ
    Anggap aja pagi pagi makan SOTO yaa
    :mrgreen:

  34.  

    Tinggal nyari photo nya Typhoon yang lagi latihan duel diudara ama sukhoi dilangit Jawa
    Ada yang punya monggo dishare ane belum nemu

  35.  

    @Om Satrio.. terus gimana dengan oleh2 yang di share sama Om SOYUZ di Warung sebelah.? he he he..

    Biar sekalian Opname deh Warjager disini Om.. he he he

    •  

      Yang mana ? anda share saja disini
      gantian

      •  

        maksud saya yg di share beliau bbr wkt yg lalu. bukan yg baru2 ini..beliau nya jg mungkin blm pulang dr “sana” kan..

        •  

          Ohhh
          monster yang ini aja dulu,,,
          Monster yang lain kan mau ditampakkan resmi saat 5 0ktober
          Monster terbaru dan tercanggih tetap di keep..

          Ohya disebelah ada penampakan whiskey class di pertengahan tahun 90an monggo dihare disini
          mosok aku terus

          •  

            Yang mana Om.? kyknya saya blm kebagian tuh Om yg whiskey taun 90’an..

            itu udah resiko Om Satrio sebagai Tukang Warnet Omnirole yg nyambi jd Dosen disini & di warung sebelah.. jadi saya rasa blm pantas buat saya utk ikutan share. ha ha ha..

  36.  

    sesudah overhaul dan retrofit ks 209 TNI AL, amerika + singapura + australia pasti mengetahui apa saja kelebihan dan kelemahan dari ks 209 TNI AL, sebab korea selatan juga termasuk dalam aliansi intelijen mereka… jadi korea selatan jangan dianggap 100 % sahabat indonesia…

  37.  

    kah kah kan kata bang satrio yg di overhaul korea ntu yang kloningan ^-^ yang aslih mh yang pnjang ya 😛

  38.  

    * Armada Kapal Selam Indonesia harus Massive *

    Dari berbagai literature kita sering membaca Bahwa sifat Ks.memang bisa mandiri dalam operasionalnya, bisa kita definisikan 1 unit KS. mampu melakukan penyusupan dan Penyerangan lalu Kabur menghindar. Tapi itu dulu..ketika hanya negara tertentu z yg memiliki wahana tsb.

    Tapi bagaimana model peperangan subwarfare vs subwarfare masa depan..??
    Bagaimana peperangan Ks di Samudera yg dalam dan luas..???
    cukup dgn jumlah Ks.yg bisa dihitung dgn jari..??

    Bisa jadi memiliki Armada KS dibawah 100 unit adalah kelemahan tersendiri untuk negara Maritime seperti NKRI, bahkan untuk sekedar posisi defens, dari arah mana saja musuh negara bisa dgn leluasa melancarkan serangan Missile dari KS. ke NKRI.

    Pembagian zona wilayah tanggung jawab dari warga hiu kencana pun idealnya mengikuti jumlah Kogabwilhan, sama dgn halnya pertahanan udara dan kapal permukaan, pertahanan sub juga idealnya berlapis dgn pengisian KS.berbagai karakter.

    Lawan tanding adu jotos NKRI bukan lagi negara ecek2…ITU MASALAHNYA.!!

    •  

      Di Mef-2 diharapkan juga pembangunan infra struktur sekelas PT. PAL,
      dgn membuka serentak 15-20 galangan (Penyertaan Modal Pemerintah Daerah, 20 terbesar PAD-nya)
      akan sangat membantu percepatan kemandirian,

      lamanya waktu produksi alutsista adalah masalah tersendiri…sekalipun Ilmu jahit menjahit udah dikuasai.

      •  

        jangan kebanyakan bung donie,, kalo perang infratruktur pendukung yang kaya gtu yang akan d serang duluan,, kalo kebanyakan gmna cara jaga nya..? wong jaga lanud aja senjatanya terbatas,, kalau lanud (sipil mwpun mlter) di jaga skalian perlu brp banyak altssta..?? kalo lanud spilnya ga di jaga ntar dijadkan pngkalan mlter musuh..

        •  

          @bung taufik…. hehe…

          iya ya…Indonesia juga kebanyakan Pulau sih sampe 17.000 begitu…cara menjaganya gimana jadinya..?? 😀
          Infra struktur militer memang akan menjadi prioritas SERANGAN, yg banyak z bisa lumpuh bagaimana yg sedikit..??

