Aug 182014
 
Pesawat F-16 TNI AU (photo: roesminnurjadin.com)

Pesawat F-16 TNI AU (photo: roesminnurjadin.com)

Pekanbaru – Lanud Roesmin Nurjadin melaksanakan uji fungsi Arresting Cable di Runway, Senin (18/8/2014), Sebelum dioperasionalkannya Skadron Udara 16 Lanud RSN, Pekanbaru, Riau yang akan mengawaki pesawat tempur F-16 C/D 25ID.

Kegiatan ini bertujuan memastikan sistem peralatan dalam mendukung pendaratan pesawat F-16 berfungsi dengan baik. Kegiatan Uji fungsi Arresting Cable, turut disaksikan Danlanud Roesmin Nurjadin, Kolonel Pnb M. Khairil Lubis.

Pesawat F-16 TNI AU (photo: roesminnurjadin.com)

Pesawat F-16 TNI AU (photo: roesminnurjadin.com)

Pelaksanaan uji fungsi berjalan dengan lancar dan dipastikan bahwa peralatan Fortable Arresting Cable yang dipasang sudah berfungsi dengan baik, apabila dibutuhkan dalam pendaratan pesawat F-16. Arresting Cable merupakan salah satu peralatan yang harus dimiliki sebelum pesawat tempur F-16 C/D 25ID beroperasional di Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin.

Skadron Udara 16 merupakan satuan tempur Lanud Roesmin Nurjadin yang akan diresmikan dalam waktu dekat oleh Presiden RI. Seluruh sarana prasarana dan fasilitas pendukungnya dipastikan sudah siap dalam mengoperasionalkan pesawat tempur F-16 C/D 25ID. (sumber: roesminnurjadin.com).

  94 Responses to “Persiapan Lanud RSN Terima F 16 C/D 25ID”

  1. 1 oke

    • Stay terus bung gorbacep….???

      • iya bung MIRZA suruh ronda jagain kandang padahal mata udah lima watt.
        salam hangat bung

      • stelah F16 upgrade ini tuntas semua, satu-satunya perpur yg dinantikan khalayak sesuai yg sudah disabdakan oleh panglima tni adalah SU-35.
        jika SU-35 batal berarti kekecewaan khalayak; penggantinya walo T50 Rusia sekalipun belum tentu mengurai kekecewaan itu.
        Publik memang aneh dan nyleneh.

    • Fortable Arresting Cable, fungsinya buat apa?

      • @indo. gunanya
        1. utk pendaratan dilandasan yg pendek.
        2. menghemat sepatu rem serta ban yg ckp mahal.
        3. pilot TNI AU mendapatkan ilmu dgn tambahan pendaratan model sprt itu yg gunanya jk sewaktu2 pilot kita latihan bareng dgn us navy dgn armada kapal induknya yg suatu saat nanti diperlukan utk menghadapi plan jk prediksi gontok2an di LCS terbukti trjd, itu skenarionya knp us menghibahkan F16 yg punya kemampuan mendarat di kapal induk. pdhl sbnrnya kita tdk butuh2 amat mendarat pake pengkait yg sebenarnya dikhususkan utk mendarat dikapal induk.
        4. yah gitu deh.. hehehe..

  2. Lanjutkannnn….!!!

  3. oo..di RSN toh..

  4. Nomerr siji,,,

  5. 4

  6. Absenn

  7. 6 absen dl…. siap siap terima alutsista ya bang

  8. Hajar terus dg artikel kewiraan bung Diego. 😀
    Lama-lama capek juga liat komen para fan’s boy dari 2 pihak.

  9. Kita pasti bisa buat yang lebih hebat

  10. malam ini ada 5 artikel baru euy,, hebat,,

  11. wah naga2nya ini mau akusisi mother ship. teruskan latihannya dan siap2 penerbang AU bergabung dengan armada tempur laut.

  12. Bung Diego..sebenarnya F16 C/D 25ID atau F16 C/D 52ID..?

  13. Hehehe..! Bangga, tapi juga kasihan dengan masyarakat PKU yang tinggal disekitar bandara. Pangkalan RSN ini di tengah kota, pasti nanti akan lebih bising lagi dengan kehadiran keluarga F16 kita. Apalagi disekitar bandara juga dikelilingi oleh banyak rumah sakit..!

    • awalnya aja bung terganggu….lama lama dah kebal walau ada f16 bleyer2 tetap bisa tidur

      • jng mau enak nya aja lah. demi bermasyarakat dan bernegara yg baik, toleransi nya tonjolkan. toh nanti klu ada kejadian apa apa, yg paling deket bandara yg paling enak.bantuan deket bandara, mau pergi jauh bandara, lainnya macet ria.

