Nov 072016
 

tli

Sebuah pertambangan di daerah Provinsi Badakhshan, Afganistan berhasil dikuasai oleh kelompok militan Taliban. Dengan leluasa Taliban memanfaatkan hasil tambang berupa lapis semi mulia yang berasal dari mineral di pegunungan.

“Kami berpikir bahwa Taliban tak akan bisa menguasai pertambangan, namun kami salah,” ungkap salah seorang pejabat keamanan Afghanistan yang tak bersedia disebut namanya.

Untuk mencari hasil tambang, kelompok militan Taliban mempekerjakan masyarakt sipil yang tinggal di sekitar lokasi tambang.

“Presiden sudah melarang setiap penambangan yang tak terkendali, apalagi di bawah kelompok militan. Taliban memprotek para warga,” kata wakil gubernur Provinsi Badakhshan, Gul Mohammad Bedar, dikutip dari Reuters, Senin (7/11/2016).

Pemerintah Afgfanistan menduga, hasil tambang tersebut digunakan untuk membiayai operasional dan memperluas wilayah kekuasaan kelompok taliban di sebelah utara.

Sumber : metrotv

Bagikan:

  7 Responses to “Perlahan Taliban Kuasai Pertambangan di Afganistan”

  1.  

    Wah makin kacau

  2.  

    musti nya bikin undang¬≤ wajib bangun smelter … qiqiqi

  3.  

    makin kacau, sia sia amerika serikat berperang disana. taliban belum kalah juga, malah isis datang juga. kasihan AS ngabisin miliaran dolar di sana. tapi sia sia. taliban belum kalah kalah kalah juga

  4.  

    @Topeng : Bener juga y, yuk mari qt belajar islam bareng yg sesuai dgn Al Quran n Al Hadits…

  5.  

    perang melawan teroris atau teror tidak selesai,policy amrik suka dengan intervensi negara2 asing,setiap intervensi selalu ada perlawanan

    kalo mau melihat global of teror sudah seperti dr ujung benua ke ujung benua(eropa kek asia,afrika)apalagi perang proksi diaghanistan(taliban secara finansial didukung negara2 semenanjung arab<<<<<disini anda tidak ada mendapat info atau berita dr koran atau media,belum negara yg ikut terlibat seperti paki)

    taliban berusaha penguasaan ekom seperti tambang dan lahan kokain merupakan cara bertahan ditengah krisis global(karena negara arab juga ekpansi terlibat diiraq,libya,suriah secara langsung maupun tidak langsung) nah perlu ditanyakan dijual kemana2 itu komiditi???heheheheh

    ini opini pribadi saja,kalo salah dimaafkan saja

    salam damai selalu:)

  6.  

    Alexander agung mengalami kegagalan di Afganistan,Kaisar Persia tak pernah menundukkan Afgan,inggris selalu gagal menakhlukan Afgan,uni soviet angkat kaki dari Afganistan sampai akhirnya Runtuh,Amerika coba menakhlukan Afganistan dengan mengkudeta pemerintah Taliban semenjak 2001 bersama geng Nato,juga akan gagal karna semakin Hari Taliban semakin memperluas wilayahnya,dan Pemerintah Afganistan hanyalah penguasa provinsi ,Terlepas dari Stigma negatip Taliban yang diciptakan Barat sebagai Teroris ,Suku Pastun “pejuang Taliban”tak akan pernah bisa ditakhlukan America.

 Leave a Reply