          Perang berlarut hanya dimungkinkan jika supply alutsista tidak terputus, begitu juga logistik lainnya,

          Demi melihat postur Ideal TNI yg memerlukan begitu banyak alutsista, jalan terbaik adalah mampu membuat pedang sendiri, melanggengkan pembelian dari luar adalah kesia-sia an,
          begitulah opini idealis nya.
          😀

        •  

          Gk kebayang. Betapa sulitnya menjaga ketahanan bangunan strategis… semoga bisa dijaga dan terlindungi baik fisik maupun non fisk spt keamanan data

        •  

          wkwkwk iya ya kalo bkin pedang sndiri kan bsa di bkin banyak.. uda gtu bisa ngutan lg ^-^

          justru menurut saya banyaknya pulau menjadi keuntungan tersendiri,, kita investasi aja uang kita di radar yg bagus punya,, buat peringatan dini,, nah kalo pesawat musuh bawa nuklir datang,, kan bsa ketahuan langung pindah2 pulau saja,, biar mereka nebak2 kira2 orang2 indo ada di mna yaaa….

  39.  

    back to topik dah ,,, emg enakan yang mna pendek ap pnjang…???
    sya rasa pendek ap pnjang sm2 memuaskan kok.. tergantung permainanya ehh salah tergantung strategnya..

    KRI nanggala cakra trisula aslih jermn bukan hanya 2 kan bung satrio?? wlupun kloningnya banyak tp aslihnya bukan 2 kan ??

  40.  

    @bung Satrio : gambar2 di atas kalau menurut opini saya, itu yg 401 dan 402 salah satunya adalah type 206 class yg sudah dipermak dimana bagian sonar type aslinya kelihatan jenong namun yg ini sudah ada tambahan lapisan lainnya dibelakangnya shg jenongnya tdk kelihatan dan cone sudah dipermak seperti mirip 209 dan tanda lainnya adalah type cone towernya beda , 206 ada pintu sampingnya sementara 209 tdk ada, selanjutnya 206 tower pipe nya ada bentuk T di bagian belakang, sdgkan 209 beda. sedikit mengundang pertanyaan terkait isue akuisisi 206 di tahun 1996 yg katanya tdk jadi, namun tdk ada bukti di sananya bhw itu discrapt, apalagi kalau itu cuma bekas pakai berapa sih harganya???:)

    Just analisa newbie

  41.  

    kapal selam pasti paling RAME…haha
    udah ah liat aja ngg usah komen…jadi koran dong blog ini malahan

    salam cak LONTONG

    •  

      kah kah stuju bung emg kalo kapl selam cm TNI am tuhan aj yg tau,, tapi enak juga ya biarin biar mta2 pdan bingung yg mna ya yang bnar,, uda gtu bahasanya bahasa alay lg.. kah kah kah… berati jadi mta2 benar2 musti pntar ,, pntar bahaa alay bin lebay

  42.  

    Mohon Buat admin…. komen saudara andy ini apaan ? gak ada kaitannya dengan fomil ini… kl bisa di hapus saja koment no 46.

  43.  

    Maaf bung Wedus, saya gak ngerti maksud Anda.

    Artikel lama yang ada copas itu kan mengenai kerjasama ant RSN dan RAN dalam hal rescue kapal selam yang tenggalam. Jadi disebutnya Deep Sea Rescue. Karena RSN punya kapalnya dan RAN tdk punya kapalnya. Persis seperti kasus rescue kapal selam Russia yang tenggelam dan perlu bantuan kapal khusus dari negara lain untuk merescue jenasah para awaknya beberapa tahun yg lalu.
    Mohon dicerahkan kalau yg Anda maksud ada hal lain lagi saya belum mengerti. Maklum, “pengamat dalam masa percobaan” he3…

  44.  

    saya pernah baca (tp saya lupa sumbernya) ada gosip bhw Indonesia sebenarnya mempunyai suatu rahasia terbesar mengenai kapal selam, yaitu di tengarai sebenarnya Indonesia memiliki kapal selam dg tenaga nuklir. Ini bisa d prediksi dari kasus baru2 ini, pd saat Papua Nugini semakin berani ama negara ini, iseng2 TNI AL melakukan pengintaian dengan mengirim kapal selam utk mencari tahu siapa dibalik munculnya keberanian papua nugini saat ini thd negara kita. setelah tiba di suatu tempat (pastinya di perairan laut dalam) di ketahui bahwa papua nugini mendapat backing dari australia dan USA. selama pengendapan di laut dalam, ternyata kapal selam milik TNI AL terdeteksi oleh musuh, pd saat itu terjadilah kejar mengejar dengan strategi petak umpet. Kejadian “petak umpet” tersebut terjadi tidak kurang dari 1 bulan, maka dari bisa di bayangkan kapal selam dari jelas apa yang bisa nyelam selama sebulan tanpa sejenak muncul ke permukaan. bagi para SUHU apakah hal ini benar adanya??