    • mu nambahin om Yayan 😀
      apalah artiny kbisingan pespur mlik tni yg mmbuat hti mrasa aman..klo dbndingkn dgn kbisingan berita bhwa kedaulatan NKRI di obok2 oleh pihak asing..(trmsuk ttngga2 rseh)

  14. nongkronging jkr nunggu artikel….sekalinya muncul banyak….hahaha…..mantap…..

  15. Bismillah, standby di jakartagreater sambil nunggu si kecil lahir…
    Ditemani dgn segelas kopi hangat + baca artikel menarik, lumayan mnghilangkan rasa cemas dan was2..

    Jayalah negri ku…
    Salam hangat…

  16. Alhamdulillah, jam 04.15 Wita sudah lahir jagoan kecil saya dgn selamat dan sehat.

    Terimakasih teman2 jakartagreater atas doa dan dukungan nya.

    Pamit off bntar dulu mau main dgn si jagoan…

    Bung awan, bung tonie, bung gue, many thankz….. 🙂

  17. Kira2 AAM nya apa ya?sidewinder sajakah?

  18. bung BRICI, ntar pilih nama nya pake nick sesepuh aja ya, kan banyak yg keren2….asal jgn pake nicknya ndan PS aja hehe….salam hangat

  19. Selamat bung brici, saya usul kasih nama presiden pertama sekalian menyambut HUT RI ke 69 biar melanjutkan perjuangan Indonesia Jaya

  20. Para waJKGR kebetulan saya tinggal di Pekanbaru…sekedar informasi.. dan sebaiknya menjadi bahan pertimbangan dan diskusi kita.letak Skadron 12 Hawk dan Skadron 16 di pekanbaru terlalu rawan unruk di sabotase. Karna terlalu leluasa siapapun bisa dg mudah melewatinya..hanya sekitar 30 meter saja letak Hanggar pesawat dg jalan. Walau untuk melewatinya harus lewat pos scurity tp tdak pernah ada pemeriksaan..dan terlalu bebas hingga bila ada pihak yangh ingin melakukan sabotase sangat mudah sekali.Bagaimana tanggapanya bung diego,bung yayan,bung satrio dan para wajger lainnya.ini demi kelangsungan satria angkasa kita juga

    • benar Bung Laba”.. saya dulu juga pernah tinggal di pekanbaru..disana banyak banget jalan tikus-nya yang bisa dengan leluasa masuk ke area kompleks AU.. menurut saya agak sulit jika akan diberlakukan hal yang sama dengan kompleks Halim, karena area TNI AU di pekanbaru juga bagian dari tanah perumahan penduduk sipil.. jika mau seperti Halim, Lapangan harus di relokasi ke dekat kompleks caltex – Rumbai, tapi tentu saja akan mengeluarkan dana yang gak sedikit..

    • kenapa ga dibikin pager? atau tanahnya bln bersertifikat?

  21. Affirmative 😈

  22. apakah semua pespur dari usa akan dialihkan ke rsn?

  23. amrik ngajakin nongkrong bareng di kapal induk ya? asal mereka gak minta bayaran yg lebih neko2 aza.

  24. hmmh, penambahan hook arrester bukannya bisa mengakibatkan perubahan konstruksi fuselage ya? itu juga kan kemaren yang buat f-35 tambal sulam terus… atau memang sejak awal f-16 ini sudah dipersiapkan untuk dipasang hook arrester? kl seperti itu bisa dimungkinkan untuk landing di carrier dong? baru ini saya liat ada jenis f-16 yang bisa dipasangin hook arrester.. mohon pencerahannya…

    • Hook ini mmg tandar pespur si sam untuk emergency, bukan buat kapal induk. Buat kapal induk framenya lebih berat, luas area sayap harus diperbesar termasuk flapnya, sama kaki2 harus jauh diperkuat. Liat airframe f18 dan f16 jauh beda. Atau f35a dan f35b

      Untuk papabear standar landing gearny mmg sudah kuat, papabear minta spek nya begitu soalnya landasan punya papabear bnyak unpaved. Roda depan jg gak perlu hook soalnya kapal induk papabear pake jump ramp bukan ketapel kyk paman sam

  25. Mudah mudahan rudal rudalnya ngga cuman sidewinder dan maverick aja

  26. hmmm….ada kyk kawat sling gtu yak…apa tanda-tanda persiapan landing di pasar induk ???

  27. F16 Dengan cable bantu pendaratan, .. bisa untuk landasan dengan runaway pendek atau kapal LPD Buatan PT.PAL

  28. Selamat atas kelahiran putra ke 2 BUNG BRICI,Semoga menjadi anak yang sholeh, amin …..

  29. wahh , baguslah , si hawk hampir tiap hari main” di atas pku , fly pass , apalagi di tambah f-16

 Leave a Reply