Jul 072016
 

Amerika Serikat (AS) untuk pertama kali menjatuhkan sanksi kepada pejabat Korea Utara termasuk Kim Jong-un.

Total terdapat 10 pejabat Korea Utara Selain Kim Jong-un, yang disanksi AS sebagai pelanggar Hak Asasi Manusia.

Pemerintah AS menyatakan, Kim Jong-un dan para pejabat tersebut dituding bertanggung jawab langsung terhadap sejumlah pelanggaran HAM di negaranya.

“Di bawah pemerintahan Kim Jong-un, Korea Utara terus mendorong terjadinya kekejaman yang tak dapat ditolerir dan sejumlah kesulitan yang dialami jutaan rakyatnya, termasuk pembunuhan, perbudakan, dan penyiksaan,” ujar pernyataan pemerintah AS seperti dikutip dari BBC, kamis (07/07/2016)

Pemerintah AS memberikan sanksi berupa pembekukan semua aset pribadi Kim Jong-un di AS dan melarang warga AS berbisnis dengannya.

Sanksi terhadap Kim Jong-un dan 10 pejabat top Korea Utara itu, bersamaan dengan keluarnya laporan Departemen Luar Negeri mengenai berbagai pelanggaran di korea Utara.

Dalam laporan tersebut, diperkirakan antara 80 ribu hingga 120 ribu orang menjadi tahanan di kamp-kamp di Korea Utara. Mereka kerap disiksa, alami kejahatab seksual, dan dieksekusi.

Menurut Juru bicara Departemen Luar Negeri John Kirby, sanksi kepada Kim Jong-un tetap diberikan meski tidak menimbulkan efek jera bahkan mendapat kemarahan dari pijak AS..

“Namun itu tidak berarti bahwa tidak ada hal baik yang masih bisa dilakukan untuk mengejarnya,” kata Kirby.

Sebelumnya, AS juga menjatuhkan sanksi kepada beberapa kepala negara termasuk Presiden Suriah Bashar al-Assad dan mantan pemimpin Libya yang tewas dibunuh Muammar Khadafi.

Sementara dikutip dari Reuters, Departemen Keuangan AS mengatakan bahwa sanksi ini menargetkan properti dan aset lain yang berada dalam wilayah yurisdiksi Amerika dan melibatkan 10 orang serta lima lembaga lain.

Hingga kini, belum ada komentar dan tanggapan dari perwakilan Korea Utara untuk PBB.

Sumber tempo.co

Bagikan:

  8 Responses to “Pertama Kali AS Jatuhkan Sanksi Kepada Kim Jong-un”

  1.  

    Test food

  2.  

    Asu lah pelanggar ham terberat di seluruh dunia

  3.  

    enek denger As ngomongi HAM.. klo mau jatuhi sanksi atas nma HAM tu yg pntes israel noh..

  4.  

    ada yg jualan hamberger ni hehehe….

  5.  

    hahahaha moso to mbah..??

  6.  

    gak ngaruh….yg ada semakin benci dngn asu

  7.  

    kim oh kim…

 Leave a Reply