Apr 072017
 

Peresmian KRI Raden Eddy (RE) Martadinata-331 oleh Menhan RI Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu di Dermaga Pondok Dayung TNI AL, Jakarta, (7/4/2017)

Jakarta – Kapal perang baru, KRI Raden Eddy (RE) Martadinata-331 diresmikan oleh Menteri Pertahanan RI Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu di Dermaga Pondok Dayung TNI AL, Jakarta, Jumat (7/4/2017). Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan kehadiran alutsista KRI RE Martadinata-331 akan memperkuat pertahanan dan keamanan laut Indonesia.

Peresmian KRI Raden Eddy (RE) Martadinata-331

Peresmian KRI Raden Eddy (RE) Martadinata-331

Usai acara peresmian, dihadapan awak media Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menjelaskan bahwa, kehadiran KRI RE Martadinata-331 adalah untuk memperkuat pertahanan laut Indonesia, dilengkapi dengan peralatan sesuai tuntutan fungsi sebagai kapal perang. “Kapal KRI RE Martadinata-331 ini dilengkapi dengan persenjataan anti kapal permukaan, anti bawah air dan anti serangan udara serta mampu melaksanakan perang elektronika,” katanya.

Peresmian KRI Raden Eddy (RE) Martadinata-331

Lebih lanjut Panglima TNI menjelaskan alutsista KRI RE Martadinata-331 merupakan kapal pertama proyek kapal SIGMA 10514 PKR (Perusak Kawal Rudal) yang pembangunannya dilakukan oleh DSNS dan PT PAL Surabaya, pemotongan alat baja pertama dilakukan di Vlisingen Belanda dan peletakan tunas dilakukan di PT PAL. KRI ini merupakan kapal Fregat kombatan utama TNI AL pertama yang dibangun di galangan kapal dalam negeri.

Peresmian KRI Raden Eddy (RE) Martadinata-331

Saat peresmian Menhan RI mengatakan KRI RE Martadinata-331 merupakan tuntutan organisasi untuk mengantisipasi ancaman yang terjadi akibat adanya perkembangan lingkungan strategis dan nilai strategis perairan Indonesia. “Perairan Indonesia memiliki nilai strategis bagi negara-negara di dunia, oleh karena itu dengan masuknya KRI RE Martadinata ke jajaran TNI AL harus mampu mendukung terciptanya stabilitas keamanan kawasan dan dapat mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia,” ujarnya.

Peresmian KRI Raden Eddy (RE) Martadinata-331

Peresmian KRI Raden Eddy (RE) Martadinata-331

KRI RE Martadinata memiliki panjang 105 meter, lebar 14 meter, draf termasuk sonar 4,23 meter, full load 5,72 meter, dengan bobot penuh 2.946 ton dan mampu melaju hingga kecepatan 28 knot. Kapal ini menerapkan teknologi siluman (Stealth) yang mengeleminasi tampakan kapal dari layar sensor kapal musuh, kehadirannya akan memperkuat jajaran satuan kapal eskorta TNI AL serta dikukuhkan sebagai kapal pimpinan atau Flagship.

Peresmian KRI Raden Eddy (RE) Martadinata-331

Peresmian KRI Raden Eddy (RE) Martadinata-331

Persenjataan

Persenjataan yang dimiliki KRI RE Martadinata-331 antara lain Meriam Utama OTO Melara 76 mm Super Rapid Gun, Rudal Exocet MM 40 Block 3 dengan jarak jangkauan sejauh 180-200 km, Rudal anti serangan udara Mica berdaya sergap sasaran sejauh 20-25 km dengan ketinggian 9.144 meter, pengecoh Rudal Terma SKWS DLT-12T dan Torpedo A-244S yaitu jenis torpedo ringan berpandu yang dapat mengejar sasaran di perairan dangkal serta Meriam Close In Weapon System (CIWS) millenium 35 mm untuk menangkis serangan udara dan ancaman permukaan jarak dekat.

Turut mendampingi Menhan RI diantaranya Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., Irjen Kemhan RI Letjen TNI Agus Sutomo dan Pangarmabar Laksda TNI Aan Kurnia.

