Apr 092016
 

Kepala Staf Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (KASAU), Marsekal Agus Supriatna mengatakan bahwa sudah ada personel TNI yang ditempatkan di Filipina.

Marsekal Agus menjelaskan bahwa begitu pemerintah Filipina memberi sinyal militer negara lain boleh beroperasi di wilayah mereka, para personel TNI itu akan beraksi untuk membebaskan 10 Warga Negara Indonesia (WNI) yang disandera oleh kelompok Abu Sayyaf.

“Kami sudah siap. Semua sudah di sana. Sudah dibawa. Tinggal tunggu mandat dan izin dari Filipina saja,” kata Marsekal Agus di Halim Perdanakusuma, Sabtu (09/04).

Namun, Marsekal Agus tidak menjelaskan secara rinci terkait satuan TNI yang sudah ditempatkan di Filipina dan berapa jumlahnya. Para personel TNI tersebut masih menunggu militer Filipina yang sedang berupaya membebaskan 10 WNI yang disandera.

Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Agus Supriatna. (Fabian Januarius Kuwado)

Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Agus Supriatna. (Fabian Januarius Kuwado)


Marsekal Agus menegaskan bahwa TNI sudah mengetahui di mana posisi sandera beserta para pelaku.

“Mau sembunyi di mana, bisa kami tangkap. Tapi kan segala sesuatu bergantung kepada izin dari pemerintah,” ujar dia.

Sebelumnya, Sekretaris Kabinet Pramono Anung telah menegaskan bahwa jika militer Filipina tidak bisa membebaskan 10 warga negara Indonesia yang disandera kelompok Abu Sayyaf, militer Indonesia siap melakukannya.

“Kemarin Kapolri dan Panglima TNI melapor ke Bapak Presiden. Intinya, jika memang katakanlah Filipina tidak bisa segera menyelesaikan itu, kalau kita diizinkan, kita siap,” kata Pramono, Jumat (08/04).

Sempat beredar kabar bahwa batas akhir penebusan 10 WNI yang disandera oleh kelompok Abu Sayyaf berakhir pada hari Jumat (08/04) kemarin. Namun, Wakil Presiden Jusuf Kalla menjelaskan bahwa informasi tersebut tidak valid.

kompas.com

Bagikan:

  54 Responses to “Personel TNI Sudah Ditempatkan di Filipina”

  1.  

    Wow…

  2.  

    Akhirnya berangkat

    •  

      itu kok pasukannya senjatanya M16A1 semua , pasukan khusus kita ga pake atau jarang pake itu ,
      biasanya denjangka HK416 , kopassus SS2v5 atau HK416 , hanya paskhas dan brimob yg pake M16A1 .. kalo perang hutan ga pake MP5
      kalo pakaiannya emang punya pasukan kita ..
      only god knows

  3.  

    semoga pemerintah filipina memberi lampu hijau u penyerbuan ke markas mereka tempat menyadera 10 WNI, kalau ini terjadi baru terlihat aslinya kemampuan TNI yg bikin keder yg mau berurusan dan mau bikin masalah dg RI

  4.  

    sip

  5.  

    Semoga izin operasi militer dr philipina segera turun ..bravo TNI Dan semoga keluarga para sandera diberi ketabahan amin..

  6.  

    Beda kondisi di somalia dan mindanao, tentunya beda pula penanganannya. Tetapi yg terasa beda pula adalah, cukup banyak pejabat negara yg memberikan keterangan dan pernyataan akan rencana operasi pembebasan sandera mindanao ini, berbeda sekali dg pembebasan somalia yg tidak banyak pernyataan, taunya pasukan sudah operasi dan berhasil membebaskan.

    Mudahan kali ini, bannyak pernyataan dan kalaupun operasi banyak hasilnya pula

  7.  

    Selamat Bertugas Kawan,..!!!
    Semoga Kehadirman mu disana memberikan kekuatan untuk para warga NKRI yg disandera
    Dan Semoga Berhasil dalam Bertugas…..!!! destiny happy with you. AMIN

  8.  

    Hikss.. sebuah pertanyaan dari tadi, ttg knp tiba tiba batas waktu sampai tgl 8 april dinyatakan tdk valid. Kok tdk dari hari-hari sblm tgl 8 mengatakan ke-tidak valid-annya??

    Anggapan ngawur saya, kmrn tgl 8 sandera sdh bebas dgn uang tebusan dr perusahaan dan mulai tgl 9 ini sdh persiapan menghajar si abu sayap ini krn sdh tdk ada sandera yg mjd tameng hidup mrk.

