Jun 072017
 

Raja Ampat, Papua Barat (Hadi Nyali)

Sorong – Pemerintah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, masih mempertimbangkan perpanjangan landasan bandar udara setempat hingga 2.000 meter agar pesawat berbadan besar dapat mendarat.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Raja Ampat Backy Rahawarin di Sorong, Selasa, mengatakan letak geografis Bandara Marinda Raja Ampat yang terletak diantara gunung dan laut sulit untuk dikembangkan.

Dia mengatakan kondisi geografis, kelestarian lingkungan dan keselamatan penerbangan menjadi pertimbangan Bandara Marinda Raja Ampat diperpanjang dari 1.550 meter hingga 2.000 meter.

“Kemungkinan besar panjang landasan pacu bandara Marinda Raja Ampat hanya bisa 1.550 meter,” ujarnya, dilansir ANTARA, 6/6/2017.

Menurut dia, pemerintah daerah telah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan agar landasan Bandara Marinda diperpanjang ke laut.

“Namun Kementerian Perhubungan menolak perpanjangan ke laut sebab perpanjangan itu menuai resiko yang tidak kecil,” ujarnya.

Karena itu, Bandara Marinda hanya bisa mendarat pesawat sedang, seperti ATR, sedangkan diperpanjang agar pesawat boeing bisa mendarat masih dalam pertimbangan.

Ia mengatakan bandara Raja Ampat yang selama ini dikenal dengan nama Marinda akan diganti nama menjadi Bandara Raja.

“Perubahan nama Bandara Marinda Raja Ampat tersebut telah dipertimbangkan secara ekonomis maupun secara teknisinya oleh pemerintah daerah,” ungkapnya.

  5 Responses to “Perpanjangan Bandara Raja Ampat Masih Dipertimbangkan”

  1. otonomi daerah dan otonomi khusus. apalagi kurang nya perhatian untuk papua masih tetap bilang mau merdeka….. gile lo dro :hotrit

  2. sya orang Merauke, alhamdullah selama ini aman2 saja di Merauke :iloveindonesia :iloveindonesia :iloveindonesia 😀

    • Alhamdulillah…..teror disana tanah papua sebenernya sangat bisa di tekan jika kita se mua maumemperhatikan saudara – saudara kita disana.

  3. bagaimana solusinya agar bandara di raja ampat bisa di perluas lagi.??? jika bandara marinda tidak bisa kembangkan sudah pasti ada bandara alternatif kan, di tempat lain mungkin, asal lokasinya masih di raja ampat.. raja ampat sangat penting dalam mendukung perekonomian daerah2 di sekitar raja ampat kan..!!!

 Leave a Reply