 

Puspen TNI

 Posted by at 10:12 pm

  36 Responses to “Persenjataan Kapal Perang KRI RE Martadinata-331 Indonesia”

  1. Biasanya ada yang komen ‘wooww’ gitu.

  2. Siapa bilang macan ompong ya?

  3. Tinggal menunggu kawan2nya! Klu Iver kapan ya?

  4. CIWS belum dipasang tuh…

    Total berapa ya PKR yg kita pesan?

  5. Kapan senjatanya akan dilengkapi, kok masih kosong?

    • Masih kosong …
      Minimalist sekali….
      Senjata nya bisa di install macam macam…
      Tapi anggaran nya belum ada …
      Mungkin menunggu produksi ke 8 …jadi Kalau jadi beli .. bisa dapat murah …ada discount..
      Apalagi made in China…
      Kapan jadi di install? Tidak tahu…tidak jelas…
      Mungkin kapan kapan…
      Masih lama …
      Jangan ditunggu …

  6. ini artikel resmi dari Puspen TNI, tapi di artikel sebelumnya ada yang bilang ompong, bilang nggak punya uang, padahal seharusnya bersabar saja tinggal tunggu barangnya datang saja …

    jika baca SIPRI ada 30 rudal MM-40 (2012) dan 40 rudal MICA (2012) serta 2 CIWS Millenium (2013) yang dipesan untuk SIGMA PKR10514 …

    Jadi sabar saja menanti …

  7. Bikin lg 10 unit, setiap galangan kapal swasta dan plat merah minimal bikin satu unit per 6 bulan atau setahun, launchingnya samaan 10 unit sekalian jenis apapu ….hemat biaya peresmian yg hanya membuang wkt, tenaga dna uang tentunya!!,

  8. Idealnya sih pesen 25 ya… Buat gantiin 6 Van Speijk class, 16 Parchim class, dan 3 Fatahillah Class.

    Tapi untuk tahap awal, first batch cukup 6 dululah buat gantiin Van Speijk. Nanti second batch dengan senjata yang diupgrade bisa pesan 3 untuk gantiin Fatahilah Class. Terakhir, third batch dengan upgrade yang lebih canggih lagi bisa buat gantiin 16 Parchim kalo ekonomi udah membaik.

    • Hihihi… Kemungkinan Untuk Mengganti Ahmad yani class… Tapi Katanya Tahun Ini TNI mau mengadakan Tender 2 Unit Fregat untuk Mengganti Van Speijk Class…

  9. yg penting jg di instal sama yg suka delay aj

  10. tuh kan mantabb

  11. Seperti biasa radarnya masih selapis ..

  12. kenapa flag ship ga dikasih yakhont ya..? kan sayang stok melimpah ga dipasang dikapal.. apa buat parade x ya

  13. Bagus juga persenjataannya. Pesan lagi yang banyak pak 100 unit cukuplah tu kan tinggal ngomong aja ke PAL.

    Beli lagi pak 2 unit dri blok timur terutama dari Rusia, jgn lupa tot utk dikolaborasikan dgn Yakhon…uuuuuhuuii…

  14. Ane berharap.smoga PKR batch 2.semua sistemnya udah mengadopsi plug & play.

  15. Anti udaranya beda 4 unit ya sama nakhoda ragam class,16 unit sama 12 unit..yg standby…

  16. Bentar lagi fremm…

  17. Menhan sama panglima sepertinya kurang akur.

  18. Indonesia wajib bikin terpedo siluman kelas berat dengan jangkauan jauh untuk menghancurkan kapal induk cinok.

  19. Indonesia wajib bikin terpedo siluman kelas berat jarak jauh untuk menghancurkan kapal induk cina

  20. Kuantitas adalah kualitas, klo sdh pny kelas REM dg jeroan spti ini dan dg jumlah yg cukup, sdh baik buat kita. OWA buat latihan install gendongan timur. Moga kedpn nkri bs dpt ilmu bnyk dari barat maupun timur, serta bs diaplikasikan.

  21. Radarnya pake apa? SMART-S? Jangkauan max berapa? 200km? Sedangkan Super hornet gotong Harpoon-ER yg punya jangkauan 300km

    • kalau di pasang radar yang jangkauan efektif 500-800Km dan bisa melihat keberadan pesawat stealth fighter pada 400KM… makin garang nih KRI #mimpi indah di siang hari… 😀

 Leave a Reply