    Filipina sdh mempersilakan TNI utk lebih jauh bergerak..

    Ngawuur lhooo..

  9.  

    Den Bravo kah …???
    Soalnya KASAU yang komen !!!

  10.  

    Menyerbu dengan seragam dan senjata tuan rumah?

  11.  

    yg ngomong KASAU, ternyata personel TNI AU yang ada di filipina bukan kopasus

    •  

      Tugas para kepala staff adalah menyiapkan personel pasukan khusus bung. Dalam operasi pembebasan sandera seperti ini, user-nya adalah Panglima TNI. Panglima TNI bertanggung jawab penuh atas jalannya operasi tsb, termasuk jika ada jatuh korban apakah dari sandera atau personel yang bertugas di lapangan.

  12.  

    semoga Alloh melindungi dan menyelamatkan para sandera, apapun yg dilakukan pemerintah semoga ridlo Alloh selalu menyertainya sehingga upaya pembebasan sandera dpt berjalan dg baik dan sucses amin,,,,,

  13.  

    Tapi pak, kenapa santoso cs blom juga ketangkep ya??knp gak d bidik dgn satelit yg sama??atau pake sensor panas gitu??maaf newbie

  14.  

    Tinggal tunggu lampunya jadi hijau aja brarti..
    Padahal “belok kiri jalan terus”.. Hhe”

  15.  

    Mana ada kita punya satelit pemantau kaya gitu, santoso aja malah banyak makan korban, satelitnya kemana? Mikiiiiirrrrr

  16.  

    no real combat action just for t show only that is TNI

    NEGARA GK BOLEH KALAH LAWAN TERORIS

    PEMERINTAH GK AKAN BAYAR TEBUSAN

    TAGAR PRNGHIBUR HATI #KAMI TAK TAKUT

    UJUNG UJUNG NYA BAYAR….WAK WAW

    TIAP THN LATIHAN PEMBEBASAN SANDERA DI LIPUT MEDIA BESAR2AN

    GILIRAN SANDERA BENERAN GK BERANI BERTINDAK….WAK WAW

    PASUKAN KHUSUS SELFIE MEJENG DI TV….WKWKWKW

    TERBAEEEK KE 3 DI DUNIA GAN……HARK CUIH

    •  

      @sugih..ibumu sundel hakkk cuihhhh
      Dajaall akhirat

    •  

      Sugih berkata: “negara ga boleh kalah sama teroris” (yo, benar. Republik ini emang ga pernah kalah sama troris. πŸ™‚ )

      “Pemerintah ga akan bayar tebusan”. (Yapz… memang yg bayar itu pt tempat sandra bekerja. πŸ™‚ )

      “Tagar prnghibur hati#kami tak taku..” (sumpah, yg ini saya gagal paham… πŸ™‚ )

      “Ujung ujungnya bayar….” (udah di jelasin di atas)

      “Tiap thn latihan pembebasan sandra di liput besar2an..” (suka2 mereka. Lu ko rese…. :-P. )

      “Giliran sandra beneran ga brani bertindak..” (bocah labil… Itu di negara orang tong. Ga bisa nylonong gitu aja…)

      “Pasukan khusus selfi mejeng di tv..” (Lu ga punya hp bro…? Masa ga tau kalo selfi itu pake hp. Bukan pake kamera tv…!!)

      Terbaik ke 3 di dunia gan… ( yo, itu fakta. Dan aku bangga rebublik ini punya pasukan khusus seperti mereka… πŸ™‚ )

  17.  

    Berita kayak gini kok dibabar sih. dibaca sama terorisnya bisa berabe nih kayak MV.Sinar Kudus dulu.

  18.  

    kalau tahun kemarin sama tahun ini belum lolos juga masuk TNI, coba lagi tahun depan om. jangan marah2 ntar di sangka orang gila om. semangat πŸ˜›

  19.  

    Duh kasian komen copy paste panjang2 ga ada yg nanggapin…
    Gw tanggapi dah “croootttzzz”

  20.  

    malaysia tak mahu sebarang ulasan ke media perkara2 penculikan ni.untuk melakukan pembebasn tawanan bolh dengn senyap.http://www.hmetro.com.my/node/128718?m=1

  21.  

