Nov 242016
 

f-16-c-d-52id-tni-au

Jakarta – Kekuatan Pertahanan Udara yang handal dan kuat merupakan modal dasar sebagai piranti penegakan kedaulatan suatu negara yang berdaulat & bermartabat. Jakarta sebagai Ibukota negara telah menjadi jantung negara dan berfungsi sebagai pusat pemerintahan Republik Indonesia serta juga menjadi pusat ekonomi nasional memiliki fungsi sangatlah strategis. Bukan tidak mungkin, Jakarta akan menjadi target centre of gravity bagi pihak musuh jika terjadi konflik dengan negara lain. Hal ini dikatakan oleh Pangkosekhanudnas I Marsma TNI Julexi Tambayong saat melakukan audiensi di kantor LPP TVRI Pusat, Jakarta, (23/11/2016).

Selain Istana negara LPP TVRI juga merupakan obyek vital nasional yang harus dilindungi dari ancaman serangan yang menggunakan media udara dari negara lain ujar Pangkosekhanudnas. Pertahanan Ibukota di rancang dengan sistim kekuatan berlapis, artinya bila salah satu hancur masih ada kekuatan cadangan dan terintregasi dengan potensi kekuatan hanud lainya. “Kita berikan perlindungan selama 1 x 24 jam, sepanjang tahun bagi semua obyek vital nasional yang berada di wilayah udara tanggung jawab Kosekhanudnas I”, pungkasnya.

Dalam menjaga dan melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia, penggelaran operasi pertahan udara nasional, dilakukan dengan kekuatan radar dan pesawat tempur sergap sebagai unsur utama. Sistem itu juga didukung berbagai unsur lainya seperti: rudal dan kapal perang berkemampuan hanud.

Selain itu operasi Pertahanan Udara (Opshanud) merupakan operasi untuk menegakkan hukum dan menjaga keamanan wilayah udara yuridiksi nasional yang berdasarkan ketentuan hukum nasional dan hukum internasional yang telah disahkan. Opshanud terdiri dari dua kegiatan, yakni hanud aktif dan hanud pasif.

Hanud aktif merupakan operasi yang secara langsung menghadapi penyerangan udara yang pengamatan udara dan penindakan sasaran udara. Sementara hanud pasif merupakan operasi yang secara langsung menghadapi unsur penyerangan udara, kegiatan pencegahan dan penanggulangan akibat serangan udara.

Sebagai alat komunikasi Pemerintah, tugas LPP TVRI menyampaikan informasi tentang kebijakan Pemerintah kepada publik, memiliki nilai sangat penting, ujar Direktur Umum LPP TVRI Drs. Eka Muchamad Taufani,ME,Sy. Audensi dari Kosekhanudnas I tentang pengenalan sistem pertahan Ibukota Jakarta, kru TVRI akan semakin mengerti dan saling memahami, bahwa rasa aman dan damai selama ini, ada yang menjaga di wilayah udara. Standarisasi dan prosedur penanganan akibat serangan udara memeng harus dipersiapkan sejak dini. Jika suatu saat terjadi semua karyawan telah terlatih dan mampu bertindak cepat untuk mengurangi resiko besar.

Sumber : TNI-AU.mil.id

Bagikan:

  37 Responses to “Pertahanan Ibukota Negara Dirancang dengan Sistem Berlapis”

  1.  

    Bung diego angkat donk berita ttg deal 39 jt dolar utk styr pandur II8x8

  2.  

    Tes 1

  3.  

    Bravo TNI.. segera beli Pertamax S300/S400 & Su35.

  4.  

    Bravo TNI.. segera beli Pertamax S300/S400 & Su35 !!

  5.  

    test

  6.  

    Test

  7.  

    Berlapisnya pake apa?
    Cepetan atuh modernisasi pesawat tempur. Dan yang penting lagi sistem hanud menengah kalau perlu yang jarak jauh.

  8.  

    berlapis kue lapis..!!

  9.  

    KENAPA TVRI TERLIHAT JADUL YAH? APAKAH PEMERINTAH TIDAK PEDULI DENGAN TVRI? PADAHAL TVRI ITU STASIUN TV NASIONAL DAN MENJADI CORONG MEDIA BAGI NEGARA. RATA RATA PEMBERITAANYA JUGA BENAR DAN PRO RAKYAT…
    #SAVETVRI
    #TINGKATKANKUALITASTVRI
    #CORONGMEDIABAGIBANGSA

  10.  

    Wakidi

  11.  

    Pertahanan berlapis..bambu runcing,ketepel,senapan,rudal panggul…

  12.  

    Mimpi jauh sekali NKRi beli s400,nassams,cukup rudal panggul z NKRi aman

  13.  

    Pertahanan berlapis dengan rudal panggul berbagai jenis

  14.  

    Sy rasa pertahanan jakarta masih bolong kalau persenjataan nya rudal pikul. Segera akuisisi S 400 triump, kalo perlu BOROONGGG… Mana RONG. Wkwkwkw

  15.  

    kalo sistem perlindungan ibukota negara dari serangan demo sakit hati seperti apa min?

  16.  

    S60 generasi baru yg disusun berlapis lapis..

    jgn lupa, pertahanan Ibukota yang paling handal adalah segenap unsur masyarakat dan pemimpin nya..

  17.  

    Pertahanan udara berlapis, ya kita kira2 aja sendiri, lapisan 1 berupa oerlikon skyshield 10 unit, lapis ke 2 berupa nasams II 10 unit dan s500 10 unit…

  18.  

    Yang penting radarny, senjata nya lalu kembangin sendiri.
    Saya tertarik ngembangin sistem mirip iron dome punya israel. Tapi kembangin untuk kita sendiri.

  19.  

    Jika terjadi serangan kilat/ blitzkrieg bukan 1×24 jam tetapi 7×24 jam, mampukah kita menangkis serangan dan balik menghantam lawan? atau kita serang duluan sebelum lawan menyerang dulu? lalu sudahkah depo bahan bakar tercover semua untuk persiapan tempur? sudahkan di simpan di tempat yg rahasia?

  20.  

    (strong)The Government of Indonesia has requested a possible sale of NASAM ADS, the deal is waiting approved by US congrees.

    Berharap saja setelah deal yang lalu untuk AMRAAM, kali ini kita di beri ijin untuk memiliki yang versi land based nya kongsberg dan raython,

  21.  

    Sepertinya NKRi lebih tertarik beli rudal jarak sedang dari Tiongkok..skydragon…mungkin buat jagain jakarta

  22.  

    Jabar, Jatim, & Banten juga harusnya pake pertahanan udara berlapis, Pak. Tiga Provinsi ini pusatnya BUMNIS: PTDI, Pindad, Len Industri, PAL, Dahana, INTI, INUKI, KS, BBI, INKA, DPS.

  23.  

    Kalo ngandalin hanud macam skyshield 35 atau starstreak itu cuma nakutin pesawat ringan,jelas masih kurang di kelas hanud menengah dan jauh. Perang modern gimana caranya menembak sasaran jauh sebelum masuk ke sistem hanud lawan dg rudal2 jelajah jauh utk menghindari serangan sistem hanud lawan.

  24.  

    masih belom berlapis seperti judul artikelnya

  25.  

    Startreak,NASAM dan S400 Triumph cocok jadi arhanud berlapis indonesia

  26.  

    askar phower ini cocok dikasih nama Mc Giver …

 Leave a Reply