Jul 272017
 

Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menegaskan bahwa sahnya perpanjangan operasi PT Freeport Indonesia setelah masa Kontrak Karya berakhir pada 2021 menunggu ditandatanginya Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Teguh Pamudji mengklarifikasi bahwa Freeport secara resmi mempunyai perpanjangan operasi sampai tahun 2031 apabila perubahan sistem dari kontrak karya (KK) menjadi izin UPK sudah ditandatangani.

“Perlu dipahami dan menjadi kesepahaman kita bersama bahwa pernyataan tentang keabsahan atau sahnya kegiatan operasi PT Freeport pasca tahun 2021 atau setelah KK itu berakhir adalah sewaktu ditandatangani izin UPK. Tentunya izin UPK sampai sekarang belum. Itu yang menjadi dasar hukum,” ujar Teguh Pamudji dalam konferensi pers pada Rabu 26 Juli 2017 di kantor Kementerian ESDM Jakarta.

Teguh Pamudji yang juga menjadi Ketua Tim Perundingan Pemerintah dan Freeport ini mengatakan izin UPK yang akan diterbitkan akan diberlakukan hingga tahun 2021.

Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2017 mengeani Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Minerba, sesudah Freeport mempunyai izin UPK, perusahaan berhak mengajukan perpanjangan 2 kali dalam 10 tahun.

Tetapi, pemerintah tidak secara otomatis memberikan perpanjangan hingga tahun 2041. Kementerian ESDM akan memberikan perpanjangan 10 tahun pertama sampai tahun 2031 dengan terpenuhi dahulu syarat-syarat yang diwajibkan dalam PP 1/2017.

“10 tahun pertama Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM mengajukan perpanjangan dengan syarat yang dilengkapi, kemudian setelah tahun 2031 tentunya kami akan meminta lagi mereka untuk mengajukan lagi dan ada mekanismenya sendiri untuk memenuhi persyaratan,” ucap Teguh Pamudji .

Pemerintah akan memberikan perpanjangan jika Freeport sudah memenuhi syarat-syarat yang diwajibkan dalam PP Nomor 1 Tahun 2017, salah satunya pembangunan fasilitas pengolahan dan pemurnian mineral “smelter”.

Freeport pun telah sepakat membangun smelter dalam waktu 5 tahun dan akan selesai paling lambat tahun 2022, dilansir Antara, 27-7-2017.

Pemerintah dan PT Freeport Indonesia sekarang ini masih berunding untuk menemukan solusi dari 4 poin, yakni stabilitas investasi jangka panjang, perpanjangan kontrak Freeport, divestasi 51 persen dan pembangunan smelter. Antara.

Bagikan:

  33 Responses to “Perpanjangan Operasi Freeport Tunggu IUPK”

  1.  

    Kacau dah.. katanya kmrn ga akan di perpanjang lagi bilangnya.. bah kumaha ieu.. katanya jihad lawan freeport.. beuuhhhh

    •  

      Hadeeh…. jelas2 sdh di kadali yg katanya mo bangun smelter sampai sekarang gak di bangun2…sdh itikad gak beres….
      Memangnya BUMN gak mampu ya ambil alih operasional tambang…dan gak ada duit ya ambil alih tuh saham….
      Sdh jelas nih freeport membohongi puluhan tahun bahwa yg dtambag tembaga…tau2nya emas…. konon lg katanya bahkan uranium….masih aja nih tiap pemerintahan hilang nyali…ngomong mah gede waktu kampanye…..BUKTINYA kwkwkwk….

      •  

        buktinya?
        petral bubar..
        gembong narkoba didor
        kapal maling ikan dibom
        papua yang penuh gam bisa dibuat jalan tembus
        santoso juga diberesin di era ini
        freeport harus ngurus iupk baru bisa ngomong ekpor dan perpanjangan usaha

        apa junjungan yang lain bisa??? ground breaking doank palingan…setelah itu mangkrak…

        •  

          Lho emang ground breaking bukan bagian dr proyek itu ya.?…xixixi

          Prosesnya panjang bung sebelum dibuat jalan tembus papua itu. Jd dilihat sim salabimnya. Jalan tembus papua itu dibuatkan dulu SK nya oleh presiden yg lalu utk menugaskan TNI membuka jalan trans papua. Krn jika bukan oleh TNI akan selalu diganggu oleh GPK (bukan GAM). Yg anda liat di TV pak jokowi nyoba jalan pake motor itu adalah tahap lanjutan berupa pengaspalannya.

