Mei 052019
 

Batam, Jakartagreater.com   –   “Laksanakan tugas dan tanggung jawab masing-masing dalam menjalankan peran di kapal dari keberangkatan, saat berlayar maupun tiba di Port Blair India”, kata Komandan Kapal Negara (KN) Tanjung Datu-301 Kolonel Bakamla Capt. Nyoto Saptono, S.H.,M.Si (Han) M.Mar.

Hal ini dikatakan Kolonel Bakamla Capt. Nyoto Saptono, saat memberikan arahan pada Sabtu 4-5-2029  kepada seluruh ABK kapal sebelum Port Visit menuju Port Blair India, Batam. Lebih lanjut, Kolonel Bakamla Capt. Nyoto Saptono menjabarkan ketiga poin tersebut.

Poin pertama adalah persiapan keberangkatan. Capt Nyoto menyampaikan bahwa, “dalam persiapan keberangkatan yang harus diperhatikan adalah :

  1. Jaga kesehatan masing-masing personel.
  2. Jalankan peran jaga laut di tiap-tiap departemen.
  3. Jalankan tugas masing-masing sesuai dengan bidangnya dan jalankan peran-peran di kapal sesuai SOP seperti peran muka belakang.
  4. Peran parade, peran pemanduan dan peran-peran lainnya.

Kemudian, poin kedua adalah selama berlayar, Kolonel Bakamla Capt. Nyoto Saptono menekankan supaya seluruh personel saat berlayar mentaati peraturan yang ada seperti waktu jaga, waktu makan dan istirahat.

Dan terakhir, poin ketiga adalah kedatangan di Port Blair India. Kolonel Bakamla Capt. Nyoto Saptono menyampaikan rangkaian kegiatan setiba di Port Blair yakni :

  1. Tanggal 13 Mei 2019 ada upacara penyambutan kedatangan KN Tanjung Datu 301 oleh pihak India.
  2. Tanggal 14 Mei 2019 KN Tanjung Datu akan menerima kunjungan dari petinggi Indian Coast Guard maupun petinggi lainnya dan 15 Mei 2019 dilaksanakan olahraga bersama kemudian kunjungan ke Maritime Rescue Coordination Centre (MRCC) dan adanya pertukaran budaya.

Salah satu ABK kapal Serka Bakamla Lina mengatakan bahwa, “untuk memberikan performa maksimal saat pertukaran budaya setiap hari kami laksanakan latihan Poco-Poco, selain itu juga kami laksanakan pembersihan kapal salah satunya dengan pengecatan”, tutur Lina.
(Humas Bakamla)