Aug 292019
 

dok. Rudal SM-3 AS. (@ US DoD)

Jakartagreater.com,  Departemen Luar Negeri AS telah menyetujui penjualan maksimum 73 unit Rudal Pencegat SM-3 (Standard Missile-3 (SM-3) interceptors) ke Jepang dengan perkiraan biaya mendekati $ 3,3 miliar, DSCA mengatakan dalam siaran pers pada hari Selasa 27-8-2019, dirilis Sputniknews.com.

“Departemen Luar Negeri telah membuat keputusan menyetujui potensi Penjualan Militer Asing kepada Pemerintah Jepang hingga 73 unit SM-3 Blok IIA dengan dukungan logistik, untuk perkiraan biaya $ 3,295 miliar”, kata rilis itu.

Kontraktor untuk Rudal pencegat SM-3 Block IB adalah Sistem Rudal Raytheon.

SM-3 Blok IIA sedang dikembangkan secara bersama oleh AS dan Jepang dan beroperasi sebagai bagian dari sistem Pertahanan Rudal Balistik AEGIS, komponen Angkatan Laut dari Sistem Pertahanan Rudal Balistik AS. Pencegat SM-3 sudah menjadi bagian penting dari sistem pertahanan Rudal NATO di Eropa, dengan pencegat dikerahkan di kapal Angkatan Laut AS di lepas pantai benua, menurut Raytheon.

dok. Rudal SM-3. AS (@US DoD)

Menurut laporan media yang berbasis di Jepang, Jepang saat ini dilindungi oleh 4 kapal destroyer  yang dilengkapi dengan sistem pertahanan rudal AS Aegis yang membawa Rudal pencegat SM-3 serta Rudal pencegat Balistik modern Patriot Advanced Capability-3 (PAC-3) yang dimodernisasi, versi permukaan ke udara.

Tokyo juga dilaporkan mempertimbangkan sistem intersepsi Rudal baru pada 2 kapal destroyernya, dilengkapi dengan sistem pertahanan Rudal AS Aegis, yang akan memasuki layanan operasional pada tahun 2020, Yomiuri Shimbun melaporkan sebelumnya.

Sistem Aegis berbasis laut mampu mencegat Rudal Balistik di ketinggian lebih dari 310 mil. Sistem Aegis berbasis darat memiliki kemampuan yang serupa. Pertahanan Rudal Jepang dilaporkan akan diperkuat dengan melengkapi sistem Aegis dengan tipe baru Rudal SM-3 Block IIA, yang jangkauannya hampir 3 kali lipat dari SM-3.

  5 Responses to “Pertahanan Jepang Semakin Gahar dengan Rudal Pencegat SM-3”

  1.  

    Mantaapplah…

  2.  

    Tetap tembus dihajar rudal super sonic china yg maha dahsyat

    •  

      Itu rudal SM 3 blok IIA tuh buat nyegat rudal balistik bukan buat rudal (jelajah) supersonik, Bambank !!! Hhhhhhhhhhhhh hhhhhhhhhhhhh hhhhhhhhhhhhh hhhhhhhhhhhhh

      •  

        Padahal lawannya sdh menggunakan rudal jelajah mbah. Ketinggalan donk jepang mbah…..xicixicixicixi

        •  

          Rudal balistik jatahnya SM-3 dan PAC-3, nah kalo rudal jelajah jatahnya SM-2, ESSM Ama PAC-2/3 yg ngadepin. Tinggal dibalik, China siap gak ngadepin rudal hipersonik Jepang?? Hhhhhhhhhhhhh hhhhhhhhhhhhh hhhhhhhhhhhhh hhhhhhhhhhhhh