Agu 212017
 

Penyiapan Satuan Tugas Maritime Task Force (Satgas MTF)TNI Konga XXVIII-J/Unifil

Surabaya – Tentara Nasional Indonesia menyiapkan Satuan Tugas Maritime Task Force TNI Konga XXVIII-J/Unifil (United Nations Interim Force in Lebanon) 2017 yang akan bertugas sebagai pasukan pemeliharaan perdamaian dunia di bawah naungan Perserikatan Bangsa Bangsa selama 1 tahun di wilayah perairan Lebanon untuk menggantikan Satgas MTF TNI Konga XXVIII-I/Unifil yang akan berakhir masa tugasnya.

Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian TNI Brigjen TNI Achmad Marzuki beberapa waktu lalu secara resmi membuka Latihan Pratugas Satgas MTF TNI Konga XXVIII-J/Unifilm TA 2017 yang diikuti 100 prajurit TNI AL di Audiotorium Puslat Kaprang, Kolatarmatim, Ujung Surabaya.

Setelah selesai pembukaan latihan penyiapan Satgas MTF TNI Konga XXVIII-J/Unifil, Komandan PMPP TNI menyematkan tanda latihan kepada perwakilan Satgas.

Brigjen TNI Achmad Marzuki menyampaikan ucapan selamat kepada anggota yang sudah terpilih sebagai personel Satgas MTF dan berhak untuk mengikuti latihan penyiapan. “Kegiatan latihan penyiapan ini bertujuan memberikan pengetahuan tentang misi perdamaian PBB serta memahami kondisi terakhir daerah misi sehingga diharapkan mampu bertindak sesuai dengan protap dan aturan pelibatan yang sudah ditentukan oleh Dewan Keamanan PBB pada Misi Unifil,” ujar Brigjen TNI Achmad Marzuki.

Brigjen TNI Achmad Marzuki mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah turut membantu demi terselenggaranya latihan penyiapan ini.

“Kepada Komandan Satuan Latihan dan para pelatih, saya serahkan Satgas MTF TNI Konga XXVIII-J/UNIFIL Lebanon ini untuk dilatih dan diberikan pembekalan yang terbaik agar mempunyai kemampuan seperti yang diharapkan,” kata Brigjen TNI Achmad Marzuki.

Penyiapan Satuan Tugas Maritime Task Force (Satgas MTF)TNI Konga XXVIII-J/Unifil

Komandan PMPP TNI berpesan agar peserta menjalankan seluruh latihan sesuai prosedur yang berlaku dan senantiasa melakukan evaluasi untuk dapat dilaksanakan perbaikan-perbaikan di masa yang akan datang, pelihara realisme latihan dengan situasi daerah operasi yang dihadapi, sehingga didapat kemampuan yang sesuai dengan tuntutan tugas. Perhatikan faktor keamanan dan keselamatan selama pelaksanaan latihan, baik personel maupun materiil dan gunakan latihan untuk meningkatkan kerjasama perseorangan maupun kelompok sehingga terjalin kesatuan tugas yang solid.

Personel Satgas MTF TNI Konga XXVIII-J/Unifil yang berjumlah 100 orang prajurit terdiri dari 94 orang Kru KRI, 1 Perwira Intelejen, 1 Perwira Psikologi, 1 Dokter, 1 Perwira Penerangan, 1 Prajurit Kopaska dan 1 Penyelam akan dipimpin oleh Kolonel Laut (P) Alan Dahlan, S.H. (AAL 1995)  sebagai Komandan Satgas yang sehari-hari menjabat Komandan KRI Usman Harun-359.

Hadir dalam acara ini hadir Komandan Guspurlatim Laksma TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han), para Asisten Pangarmatim, para Komandan Satuan jajaran Koarmatim dan Komandan KRI Usman Harun-359 Kolonel Laut (P) Alan Dahlan, S.H. selaku Komandan Satgas MTF 2017, serta seluruh prajurit Satgas MTF TNI Konga XXVIII-J/Unifil. Pen Konga XXVIII-J/Unifil pada Senin, 21 Agustus 2017).

  One Response to “Persiapan 100 Prajurit Satgas Maritim Task Force ke Lebanon”

  1.  

    Gak kelar2 kayaknya tugas KONGA untuk UNIFIL, apa gak damai2 dsn?