Pertandingan Dramatis, Arsenal Lolos ke Babak 16 Besar

JakartaGreater  – Pemain dengan talenta tinggi Pierre-Emerick Aubameyang akhirnya mengantarkan Arsenal melewati Benfica untuk masuk ke babak 16 besar Liga Europa. Dua gol Aubameyang mengunci kemenangan 3-2 dalam leg kedua 32 besar di Stadion Giorgios Karaiskakis, Piraeus, Yunani, pada Kamis waktu setempat atau 26-2-2021, Jumat WIB.

Dengan kemenangan ini, Arsenal melangkah ke babak 16 besar menyusul klub sekotanya, Tottenham Hotspur, dengan berbekal skor agregat 4-3 atas Benfica, demikian catatan laman resmi UEFA, dikutip Antara.

Aubameyang membuka keunggulan untuk Arsenal, yang harus mengungsi ke Yunani karena aturan COVID-19, pada menit ke-21 lewat penyelesaian terukur menyambut umpan terobosan kiriman Bukayo Saka.

Benfica yang sejak awal laga tampak kesulitan menembus pertahanan The Gooners dan baru bisa menciptakan peluang berarti pada menit ke-34. Sayang sundulan Jan Vertonghen menyambut umpan Pizzi masih melambung di atas mistar gawang.

Kerja keras Benfica akhirnya membuahkan hasil, setelah 2 menit jelang turun minum ketika Diogo Goncalves mengeksekusi tendangan bebas melewati pagar hidup. Diogo Goncalves melesakkan bola ke pojok kiri atas gawang tak terjangkau kiper Bernd Leno demi untuk kedudukan.

Lima menit memasuki babak kedua, Aubameyang kembali menjebol gawang Benfica, tetapi kali ini golnya dianulir karena terjebak offside saat Martin Odegaard melepaskan umpan terobosan.

Pada menit ke-61, Benfica justru berhasil berbalik merebut keunggulan 2-1 saat umpan balik Dani Ceballos ke arah Leno berhasil dipotong oleh Rafa Silva demi melesakkan bola ke gawang tak bertuan.

Beruntung bagi Arsenal, ketertinggalan mereka hanya bertahan sebentar, karena 6 menit kemudian Kieran Tierney mampu memperdaya kiper Helton Leite dengan sepakan melintas untuk menyamakan kedudukan 2-2.

Arsenal yang masih tertinggal secara agregat gol tandang, terancam tersingkir jika saja pada menit ke-76 Leno tak melakukan aksi berani untuk memotong jalur umpan serangan Benfica.

Tiga menit jelang bubaran waktu normal, Aubameyang mampu mencetak gol keduanya dengan sundulan sederhana demi memanfaatkan umpan silang Saka sekaligus bangkit merestorasi keunggulan Arsenal 3-2 atas Benfica.

Benfica yang sudah di ujung tanduk mendapat kesempatan emas untuk menyamakan kedudukan tetapi sundulan Rafa Silva membentur tiang gawang. Walaupun jika masuk ke dalam gawang, gol itu pasti akan dianulir karena hakim garis sudah mengangkat bendera pertanda offside.

Arsenal akan mengetahui lawan mereka di babak 16 besar ketika UEFA melakukan pengundian pada Jumat 26-2-2021 petang.

Tinggalkan komentar