Persiapan Latihan Perang Garuda Shield TNI AD – US ARMY

Militer   –  Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto, mendampingi Komandan Komando Pembina Doktrin, Dankodiklat TNI AD Letjen TNI AM Putranto, dan Aslat Kasad Mayjen TNI Harianto, meninjau persiapan latihan bersama Garuda Shield 15/2021 antara TNI AD dengan US Army di Puslatpur Amborawang Kodam VI/Mulawarman.

Garuda Shield merupakan latihan perang antara US Army dan TNI AD yang akan dilaksanakan di Indonesia yang nantinya akan diikuti sebanyak kurang lebih 3600 prajurit gabungan dari TNI AD dan US Army, yang dilaksanakan secara serentak di 3 Kodam yaitu: Kodam II/Sriwijaya, Kodam VI/Mulawarman dan Kodam XIII/Merdeka.

Untuk Wilayah Kodam VI/Mulawarman akan dilibatkan kurang lebih sebanyak 450 personil yang terdiri dari 270 personel TNI AD dan 180 Personel dari pihak Amerika Serikat.

Tim yang dipimpin oleh Dankodiklatad beserta rombongan juga melaksanakan peninjauan sarana dan prasarana latihan pada hari Sabtu 24-4-2021 di Yonif Raider 600/Modang.

Konsep Latihan Bersama antara TNI AD dengan US Army adalah, dengan menggunakan daerah latihan yang dirancang berdasarkan situasi dan kondisi menyerupai medan dan situasi sebenarnya yang akan dihadapi oleh prajurit pada saat penugasan.

Saat diwawancarai oleh media, Dankodiklatad mengatakan latihan bersama yang diselenggarakan di Kodam VI/Mulawarman adalah yang terbesar yang pernah terjadi selama ini dan ini atas inisiatif atau usulan dari Kasad yang didukung perangkat-perangkat yang ada.

Dankodiklat TNI AD Letjen TNI AM Putranto mengatakan: “Saya yakin Indonesia akan jauh lebih profesional. Tapi inti dari semua kegiatan ini adalah menjalin hubungan komunikasi yang baik antara kedua belah pihak”, dirilis Situs TNI, Senin 26-4-2021.

Dankodiklat TNI AD juga menyampaikan bahwa secara umum persiapan untuk mendukung latihan bersama sudah 70 persen, tinggal penghalusan beberapa tempat.

Rangkaian kegiatan peninjauan ini merupakan kegiatan sebelum dilaksanakan pertemuan terakhir dengan tentara Amerika serta untuk memastikan bentuk latihannya, perlengkapannya termasuk sarana daerah latihan.

“Saya lihat di Puslatpur Amborawang Kodam VI/Mulawarman ini sangat luar biasa diantara Puslatpur yang lain ini sangat memadai”, ujar Komandan Kodiklat TNI AD Letjen TNI AM Putranto.

Tinggalkan komentar