Feb 242017
 

Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan PM Australia Malcolm Turnbull dalam pertemuan bilateral di Asem Villa, Vientiane, Laos, Kamis (8/9/2016). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/pd/16)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan lawatan kenegaraan ke Australia pada 25—26 Februari besok. Dalam kunjungan ini, Presiden Jokowi akan bertemu Perdana Menteri Malcolm Turnbull guna memperkuat hubungan bilateral antara kedua negara.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir mengatakan bahwa Menteri Luar Negeri Retno Marsudi akan turut mendampingi Presiden dalam kunjungan tersebut.

“Kunjungan ini penting untuk menunjukkan kedekatan hubungan negara tetangga dan memperkuat hubungan bilateral yang saling menguntungkan serta saling menghormati,” kata Arrmanatha di Jakarta, pada Kamis.

Presiden Jokowi dan PM Turnbull akan membahas isu-isu penting bagi kedua negara, terutama kerja sama di bidang ekonomi, salah satunya upaya percepatan pelaksanaan Kemitraan Ekonomi Indonesia dan Australia.

Kedua pemimpin juga akan membahas perluasan kerja sama RI-Australia di berbagai bidang, antara lain pendidikan, keamanan dunia maya, kerja sama maritim, dan investasi.

Arrmanatha menyebutkan bahwa dalam kunjungan itu Pemerintah RI akan mendorong perluasan pasar bagi produk-produk Indonesia yang diproduksi secara berkelanjutan, khususnya produk kayu Indonesia yang sudah berlisensi FLEGT.

Terkait dengan hubungan antarmasyarakat, Presiden Jokowi akan meresmikan balai bahasa Indonesia. Sejauh ini sudah ada tiga sekolah bahasa Indonesia di Australia.

“Kita akan mendorong internasionalisasi bahasa Indonesia. Sudah ada tiga tempat sekolah bahasa Indonesia, seperti di Canberra dan Melbourne,” ujar Arrmanatha.

Ada beberapa nota kesepahaman yang akan ditandatangani pemerintah kedua negara, antara lain terkait kerja sama maritim, industri maritim, dan keamanan dunia maya.

Dalam kunjungan ke Australia itu, Presiden Jokowi juga akan bertemu dengan para pengusaha Australia dan masyarakat Indonesia yang berada di Australia.

Sumber: Antara

Bagikan:
 Posted by on Februari 24, 2017