          Sdhlah jng berargumen dng sesuatu yg salah. Nanti ente malah nyusul kawan ente yg sekarang lg sembunyi setelah lihat fakta dan data.

          Saya tidak mau berpolemik yg lalu dan yg sekarang. Semua berjasa pada eranya. Itu yg harusnya ente sadari.

          •  

            ah gak sembunyi juga, lha mo sembunyi teteup aja perut ane metungul….

          •  

            ane sih setuja-setuju aja kalo tiap pemerintahan masing-masing punya jasa pada negeri ini bahkan termasuk presiden Soeharto dulu juga banyak jasa.

            yang bikin eneg cuma, kenapa masih gangguin pemerintahan baru bukannya kasih kritik yang membangun? biar aja si pengganti bangun dulu, lihat hasilnya bukannya koar-koar malah jadi pertanyaan kenapa mau jatuhkan pemerintahan sekarang, apa karena takut banyak kasus di eranya dulu mau diungkit kpk???

    •  

      nambah 1000 triliun yah? trus yang keliatan apa yah dari 1000 trilyun itu? hambalang? jalan tol cikampek-semarang yang gak selesai selama 10 tahun? Perbaikan pelabuhan yang dimulai dari 2004 tapi gak selesai juga sampe ganti pemerintahan yah….?

      mendingan ngutang tambah lagi tapi hasilnya keliatan di depan mata terutama bagi kami masyarakat pinggiran di luar jawa…

  2.  

    Nunggu pak karno bangkit baru bs lepas 100%

  3.  

    mana berani … sama Freeport ???

  4.  

    Divestasi 51% itu HARGA WAJIB…! tidak bisa ditawar..

  5.  

    freeport harus diliburkan 1 abad

  6.  

    Gunung erebort

  7.  

    Janji diingkari terus… Dulu pas masih kampanye pemilu katanya gak bakal perpanjang Freeport… Lagian kok perpanjangan tahun 2017, kenapa tidak 2019 kalau sudah pemilu lagi… Ngebet banget takut yg kepilih tahun 2019 Nasionalis seperti Sukarno.

    •  

      Bukan ingkar bung, waktu kampanye itukan memandangnya dng kacamata merk “Jikalau” dan setelah duduk ternyata yg hrs digunakan adalah kacamata merk “Realita”.

      Inikan baru pembahasan ijin perpanjang freeport, dimana 2 tahun sebelum kontrak berakhir harus sdh dibahas ijin perpanjangannya. Jika para pihak tdk bersepakat dng aturan main yg baru maka kontrak akan berakhir sesuai masanya dan tidak diperpanjang.Tetapi jika bersepakat maka akan diberlakukan kontrak baru setelah waktu kontrak yg lama berakhir.

      Adapun yg dilakukan pemerintah saat ini terhadap freeport adalah pemberian ijin yg bersifat sementara. Soalnya pemerintah jg butuh dana utk kas APBN berjalan. Jadi sebelum kita menghakimi lebih baik bijak menunggu apa yg akan diperbuat pemerintah berkaitan dng ijin freeport. Apakah item2 aturan mainnya akan disepakati sepenuhnya oleh freeport.? Atau akankah Pemerintah melunak dengan merubah pasal2nya dan menerapkan aturan main yg lebih dapat diterima oleh pihak Freeport demi kas negara.? Kalo pemerintah harus ikut apa kemauan freeport, hal itu mustahil terjadi. Karena rakyat akan mempertanyakan ketegasan pemerintah terhadap kesewenangan Freeport.
      Salam NKRI

    •  

      Bukan ingkar bung, waktu itukan memandangnya dng kacemate merk “Jikalau” dan setelah duduk ternyata yang harus digunakan adalah kacemate merk “Realita”.

  8.  

    Waktu nya pergantian reziim…..