    Dear @pres citra : densus 88&polri justru sering gelar operasi ke gereja gereja, kelenteng, tempat ibadah, tempatΒ² rawan lainnya demi menjaga rasa keamanan. .
    Skala prioritas tentu ada.. . Saya tidak menolak anggapan PERSIS, namun harus digaris bawahi… Ummat Muslim harus bisa menyadari sbg mayoritas selama ini, sering terlena mereka dg euphoria partai dan jabatan yang telah mereka raih… Ini sbg tamparan dan lecutan kritik… Satu saja pertanyaan saya, bisakah umat muslim bersatu untuk bersama Β² dg anak bangsa lainnya membangun negeri dg apik, cerdas dan saling memberi rasa adil dan aman,? hari besar idul fitri harus nya bisa mjd momentum seluruh ummat muslim merayakan hari raya bersama, sudahkah?

  22.  

    “Mau sembunyi di mana, bisa kami tangkap. Tapi kan segala sesuatu bergantung kepada izin dari pemerintah,”

    santoso gimana kabarnya,,?yang deket aja dan dapet izin dari pemerintah,gk ketangkep2 niehhh… πŸ˜€

  23.  

    Bersama Tuhan menyerang dari Tarakan

  24.  

    semoga cepat di bebaskan,kita serahkan sepenuhnya pada pemerintah

  25.  

    mungkin jawabannya begini bung :
    1. OPM punya tujuan melepaskan diri dari NKRI, sama waktu GAM masih combatan, jd disebutnya sebagai separatis, sedangkan klo yg dianggap teroris sebenarnya ga jelas juga tujuannya.
    2. OPM dan GAM juga merasakan diuber2 sampai keluarganya dan saat di rumah ibadah. klo ga percaya tanya ke keluarga korban, atau tanya langsung ke korbannya
    3. Klo separatis yg nanggepin tim tni pasukan khusus, baik ad al maupun au. Nah klo terduga teroris yg nanggepin anti teror. Klo dijumlah banyakan mana yg jd korban akibat sparatis atau teroris, ya silahkan keluarkan kalkulator, dan jumlahkan korban dari pihak gam sipil bersenjata maupuntdk bersenjata, juga opm yg bersenjata maupun tdk bersenjata.
    4. Klo isunya sara, helllooooo lu pikir GAM itu non muslim? dan justru yg membeking GAM di swedia adalah lsm yg notabene mendapat dana dr gereja eropa.

    klo mo percaya ya sudah, klo ga percaya ya sudah
    ya sudahlah

  26.  

    Gini tmn2.. sebisa mungkin santoso cs bisa insyaf, karena kita sama2 WNI, ibarat keluarga.. sebisa mungkin keluarga kita sadarkan, klo kita langsung serbu habis2an maka gak akan ada lagi anak buah santoso yg sadar krn udah dihabisi duluan.. misal 1 kampung preman, klo bisa kita kurangi jumlah premannya dgn menyadarkan, baru kalo sisanya yg super ngeyel dan gak sadar2 bkal di tangkep.. jangan menebang 1 pohon yg tdk berbuah karena ada parasit, tetapi bersihkan akar parasitnya bukan jg cm memotong dahan dan daun parasit.. niscaya pohon itu kembali berbuah..

  27.  

    Akhirnya, macanpun di lepaskan dari kerangkengnya, tapi santoso belum ketangkap ya…tapi itukan urusan polri ajakan yg di back-up sama tni kita….

  28.  

    Maaf nyeleneh , Admin kapan mau update sistem? buat nampilin IP yang komen . biar tau IP yang suka rusuh

  29.  

    diam lah kau malon. jangan mengeritik TNI kami tapi kritiklah pasukan mu lah yg mana perang sama orang sulu aja kalah

  30.  

    Santoso mah belum mengancam kedaulatan negara jadi statusnya masih kriminal, kriminal itu urusan polri, lagi juga santoso kan masih warga negara indonesia , cuma bengal aja nih orang

  31.  

    percayalah para warga jkgr ingat kata petinggi tni,TNI telah menyiapkan skenario untuk membebaskan sandra asal indonesia ?…terus ngapain intelejen udah di kanan kiri ?…dan poto yg di atas adalah pasukan cadangan untuk opsi berikutnya?…sangat cerdik the best TNI salamnkri

  32.  

    Baru itu namanya Tentara profesional, bkn klemar klemer, toh jgn pakai mobil sayur yeah,… philipina jd byk belajar dgn TNI dlm operasi buru sergap,…

  33.  

    saya percaya TNI sanggup seret abu sayyaf….krn gerombolan abu sayyaf masih terlalu kecil di banding organisasinya zanana gusmou tempo dulu… dng penyanderaan berulang ulang itu…justru menandakan bahwa gerombolan abu sayyaf justru lemah dan ceroboh …jadi ini hanya masalah waktu saja buat TNI untuk mengakhiri riwayat abu sayyaf.

 Leave a Reply