Personel Angkatan Laut Korea Selatan Tewas Saat Menambatkan Kapal Perusak

86
Destroyer Choi Young saat di Afrika (foto : JOSEPH HARWOOD/NATIONAL GUARD)

Seorang perwira Angkatan Laut Korea Selatan tewas dan empat personel lainnya cedera pada hari Jumat dalam kecelakaan yang melibatkan kapal perang perusak yang kembali ke pangkalannya setelah melakukan misi anti-pembajakan di Somalia.

Yonhap News melaporkan bahwa kecelakaan itu terjadi pada jam 10.15 di pangkalan Angkatan Laut di selatan pelabuhan Jinhae ketika sebuah tali yang digunakan untuk mengamankan kapal perusak Choi Young seberat 4.400 ton terhenti karena sebab yang belum diketahui, tulis Yonhap yang mengutip dari pejabat yang tidak disebut namanya.

Kecelakaan terjadi saat upacara penyambutan diadakan. Para kru saat itu sedang mengembalikan kapal perang ke tempat yang aman setelah melakukan misi anti-pembajakan selama enam bulan di Teluk Aden.

Kelima personel itu dibawa ke rumah sakit terdekat setelah kecelakaan itu. Seorang pesonel kelas dua berusia 22 tahun, yang identitasnya dirahasiakan meninggal dunia dengan luka-luka serius di wajahnya saat dalam perawatan, kata para pejabat. Dia ditetapkan untuk keluar dari militer sekitar satu bulan kemudian. Empat orang lainnya menderita luka-luka yang tidak serius di bagian lengannya.

Angkatan Laut akan melakukan penyelidikan untuk mencari penyebab kecelakaan itu, kata laporan itu.

Defenceworld