    •  

      Yg dilakukan pemerintah saat ini terhadap Freeport adalah pemberian ijin yg bersifat sementara. Soalnya pemerintah jg membutuhkan dana utk kas APBN berjalan. Jadi sebaiknya kita bijak menunggu apa yg akan diperbuat pemerintah berkaitan dng ijin freeport. Apakah item2 aturan mainnya akan disepakati sepenuhnya oleh freeport.? Atau akankah Pemerintah melunak dengan merubah pasal2nya dan menerapkan aturan main yg lebih dapat diterima oleh pihak Freeport demi kas negara.? Jika pemerintah harus ikut apa kemauan freeport, hal itu mustahil terjadi. Karena rakyat akan mempertanyakan ketegasan pemerintah terhadap kesewenangan Freeport.
      Salam NKRI

      •  

        susah bung menjelaskan pada orang yang cuma bisa nyinyir, pokoke segala kelemahan diuar, yang positif disembunyikan….

        seumur hidup jadi golfut ane juga tau mana pemimpin yang mau kerja mana yang tidak, hanya hati dengki dan iri yang menutup kebaikan dan kerja nyata orang lain…

  9.  

    Wah nyerah saya liat artikel ini xixixix….

    •  

      ane sih gak nyerah, cukup ikut mengawal dan mengawasi aja prosesnya gimana?

      jadi inget dulu pas mau pergantian rejim, udah ada yang nyoba-nyoba ngurus perpanjangan freeport padahal usia pemerintahannya dah di depan mata dan gak punya hak lagi buat memperpanjang freeport…

  10.  

    Di anggap pemetintah apa saja yang penting tegas dan punya pendirian Pak De, jangan mundur dan jangan mengalah sama freeport demi kemakmuran rakyat Papua dan indonesia secara keseluruhan, mafia mafia di freeport biar klepeg klepeg, ujungnya Nanti paling menebar berita yang gak jelas. maju dan lurus Pak De jolowi, salam 2 X

  11.  

    ngapain diperpanjang, coba kelola sendiri npa..
    masa dari dulu SDAnya dikuasai aseng smua..
    kapan majunya klo gk dicoba..
    apa gunanya ada BUMN

  12.  

    Indonesia punya ratusan Insinyur, punya ratusan Sarjana berbagai jurusan, punya ribuan ahli politik tapi Indonesia tidak mampu menguasai PT Freepot,, seandai nya kita mampu kuasai PT Freepot maka kita akan makmur dan berubah menjadi negara kaya, negara kuat, dan negara yang di hormati di dunia,, bahkan kita mampu mengakuisisi sista yang kuat, canggih dan modern,,

  13.  

    kecewa berat ni rakyat…
    kalau difikir-fikir, kita bisa olah sendiri tanpa freeport, penambang illegal aja terbatas tradisional bisa, moso sekelas bumn gak bisa, aneh …

  14.  

    Freeport ibarat duri dalam daging bagi Indonesia. Menyakitkan

  15.  

    gak yakin juga klo ganti rejim fripot beres…

  16.  

    Kenapa Gk Nyuruh Rusia/Chino Yg Ngambil Alih?.

    •  

      kalo chino? hemmmm banyak mining incident sampe accident disana…

      kalo Russia? hemmm ane dah kapok ngedukung bung Jimmy, gegara kemaren gak dapet bagian waktu deal sukhoi… he..he…

  17.  

    klu russia ane setuju banget, waktu melepaskan papua dari londo peralatan yg dipake bikinan russia, yg laen bgak mo bantu, ya iyalah, londo anggota sekutu mah hehehe, anehnya kok amriki yg d kasih ngelola?? makannya jangan ngarep mau dapet tot dari russia, terlanjur kecewa hehehe, paman bear langsung dengerin lagu armada-asal kau bahagia…

  18.  

    http://www.infopresiden.com/2017/07/bos-freeport-bakal-bertemu-sri-mulyani.html?m=1

    Fakta Menteri Johan bertemu dengan McMorgan.
    Tak mengakui adanya pembahasan soal IIUPK lalu kenapa bertemu?

    Soal divestasi juga saya yakin nanti tidak ada syarat 51% tsb bisa dibeli oleh BUMN (Karna bisa secara Otomatis pergantian Kepemilikan) tapi dialihkan syarat divestasi tsb ke Swasta atau Pihak lain jd secara Otomatis Kepemilikan Freeport masih di tangan McMorgan, itu yg saya rasa dipertahankan oleh McMorgan.
    Dalam kata lain McMorgan enggan mayoritas saham dipegang Indonesia karna pengaturan pengeluaran Freeport nantinya bisa membengkak, Bayangkan saja Pempus berikan aturan baru maka BUMN enak aja blg OK..

 Leave a Reply