Jul 212017
 

Peluncuran rudal permukaan ke udara MIM-104 Patriot buatan AS diwilayah Ilan, 80 km dari Taipei, Taiwan. © AP Photo

Amerika Serikat telah mengkonfirmasi pada hari Kamis, bahwa pihaknya untuk pertama kalinya menjual persenjataan bernilai miliaran dolar kepada Taiwan, seperti dilansir dari laman Daily Sabah.

Langkah tersebut sudah pasti akan memicu kemarahan dari Beijing, senjata dan peralatan militer senilai $ 1,3 miliar akan dijual kepada Taiwan.

Ini akan menjadi penjualan pertama sejak mantan presiden AS Barack Obama, mengirim senjata senilai $ 1,83 miliar kepada Taiwan pada tahun 2015, menurut Departemen Luar Negeri AS.

Juru bicara Kemenrtian Luar Negeri AS, Heather Nauert mengatakan bahwa pemerintahan Donald Trump telah memberitahu kepada Kongres AS mengenai rencana menyetujui tujuh kesepakatan yang telah diajukan. Keputusan sekarang membutuhkan persetujuan kongres. Pembuat undang-undang, yang umumnya mendukung kesepakatan semacam itu, memiliki waktu selama 30 hari untuk menerima atau menolaknya.

Nauert mengatakan bahwa persetujuan tersebut tidak melanggar peraturan yang mengatur kontak AS dengan pulau Taiwan tersebut.

“Ini menunjukkan, bahwa kami percaya, dukungan kami untuk kemampuan Taiwan dalam mempertahankan kebijakan pertahanan diri yang memadai” kata Nauert.

“Tidak ada perubahan, saya harus menunjukkan mengenai kebijakan ‘Satu-China’ kami”.

Sementara itu, duta besar China untuk AS, Cui Tiankai, telah mengkritik atas keputusan tersebut, mengatakan bahwa langkah terbaru ini telah mengikis kepercayaan yang telah dibangun ketika Trump bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di Florida pada bulan April.

Menurut sumber pertahanan AS di Washington, penjualan tersebut akan mencakup $ 400 juta untuk peralatan radar peringatan dini, torpedo, rudal dan komponen lainnya.

Bagikan:

  6 Responses to “Pertama Kali, Donald Trump Setuju Penjualan Senjata Ke Taiwan”

  1.  

    china pasti sewot nih

  2.  

    China kebakaran jenggot

  3.  

    Petama kali Donald Trump setju jual Patriot ke Indonesia wkwkwk

  4.  

    Ngimpi ya bung

  5.  

    jam segini kok sudah mimpi

  6.  

    Menurut kabar Indonesia berencana meinstal sistem rudal canggih di natuna tapi menunggu pertumbuhan ekonomi 7%

 Leave a Reply